Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 06 Maret 2012

Mengapa Blog Saya Bisa Jadi Dua? Inilah Jawabannya

Baru saja saya mendapatkan pertanyaan tentang alamat blog yang tiba-tiba berubah jadi dua dan bahkan dengan isi yang sama persis. Bahkan k...

Ilustrasi Alamat Blog Kembar
Baru saja saya mendapatkan pertanyaan tentang alamat blog yang tiba-tiba berubah jadi dua dan bahkan dengan isi yang sama persis. Bahkan ketika dilakukan posting artikel pada blog yang satu, maka pada blog yang satunya juga akan muncul artikel yang benar-benar sama persis, walaupun sebenarnya setelan untuk feed artikel blog tidak menggunakan pengaturan penuh atau full. Lantas kenapa ini bisa terjadi? Apakah hal tersebut disebabkan karena autoblog? Berikut ini adalah uraian yang dapat menjelaskan tentang hal tersebut.

Bila kasus seperti pada uraian di atas terjadi pada blog Anda, maka sebenarnya ini terjadi karena blog Anda telah diarahkan ke domain tingkat atas dengan kode negara atau ccTLD. Sebagai contoh, bila Anda membuka eltelu.blogspot.com dari Australia, maka Anda akan diarahkan ke eltelu.blogspot.com.au. Demikian pula jika Anda membuka eltelu.blogspot.com dari India, maka Anda akan diarahkan ke eltelu.blogspot.in. Dan akan begitu seterusnya menyesuaikan dengan lokasi pembaca. Namun demikian, walaupun Anda membuka eltelu.blogspot.com dari Indonesia, sedangkan alamat IP yang digunakan adalah alamat IP untuk negara lain, maka secara otomatis server Blogspot akan mengarahkan Anda ke domain yang terkait dengan negara untuk alamat IP yang digunakan

Dalam halaman bantuan Google untuk Blogger disebutkan bahwa, “Migrasi ke domain lokal memungkinkan untuk terus mempromosikan kebebasan ekspresi dan penerbitan yang bertanggungjawab sambil memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam memenuhi permintaan penghapusan yang berlaku sesuai dengan hukum setempat”.

Lantas apakah hal ini akan mempengaruhi optimasi mesin pencari? Seperti yang dijelaskan pula dalam halaman bantuan Google untuk Blogger, disebutkan bahwa, “Setelah perubahan, maka crawler mesin pencari akan menemukan konten pada domain Blogspot yang berbeda. Hosting duplikat konten di domain yang berbeda dapat mempengaruhi hasil pencarian, tapi kami membuat setiap usaha untuk meminimalkan konsekuensi negatif dari hosting konten Blogspot di beberapa domain. Sebagian besar isi host pada domain yang berbeda akan terpengaruh oleh kepindahan konten, dan karena itu identik. Untuk semua konten tersebut, kami akan menentukan versi blogspot.com sebagai versi kanonik menggunakan rel = kanonik. Ini membolehkan crawler tahu bahwa meskipun URL berbeda, konten adalah sama. Ketika posting atau blog di suatu negara dipengaruhi oleh penghapusan konten, URL kanonik akan ditetapkan ke negara itu yang ccTLD bukan versi. Com. Ini akan memastikan bahwa kita tidak menandai konten yang berbeda dengan tag kanonik sama.”

Selanjutnya bila Anda ingin mengetahui secara lebih jelas dan rinci tentang uraian yang menerangkan masalah tersebut, maka Anda dapat mengunjungi halaman bantuan Google untuk Blogger dengan membuka tautan http://support.google.com/blogger/bin/answer.py?hl=en&answer=2402711 yang merupakan sumber dan dasar penulisan artikel ini.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog