Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

24
Tgl. 20 Juli 2013

Penyempurnaan HTML – Cara Mudah Paling Jitu Dan Terbukti Ampuh Untuk Mengatasi Terjadinya Duplikasi Tag Judul Serta Deskripsi Meta Blog Tanpa Melalui Edit Template

Sumber gambar: https://www.google.com/webmasters/tools/html-suggestions?hl=in&siteUrl=http://eltelu.blogspot.com/ Webmaster Tools – Go...

Laman Penyempurnaan HTML Alat Webmaster Google

Sumber gambar: https://www.google.com/webmasters/tools/html-suggestions?hl=in&siteUrl=http://eltelu.blogspot.com/

Webmaster Tools – Google; Satu hal yang selama ini membuat saya cukup gerah tiap kali membuka alat webmaster yang disediakan oleh Google ini adalah ketika membuka bagian ‘Penyempurnaan HTML’ seperti yang tampak pada gambar di atas. Hal ini sangat beralasan pasalnya tiap kali membuka bagian tersebut, saya selalu saja mendapati pesan status dari Google Webmaster Tools yang menyatakan bahwa terdeteksi adanya masalah pada konten dalam blog ini. Masalah yang saya maksud di sini tidak lain dan tidak bukan adalah terkait dengan adanya tag judul serta deskripsi meta yang rangkap.

Sebenarnya alat webmaster sendiri menyatakan bahwa adanya masalah pada isi laman, termasuk judul atau meta deskripsi yang bermasalah, hilang, atau rangkap tidak akan menghalangi munculnya situs dalam hasil penelusuran Google. Akan tetapi dengan adanya perhatian pada masalah tersebut dapat memberi Google informasi lebih lengkap dan bahkan dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs yang dimaksud. Sehingga atas dasar ini perlu kiranya dilakukan penyempurnaan lebih lanjut guna mengatasi terjadinya duplikasi pada tag judul serta meta deskripsi.

Bermacam teknik pun saya coba satu per satu untuk mengatasi hal tersebut, termasuk diantaranya adalah dengan memakai fungsi kondisional Blogger yang penerapannya dilakukan dengan cara melakukan editing pada template. Namun demikian sejauh yang saya lakukan ternyata hasilnya tetap nihil, karena adakalanya duplikasi pada deskripsi meta berkurang akan tetapi masalah pada tag judul malah bertambah dan demikian pula sebaliknya. Sehingga dengan demikian dapat diartikan bahwa permasalahan tersebut akhirnya belum dapat teratasi secara tuntas karena masih saja terdapat adanya masalah pada penyempurnaan HTML.

Semakin bingung dan putus asa untuk mencari serta menemukan solusi pemecahan masalah pun tentu saja pernah terbersit dalam pikiran, hingga akhirnya saya coba untuk meninjau ulang setiap pesan masalah pada alat webmaster terkait dengan penyempurnaan HTML, yang selanjutnya berdasarkan tinjauan tersebut dapat disimpulkan bahwa ternyata masalah yang seringkali terjadi adalah adanya duplikasi meta deskripsi pada arsip blog.

Mengacu pada kesimpulan tersebut saya pun akhirnya mencoba memasang widget arsip yang telah disediakan oleh Blogger, dengan harapan siapa tahu setelah memasang widget tersebut masalah yang muncul pada penyempurnaan HTML dapat teratasi. Hal ini saya lakukan atas dasar pemikiran karena sebelum ini widget arsip memang tidak pernah terpasang sama sekali di blog ini. Sehingga atas dasar pemikiran itu pula lah akhirnya widget arsip saya pasang di halaman beranda seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Pemasangan Widget Arsip Blog Di Beranda Blog

Tahukah Anda apa yang kemudian terjadi setelah pemasangan widget arsip blog seperti yang tampak pada gambar di atas? Yang kemudian terjadi sangatlah mencengangkan karena setelah widget tersebut terpasang ternyata Alat Webmaster Google tidak lagi mendeteksi adanya masalah konten pada blog ini, utamanya adalah masalah yang berhubungan dengan tag judul serta duplikasi meta deskripsi. Dalam hal ini sebagai bukti dari hal tersebut adalah seperti yang tampak pada gambar cuplikan laman ‘Penyempurnaan HTML’ di atas.

Nah, selanjutnya berdasarkan uraian (pengalaman) tersebut maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa untuk melakukan penyempurnaan HTML terkait dengan adanya (terdeteksinya) masalah pada tag judul maupun meta deskripsi blog sebenarnya dapat dilakukan secara mudah yaitu dengan memasang widget arsip yang telah disediakan oleh Blogger pada blog yang kita kelola. Dan tentunya cara ini bisa jadi lebih sederhana bila dibandingkan dengan penyuntingan HTML template, karena dalam hal pemasangan widget arsip yang perlu dilakukan hanyalah menambahkan gadget baru melalui laman ‘Page Layout / Tata Letak’ Blogger. Disamping itu model tampilan dari widget arsip yang terpasang pun dapat ditata secara mudah, sehingga apabila model tampilan ‘Hierarki’ kurang sesuai dengan desain blog yang kita kelola maka model tampilannya dapat diubah menjadi ‘Daftar Flat’ atau ‘Menu Dropdown’, dan demikian pula sebaliknya.

Semoga berguna dan bermanfaat.

Salam.

Katagori: , ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 24 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
20/07/13, 11.31 O

ternyata begitu ya, saya jarang sekali masuk ke webmaster, biasanya hanya untuk melihat daftar yang terindex saja, tidak pernah memperhatikan sedetail ayah mela tapi saya memang sudah pasang arsip dari dulu dengan flat dropdown ) karena lebih ringkas dan tidak memakan tempat.. hehehee.. Makasih, Salam berbagi

Anonim
21/07/13, 22.21 O

wah gampang banget rupanya... makasih mas

22/07/13, 08.47 O

Ternyata gampang benget caranya...

23/07/13, 23.34 O

@cara-baru-andieIya Sob. Saya sendiri juga baru mengetahui bahwa untuk melakukan penyempurnaan HTML terkait dengan duplikasi meta deskripsi dan tag judul ternyata caranya sangat mudah dan sederhana dan tidaklah sesulit yang saya bayangkan sebelumnya.

23/07/13, 23.39 O

@mencintai dengan sederhanaIya Sob. Ternyata caranya memang gampang banget. Andai saja dari dulu saya tahu bahwa duplikasi meta deskripsi dan tag judul dapat diatasi hanya dengan memasang widget arsip, maka tentu saja widget ini saya pasang sejak dulu. Tapi mau gimana lagi, karena kebetulan dulu memang belum tahu, akhirnya ya mesti berpusing ria untuk menemukan solusinya.

23/07/13, 23.40 O

@dani furqonYoi, betul sekali Sob. Ternyata caranya memang tidaklah sesulit yang kita bayangkan selama ini.

14/09/13, 01.08 O

sebagai lanjutan pertanyaan saya di yahoo answer seputar duplikat tag title, saya juga sudah memasang widget archive blog bahkan sebelum terdeteksi adanya duplikasi tersebut...jadi menurut anda, apa yang menyebabkan duplikasi title tag tersebut dari label (bukan arsip, atau m=0, m=q seperti umumnya) dan bagaimana kira-kira solusinya...

15/09/13, 00.44 O

@Adam AiyasiWahhh, kalau begitu jujur saja saya belum pernah mengalaminya Sob. Karena selama saya mengelola blog ini kebetulan pengalaman yang saya dapati kaitannya dengan duplikat title tag adalah seperti yang telah saya uraikan dalam artikel di atas.

Sehingga menurut pendapat saya, ada baiknya jika Sobat analisa dulu setiap pesan yang ditampilkan pada Alat Webmaster untuk menemukan solusinya.

Jadi mohon maaf bila saya tidak dapat memberikan solusi untuk permasalahan tersebut karena memang saya belum pernah mengalami hal yang seperti sekarang ini Sobat alami.

30/10/13, 21.43 O

Tapi yang saya lihat di blognya tidak terdaftar archive blognya. Apakah masalah ini masih ada?

30/10/13, 21.50 O

Yang mau saya tanyakan masalah tag judul. Pada penyempurnaan HTML di webmaster saya terselip tag judul yang hilang, tapi setelah saya klik linknya ternyata ada kontennya. nah kalo gitu gimana cara menghilangkannya mas. thx

02/11/13, 11.37 O

sejak awal saya sudah gunakan arsip blog, tetapi msh terjadi duplikasi.
html duplikasi pun sudah saya ubah salah satunya. tapi tetap tertera. bingung dah.

05/11/13, 10.50 O

Mau tanya nih gan, kalau deskripsi singkat meta itu mempengaruhi pencarian situs di mesin telusur ngga?

06/11/13, 12.58 O

@Allan MuhammadWidget arsip hanya saya letakkan di halaman beranda Sob.

06/11/13, 13.00 O

@Allan MuhammadNah, kalau yang seperti itu jujur saja saya juga belum pernah mengalami Sob. Jadi saya sendiri pun tidak dapat memberikan solusi jawaban atas pertanyaan tersebut.

06/11/13, 13.08 O

@Ant JHmmm, beberapa waktu yang lalu saya sempat ber-eksperimen Sob. Dan sepertinya teknik penggunaan meta deskripsi dalam template juga berpengaruh terhadap hal tersebut.

06/11/13, 13.15 O

@Ikhsan udinKalau meta deskripsi saya rasa iya Sob. Karena hal tersebut pengaruhnya kan pada pengalaman pengguna yang melakukan penelusuran terhadap situs yang kita kelola.

Akan tetapi walaupun demikian, (menurut asumsi saya) sepertinya pengaruhnya juga tidak begitu signifikan.

Anonim
07/11/13, 06.50 O

saya sudah memasang widget arsip, dan akhirnya berhasil. namun masalah muncul ketika ada judul tag hilang. untuk mengatasi ytag judul hilang gimana gan, apakah ini bisa bermasalah dengan seo?

07/11/13, 07.12 O

@kisahdanceritakuuApabila ditilik dari pesan yang ditampilkan pada bagian penyempurnaan HTML seperti yang tampak pada gambar di atas bahwasanya tag judul atau deskripsi meta yang bermasalah, hilang, atau rangkap sebenarnya tidak akan menghalangi munculnya situs dalam hasil penelusuran Google. Akan tetapi dengan memberi perhatian terhadap masalah tersebut maka dapat memberi Google informasi lebih lengkap dan bahkan membantu mengarahkan lalu-lintas ke situs yang dimaksud.

Sehingga berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa adanya tag judul yang hilang sedikit banyak tetap berpengaruh terhadap SEO walaupun dampaknya bisa jadi tidak begitu signifikan.

Sementara itu terkait dengan cara untuk mengatasinya, jujur saja sementara waktu ini saya jiga belum mengetahuinya karena selama ini saya sendiri memang belum pernah mengalami hal yang seperti itu (tag judul yang hilang).

Sekian dan semoga dapat membantu.

13/02/14, 20.22 O

Kalau saya memang benar-benar tidak terlalu mengerti tentang peyempurnaan HTML, tapi saya kira juga hal itu tetap berpengaruh pada SEO sedikit banyak.

14/02/14, 09.06 O

@nursyam septiadi Kalau merujuk pada Alat Webmaster Google, bahwasanya penyempurnaan HTML dapat meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna yang mengunjungi situs kita Sob.

26/05/15, 11.18 O

Justru setelah memasang arsip, tag judul jadi banyak gan, krn google merayapi label dan arsip. Klo seting robot.txt mnurut para mastah th 2015 seting robot txt dibalijin lg kr seting default. Makin ancur blog gue hehehe

28/05/15, 08.38 O

@Om Bujo Mmmm, kalau begitu mungkin saja beda kasus beda pula cara penanganannya Sob. Sebab selama ini (setelah menggunakan teknik tersebut) blog ini sama sekali tidak pernah mengalami terjadinya duplikasi tag judul serta deskripsi.

23/01/17, 03.59 O

terima bosssss...sdh memberitahu tahu melalui web nya,,,,,siiippppp

23/01/17, 10.07 O

@gus mawi Sebenarnya ini hanya saya maksudkan untuk berbagi pengalaman saja kok. Jadi kalau ada benarnya semoga bermanfaat. Namun bila ada salahnya saya mohon maaf.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog