Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

16
Tgl. 03 September 2012

Banyaknya Label Atau Kategori Artikel Yang Digunakan Pada Blog Berpengaruh Terhadap SEO?

Apabila kita berbicara mengenai SEO (Search Engine Optimization), maka rasanya seakan tiada habisnya. Hal ini disebabkan karena SEO sangat...

ELTELU - Pilihan Label Untuk Artikel Blog
Apabila kita berbicara mengenai SEO (Search Engine Optimization), maka rasanya seakan tiada habisnya. Hal ini disebabkan karena SEO sangatlah kompleks, sehingga banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan terkait dengan hal tersebut. Dari sekian banyak faktor yang berkaitan dengan SEO, salah satu diantaranya adalah internal link yang memiliki andil besar dalam terbentuknya sitelinks pada SERP (Search Engine Result Page).

Perlu diketahui bahwasanya sitelinks sendiri akan terbentuk secara otomatis berdasarkan analisa yang dilakukan oleh algoritma Google terhadap internal link yang terdapat pada sebuah blog. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebenarnya sitelinks tidaklah dapat dibuat (secara manual), akan tetapi dapat disiasati dengan membangun internal link pada blog yang kita kelola untuk mempercepat pembentukannya.

Nah, terkait dengan sitelinks, apabila dalam artikel sebelumnya yang berjudul "Sitelinks Sebagai Salah Satu Penghargaan Dari Google Untuk Blog Ini" saya menyampaikan bahwa blog ini telah mendapatkan penghargaan tak terduga dari Google berupa sitelinks yang akan ditampilkan dalam halaman hasil penelusuran (SERP) ketika kata kunci penelusuran yang dipakai adalah ELTELU, ternyata sitelinks yang telah didapatkan tersebut dapat hilang dan terhapus secara otomatis. Dan hal ini terbukti dari hilangnya sitelinks yang sebelumnya telah dimiliki oleh blog ini.

Lantas apa hubungan antara sitelinks dengan banyaknya label atau kategori artikel yang digunakan pada sebuah blog? Berdasarkan kenyataan yang terjadi pada blog ini, maka saya berasumsi bahwa jumlah label atau kategori artikel yang dipakai dalam sebuah blog sedikit banyak sangat berpengaruh terhadap sitelinks. Saya berasumsi demikian karena setelah menambahkan label baru (dalam hal ini adalah label "Update") yang dimaksudkan untuk mengkategorikan artikel dengan konten berupa pembaruan atas artikel yang telah diterbitkan sebelumnya, tiba-tiba sitelinks yang dimiliki oleh blog ini hilang dan lenyap begitu saja. Padahal sebelum label baru tersebut ditambahkan, sitelinks untuk blog ini masih tetap dimiliki dan dimunculkan dalam SERP ketika dilakukan penelusuran dengan memakai keyword ELTELU.

Namun demikian perlu diingat bahwa kesimpulan yang saya uraikan di atas hanyalah sekedar asumsi dengan mengacu (berdasar) realita yang terjadi pada blog ini. Dan bukan tidak mungkin hilangnya sitelinks yang sebelumnya telah didapatkan serta dimiliki blog ini disebabkan oleh faktor lain, seperti misalnya perubahan algoritma yang digunakan oleh Google dalam menganalisa internal link sebuah blog untuk kemudian memberikan sitelinks pada blog yang dimaksud, atau bisa jadi pula disebabkan oleh faktor yang lainnya.

Bagaimana menurut Anda, benarkah banyaknya label atau kategori artikel yang digunakan dalam sebuah blog dapat berpengaruh pada SEO, khususnya terhadap sitelinks? Jika Anda mengetahui penjelasan logis untuk hal tersebut, maka uraian Anda dalam bentuk komentar sangat diharapkan guna menambah dan memperluas ilmu, pengetahuan, serta wawasan saya maupun pengunjung yang membaca artikel ini.

Sekian, terimakasih, dan salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 16 komentar pada artikel ini ▶
03/09/12, 12.55 O

Maaf sobat, sy belum belajar tentang yang satu ini, jadi sy belum bisa membantu untuk pertanyaan tersebut...Namun ini juga merupakan salah satu pembelajaran buat semua agar dapat dipahami dengan betul. Trima kasih sobat

03/09/12, 13.55 O

Saya juga merasakan hal demikian sob

04/09/12, 01.49 O

@Kraeng FranciscoIya Sob. Saya sendiri sampai heran. Kalau nilai PageRank yang turun sih sudah biasa, tapi kalau sitelinks yang hilang secara tiba-tiba seperti ini jujur saja saya baru mengalami kali ini.

04/09/12, 01.50 O

@annash mobilepcWahhh, kalau begitu hal tersebut tidak hanya terjadi pada blog ini ya Sob...

04/09/12, 17.12 O

@AYAHE MELA
Sobat kemari saya sempat chat sama teman saya lewat Facebook yang berada di Korea kebetulan beliau pernah mengalami hal demikian dan saya tanya kenapa sitelink bisa hilang? jawabannya mungkin penah melakukan Pergantian template blog,
Meta tag blog, Pergantian keyword blog dan soal kategori artikel sepertinya tidak berpengaruh...seperti itu jawaban yang diberikan beliau dan saya harap semoga bisa kembali lagi.Walaupun saya tidak tahu sama sekali dalam hal ini tapi saya akan tetap berusaha membantu. Trima kasih sobat, Salam

13/09/12, 18.46 O

Wah keren sob. saya masih awam tentang beginian. thanks infonya.

13/09/12, 22.19 O

@Rudita YasaSama-sama Sobat. Terimakasih atas berkenannya mengunjungi blog ini.

Anonim
15/10/12, 16.22 O

mantap templatenya, mau dibagi nggak secara gratis?....

16/10/12, 16.52 O

@IIM ABDUL ROHIMTerimakasih Sobat.

Sebenarnya tanpa harus saya bagikan pun Sobat bisa mendapatkannya dengan gratis. Bahkan ketika pertama kali membuat blog, Sobat sudah bisa langsung mendapatkannya.

Karena template yang saya gunakan ini merupakan salah satu dari beberapa template standar yang disediakan oleh Blogger, dalam hal ini adalah kategori Jendela Gambar (Picture Window).

Dan kemudian saya lakukan kustomisasi sehingga akhirnya menjadi seperti ini. Sedangkan cara yang saya gunakan untuk melakukan kustomisasi blog ini, hampir semuanya dapat Sobat temukan dalam artikel yang saya terbitkan. :)

18/10/12, 17.16 O

Wah, baru tau ternyata kaya gitu

Oh iya, Yukinote mengadakan SEO kontes sederhana. Silahkan dilihat.

18/10/12, 21.59 O

@YukinoteOke Sobat, terimakasih atas informasi yang disampaikan. :)

22/10/12, 11.12 O

Karena Sitelinks merupakan salah satu penghargaan yag diberikan google. jadi kalau diambil lagi silahkan ... Agung Car juga mengalami diambil kembali oleh Google padahal cuma menghapus Chatbox disebelah kanan atas, btw nggak terlalu dipusingkan, karena target utamanya (memang) bukan sitelinks. Salam sukses selalu

23/10/12, 01.29 O

@Agung CarBetul sekali Sobat. Karena yang paling utama salah satunya adalah terus berkarya dan berbagi ilmu.

Oh ya, terimakasih atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini, dan tidak lupa saya sampaikan salam sukses balik untuk Sobat. :)

27/10/12, 19.30 O

Sob saya baru mendapatkan sitelink pada tanggal 13 oktober dan tiba2 sitlink saya hilang, dan setelah saya mengecek blog sobat dengan memakai nama ELTELU sitelink sudah muncul kembali, kira2 ada solusinya tidak, buat mendapatkan kembali sitelink tersebut? Mohon bantuannya apabila sobat tahu tentang itu, karna sya tidak pernah merubah apapun pada template kecuali tampilan atau background saja. Trima kasih

28/10/12, 11.13 O

@Kraeng FranciscoJadi begini, setelah beberapa waktu lalu sitelinks blog ini tidak lagi ditampilkan dalam SERP pada browser yang saya gunakan, saya juga mencoba mengajukan sebuah pertanyaan di salah satu forum tanya jawab yang kurang lebih adalah sebagai berikut:

Kenapa keyword untuk menampilkan sitelinks dari blog yang saya kelola berubah-ubah?

Dulu, ketika pertama kali mendapatkan sitelinks, hanya dg menggunakan keyword ELTELU sitelinks sudah tampil dlm SERP.

Tapi setelah berselang beberapa bulan, keyword tersebut tidak lagi dapat menampilkan sitelinks dan harus diketik lengkap, yaitu eltelu.blogspot.com agar sitelinks muncul dlm SERP.

Nah, faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut?


Dari pertanyaan tersebut, jawaban yang menurut saya paling logis atas tidak ditampilkannya sitelinks lebih kurang adalah sebagai berikut:

Berubah karena Google tidak melihat kata "eltelu" sebagai sebuah keyword yang kuat untuk dimunculkan sebagai sitelinks. Karenanya tidak muncul sitelinks. Sedangkan kalau diketik URL komplit, baru muncul sitelinks? Karena memang itu langsung menuju situs/blog yang dimaksud, maka tidak heran kalau Google menampilkan sitelinks (asal situs/blognya sudah diindex dan diberi sitelinks oleh Google tentu saja)

Sehingga saya pun berkesimpulan bahwa sitelinks sebenarnya tidaklah hilang, namun keyword yang berfungsi untuk menampilkan sitelinks-nya lah yang berubah.

Jadi coba Sobat cek lagi dengan memakai URL blog secara lengkap untuk mengetahui hasilnya secara lebih akurat.

02/11/12, 01.17 O

Trima kasih sudah membantu dan memberikan balasan dan mohon maaf baru di cek kembali. benar juga, bisa saja seperti itu. nanti akan saya coba dengan menggunakan keyword yang tepat. Terima kasih sahabat, Salam.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog