Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 26 Oktober 2011

Mengubah Atribut File

Beberapa orang teman pernah bertanya kepada saya begini, “Pak, setelah flash disk saya tadi digunakan di komputernya Si Fulan, tiba-tiba...

Ilustrasi Attribut Dokumen
Beberapa orang teman pernah bertanya kepada saya begini, “Pak, setelah flash disk saya tadi digunakan di komputernya Si Fulan, tiba-tiba dokumennya kok hilang semua ya? Padahal tadi hanya dipakai untuk meng-copy data yang ada di flash disk saja. Apa mungkin semua dokumen saya terhapus ya? Hwaduh, bagaimana ini Pak, karena di flash disk saya ini berisikan dokumen-dokumen penting.”

Nah, singkat kata singkat cerita kemudian flash disk coba saya buka pada komputer lain. Dan ternyata memang benar bahwa dokumen  yang ada pada flash disk tersebut tidak ditampilkan pada Windows Explorer. Akan tetapi ketika flask disk tersebut dicek propertinya, ternyata menunjukkan bahwa flash disk tersebut sebenarnya masih ada isinya. Sehingga saya langsung berkesimpulan bahwa dokumen yang ada pada flash disk tersebut sebenarnya hanya disembunyikan oleh virus (trojan) dengan melakukan perubahan pada atributnya. Dan ketika hal ini saya sampaikan pada pemilik flash disk, spontan ia pun berkata, “Wah, mana mungkin flash disk saya bisa terkena virus, karena di komputer teman saya itu sudah dipasangi anti virus kok”.

Bagi orang yang masih awan atau baru belajar komputer, bisa jadi akan menganggap bahwa bila sudah terpasang anti virus, maka komputer sudah aman dari serangan virus. Akan tetapi sebenarnya hal itu bukanlah suatu jaminan, karena bisa jadi anti virus yang dipakai tidak up to date sehingga anti virus tersebut belum mengenali virus jenis baru yang akibatnya tidak tertutup kemungkinan sebuah komputer yang telah terpasang anti virus masih dapat terinfeksi oleh virus. Dan satu hal lagi yang akan membuat mereka kebingungan adalah ketika dokumen-dokumen mereka tidak dapat ditampilkan pada Windows Explorer, padahal tidak semua anti virus dapat mengembalikan atribut file yang telah diubah oleh virus.

Cara yang paling mudah untuk mengubah atribut file (dokumen) adalah dengan menggunakan perintah “attrib.exe” yang dapat dijalankan dengan menggunakan Command Prompt, yang mana perintah ini memiliki syntax sebagai berikut:

ATTRIB [+R | –R] [+A | –A] [+S | –S] [+H | –H] [drive:] [path] [file name] /S /D
Dimana:
+   Untuk menambahkan atribut
-    Untuk menghapus atribut
R   Atribut Read-only
A   Atribut Archive
S   Atribut System
H   Atribut Hidden
/S  Proses pencocokan file dalam folder saat ini dan semua subfolder.
/D  Proses juga.

Sehingga bila akan mengubah (mengembalikan) atribut dari file (dokumen) yang disembunyikan oleh virus (trojan) pada sebuah flash disk, maka dapat dilakukan dengan menjalankan perintah di bawah ini pada Command Prompt.

ATTRIB –R –A –S –H F:\*.* /S /D
Dimana F:\ merupakan drive yang ditempati oleh flash disk dan *.* mewakili file (dokumen) yang akan diubah atributnya. Dalam hal ini *.* sama artinya dengan semua file (dokumen) dengan semua ekstensi.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog