Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

5
Tgl. 11 Januari 2012

Optimasi Blog Dengan Memanfaatkan Fitur Mobile

Banyak pengelola blog yang menempatkan banyak waktu dan usaha untuk menciptakan tampilan unik pada blog mereka. Namun terkadang apa yang...

Ilustrasi Perangkat Mobile
Banyak pengelola blog yang menempatkan banyak waktu dan usaha untuk menciptakan tampilan unik pada blog mereka. Namun terkadang apa yang mereka lakukan tersebut menjadi tidak begitu optimal karena kurangnya memperhatikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat akhirnya berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan ketersediaan serta kemudahan akses informasi. Dan bukan rahasia lagi bila sekarang ini tidak sedikit dari pencari informasi yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemudahan akses informasi dengan menggunakan perangkat mobile merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat dominan dalam penyampaian informasi yang terdapat pada sebuah situs atau blog. Hal inilah yang mendorong penyedia informasi online membuat beberapa versi situs untuk menyampaikan informasi, dalam hal ini adalah dengan membuat situs versi mobile sehingga informasi yang disampaikan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Namun pada kenyataannya bila melakukan browsing dengan menggunakan perangkat mobile, dalam hal ini adalah perangkat telepon seluler, tidak jarang masih ditemukan blog yang belum menggunakan dan memanfaatkan fitur mobile atau seluler pada template blog yang dipakai. Dan bahkan tidak jarang pula ditemukan blog yang sebenarnya memiliki traffic maupun page rank yang cukup tinggi akan tetapi belum juga memanfaatkan fitur tersebut. Sebenarnya hal ini sangat disayangkan mengingat pada saat ini jumlah pengguna internet yang mengakses internet dengan menggunakan perangkat seluler cukup banyak. Dengan tidak digunakannya fitur tersebut pada sebuah blog, maka penayangan halaman blog yang diakses dengan mengunakan perangkat seluler akan menjadi lambat sehingga berpotensi untuk ditinggalkan pengunjung sebelum halaman blog tersebut ditampilkan secara menyeluruh.

Setiap penyedia layanan blogging tentunya memiliki setelan tersendiri agar dapat menggunakan dan memanfaatkan fitur mobile, sehingga halaman blog dapat dengan mudah ditampilkan pada perangkat seluler. Dan setelan inilah yang kiranya perlu diaktifkan dan dimanfaatkan oleh pengelola blog. Sebagai contoh misalnya fitur seluler pada blog yang menggunakan layanan blogspot. Secara default fitur seluler pada blog yang menggunakan layanan blogspot tidaklah aktif, sehingga untuk mengaktifkan fitur tersebut perlu dilakukan perubahan pada setelan template. Dimana untuk mengaktifkan setelan tersebut adalah dengan login terlebih dulu kemudian mengeklik nama blog yang akan dikelola, dan selanjutnya tinggal mengerjakan langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik menu ‘Template’;
  2. Klik tombol ‘Ubahsesuaikan template seluler’;
  3. Klik dan aktifkan pilihan ‘Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler.’;
  4. Pilih template seluler yang akan digunakan;
  5. Klik tombol ‘Simpan’.
Gambar di bawah ini merupakan screenshot dari langkah-langkah tersebut di atas.
Ubahsesuaikan Template Seluler
Pilih Template Seluler
Screenshot: blogger.com

Dengan mengaktifkan fitur mobile atau seluler pada template blog yang digunakan, seperti halnya pada contoh di atas maka akan mempermudah pengunjung dalam mengakses informasi yang terdapat pada setiap artikel blog. Sehingga dengan semakin mudahnya akses terhadap setiap informasi yang ada, maka dapat berimbas pada meningkatnya jumlah kunjungan karena konten yang terdapat pada blog tidak hanya dapat diakses dengan mudah melalui perangkat komputer, namun dapat pula dengan mudah diakses melalui perangkat mobile atau telepon seluler.

Lantas bagaimana dengan blog yang Anda kelola, apakah sudah menggunakan dan memanfaatkan fitur mobile? Bila blog yang Anda kelola belum menggunakan dan memanfaatkan fitur mobile, maka ada baiknya bila fitur tersebut diaktifkan.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 5 komentar pada artikel ini ▶
12/01/12 11.59 O

gue udah makek gan...thanks tipsnya...:P

14/01/12 11.00 O

wah bener jga tuh gan... thanks infonya

25/01/12 12.52 O

ini emang fasilitas yang sering terlupakan gan.. padahal pengguna mobile kan lumayan banyak juga. thanks ya Gan,,

08/02/12 18.18 O

lumayan juga tipsnya saya coba dulu gan

20/02/12 08.22 O

Sepertinya patut dicoba ne gan tipsnya, ane juga kepingin ah....
Oya, ane udah follow blog ini gan imamfh08, tinggal nugu agan blogwalking ke blog ane www.tempat-bersinggah.blogspot.com, ditunggu followbacknya gan... ane juga mau share ah di blog ane..

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog