Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

9
Tgl. 19 Maret 2012

Cara Membuat Link Otomatis Dalam Artikel Yang Akan Diposting

Bila membaca judul artikel ini, bisa jadi kalimatnya terkesan agak aneh. Karena seperti yang kita tahu bahwa link untuk sebuah artikel ...

Ilustrasi Proses Otomatis
Bila membaca judul artikel ini, bisa jadi kalimatnya terkesan agak aneh. Karena seperti yang kita tahu bahwa link untuk sebuah artikel secara otomatis akan diambilkan dari beberapa kata dari judul artikel yang diterbitkan. Sebagai contoh misalnya saya membuat artikel degan judul “Cara Memasang Facebook Like Box Pada Blog Versi Web”, maka setelah artikel tersebut diposting, secara otomatis akan terbentuk link http://eltelu.blogspot.com/2012/03/cara-memasang-facebook-like-box-pada.html untuk artikel tersebut. Nah, lantas apa yang dimaksud dengan cara membuat link otomatis dalam artikel yang akan diposting di sini?

Link otomatis yang dimaksud di sini adalah sebuah link yang secara otomatis akan tertaut dengan URL artikel itu sendiri setelah artikel diposting. Dalam hal ini sebagai contoh atas penerapannya adalah seperti dapat dilihat pada tautan ‘Kata kunci’ yang terletak di bagian bawah artikel ini.

Selanjutnya, dalam hal membuat link otomatis dalam artikel yang akan diposting, dapat dilakukan dengan cara menambahkan kode <a expr:href="data:post.url"> di depan teks dan kode </a> di belakang teks yang nantinya akan dijadikan sebagai sebuah tautan ketika artikel telah diterbitkan. Dimana hal ini dapat dilakukan dalam editor Blogger dengan menggunakan mode ‘HTML’.

Sebagai contoh bila saya ingin membuat teks Contoh Link Otomatis menjadi sebuah tautan setelah artikel diterbitkan, maka dalam editor Blogger yang menggunakan mode ‘HTML’, di depan teks tersebut di tambahkan kode <a expr:href="data:post.url"> dan dibelakangkanya ditambahkan kode </a> sehingga akhirnya menjadi <a expr:href="data:post.url">Contoh Link Otomatis</a>.  Yang artinya bila artikel tersebut telah diterbitkan, maka teks Contoh Link Otomatis secara otomatis akan menjadi sebuah link yang tertaut dengan URL artikel itu sendiri.

Perlu diingat bahwa Anda harus kembali ke mode ‘Compose’ sebelum artikel tersebut diterbitkan. Karena bila Anda masih dalam mode ‘HTML’ saat menerbitkan artikel yang dimaksud, maka dapat dipastikan link yang terbentuk tidak akan sesuai dengan tautan yang seharusnya. Sementara itu yang dimaksud mode 'HTML' di sini adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Namun demikian saya belum dapat memastikan apakah teknik yang seperti ini dapat menghasilkan suatu permalink atau tidak. Dan saya pun juga belum dapat memastikan apakah penerapan teknik yang seperti ini termasuk dalam kategori SEO Friendly atau tidak. Sehingga perlu kiranya dilakukan analisa dan pengujian terlebih dulu atas penggunaan teknik tersebut untuk diterapkan dalam artikel yang akan diposting pada sebuah blog.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 9 komentar pada artikel ini ▶
08/04/12 10.34 O

thanks infonya sangat membantu,,,kenapa ga dari pertama saya ngeblog untuk meletakkan scrip kode ini...!!!

ada cara lain ga agar bisa di setiap postingan tercantum sumbernya..!!!

follback nya di tunggu

18/05/12 08.19 O

Trims bro banyak membantu, sdah dicoba.

31/08/12 01.16 O

PEMBERITAHUAN
----------------------------

Pembaca yang terhormat, perlu diketahui bahwasanya telah dilakukan update untuk artikel ini. Dimana update yang dimaksud dapat Anda lihat dalam artikel berikut ini:

"[UPDATE] Cara Membuat Tautan Otomatis Untuk Link Artikel Yang Akan Diterbitkan"

Sekian, terimakasih, dan salam.

18/12/12 18.29 O

makasih gan infonya, ini gan mo tanya untuk menampilkan alexa pada blogg. sampai jumpa di koment berikutnya

22/12/12 01.33 O

@Hoho VanSmurtSama-sama Sob.

Terkait dengan teknik pemasangan widget alexa pada blog, maka silakan klik di sini untuk membuka artikelnya. :)

03/01/13 13.13 O

tak coba dulu gan

09/01/13 14.40 O

@RisalahatiSilakan. :)

24/07/14 05.36 O

makasih gan infonya, tapi saya mau tanya
kalau link-nya artikel postingan lain bisa nggak?

04/08/14 00.35 O

@Kukuh Niam Ansori Hwaduh, kalau untuk model yang seperti itu jujur saja saya sendiri juga belum pernah mencobanya Sob. Jadi mohon maaf bila tidak dapat memberikan penjelasan jawaban secara rinci terkat dengan pertanyaan tersebut.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog