Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

20
Tgl. 28 Mei 2013

Cara Mudah Membuat Auto Hide Vertical Menu Sederhana Di Samping Halaman Blog

Sobat Blogger, bila pada postingan terdahulu dengan judul ‘ Cara Membuat Tab Menu Horizontal Seperti Navbar Di Atas Header Halaman Blog ’ t...

Contoh Bilah Menu Vertikal Auto Hide Di Sebelah Halaman Blog
Sobat Blogger, bila pada postingan terdahulu dengan judul ‘Cara Membuat Tab Menu Horizontal Seperti Navbar Di Atas Header Halaman Blog’ telah saya uraikan cara yang digunakan untuk membuat bilah menu di bagian atas blog sebagai pengganti bilah navbar standar Blogger, yang kemudian saya perbarui dengan menerbitkan artikel baru berjudul ‘Cara Membuat Menu Tab Keren Pada Blog Dengan Sub Menu Pull Down Dan Ujung Sudut Melengkung’, maka dalam postingan ini kita akan kembali membahas cara pembuatan daftar menu seperti halnya jenis menu dalam kedua artikel tersebut di atas. Akan tetapi model dari daftar menu yang akan kita bahas kali ini bukan lagi berbentuk horizontal, melainkan berbentuk vertikal seperti yang tampak pada gambar ilustrasi menu vertikal auto hide di atas.

Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya untuk diketahui terlebih dulu bahwa di sini saya menyebutnya sebagai auto hide vertical menu karena model menu yang dibuat dengan menggunakan teknik ini secara default hanya akan berbentuk kotak kecil yang terletak di sisi bagian kiri atau kanan halaman browser (sesuai dengan penempatannya) saja. Selanjutnya apabila kotak kecil tersebut disorot dengan menggunakan mouse pointer, maka efek hover pada CSS yang digunakan secara otomatis akan menampilkan daftar menu yang terdapat di dalamnya. Kemudian perlu diketahui pula bahwa contoh yang saya berikan dalam uraian ini merupakan contoh menu vertikal yang paling sederhana, sehingga dalam penerapannya dapat dilakukan modifikasi pada CSS-nya untuk menghasilkan tampilan menu yang lebih menarik dan lebih sesuai dengan desain tampilan blog yang Sobat kelola.

Sementara itu langkah kerja yang perlu dilakukan untuk membuat tab menu vertikal seperti yang telah saya sebutkan di atas adalah sebagai berikut.

Pertama, sisipkan CSS berikut ini dalam area skin. Dimana dalam hal ini dapat Anda sisipkan tepat di atas ]]></b:skin>.
.bilah-menu-samping{
  width:20px;
  height:auto;
  white-space: nowrap;
  position: fixed;
  z-index:999;
  margin:0px;
  padding:10px;
  top:35%;
  left:-10px;
  overflow:hidden;
  border:1px solid #dddddd;
  background: pink;
}
.mobile .bilah-menu-samping{
  display:none;
}  
.bilah-menu-samping .widget{
  margin:-10px 10px;
}
.bilah-menu-samping .widget h2{
  margin:100px -5px 5px 0px;
  padding:0px;
  font-size:12px !important;
  text-transform:capitalize;
  transform: rotate(270deg);
  -o-transform: rotate(270deg);
  -ms-transform: rotate(270deg);
  -moz-transform: rotate(270deg);
  -webkit-transform: rotate(270deg);
}
.bilah-menu-samping .widget .widget-content{
  margin:10px 0px;
  display:none;
}
.bilah-menu-samping .widget ul{
  margin-left:-5px;
}
.bilah-menu-samping .widget li{
  border:none;
  display:block;
  margin-left:-15px;
  padding:0px 10px;
}
.bilah-menu-samping .widget li a{
  padding:10px;
  margin-left:-10px;
  width:100%;
  display:block;
}
.bilah-menu-samping .widget li:hover{
  background:#eeeeee;
}
.bilah-menu-samping:hover{
  width:auto;
  height:100%;
  padding:0px;
  top:-1px;
  left:0px;
  bottom:-1px;
  overflow:auto;
  background: #ffffff;
}
.bilah-menu-samping:hover > .widget h2{
  display:none;
}
.bilah-menu-samping:hover > .widget .widget-content{
  display:block;
}


Kedua, cari bagian <body dan kemudian sisipkan kode berikut ini tepat di bawahnya.
<b:section class='bilah-menu-samping' id='bilah-menu-samping' maxwidgets='1' showaddelement='yes'></b:section>


Ketiga, simpan template.

Keempat, setelah tersimpan, tutuplah editor template dan kemudian buka menu ‘Layout/Tata Letak’. Sehingga ketika halaman tata letak widget telah terbuka, maka Sobat akan mendapati adanya sebuah bagian baru seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Tampilan Tata Letak Widget Blogger
Sumber gambar: blogger.com

Kelima, langkah berikutnya tambahkan gadget dalam bentuk ‘HTML'/JavaScript’ dan kemudian buatlah kode yang akan digunakan sebagai menu dengan format seperti contoh di bawah ini.
<ul>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 1</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 2</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 3</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 4</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 5</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 6</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 7</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 8</a></li>
  <li><a href="http://eltelu.blogspot.com">Contoh Menu 9</a></li>
</ul>

Keterangan:
Rangkaian kode di atas hanyalah sekedar contoh. Sehingga dalam penerapannya pada blog yang Sobat kelola silakan dilakukan penyesuaian pada URL beserta nama menu yang akan digunakan. Demikian pula banyaknya menu yang ingin ditampilkan dapat disesuaikan dengan menambah atau mengurangi list item yang terdapat pada contoh di atas.

Keenam, langkah yang terakhir adalah simpan widget. Akan tetapi sebelum widget disimpan jangan lupa memberikan judul untuk widget tersebut.

Setelah semua langkah-langkah di atas dikerjakan secara benar, maka ketika blog dibuka Sobat akan mendapati adanya bilah menu vertikal di sisi bagian kiri halaman browser. Sementara itu bila ingin menempatkan bilah menu tersebut di sisi bagian kanan, maka Sobat tinggal mengganti kode left:-10px; dan left:0px; pada rangkaian kode CSS di atas dengan right:-10px; dan right:0px; (yang artinya sama dengan memindah posisi bilah menu dari sebelah kiri ke sebelah kanan).

Kemudian apabila kotak menu melayang yang ditampilkan kurang proporsional dengan judul widget (dalam hal ini misalnya kotak menu terlalu panjang atau terlalu pendek), maka silakan sesuaikan jaraknya dengan cara mengubah margin yang digunakan pada CSS di atas. Dalam hal ini adalah mengubah angka 100 yang terdapat pada kode margin:100px -5px 5px 0px; dengan jarak yang sesuai.

Semoga berguna, bermanfaat, dan apabila mengalami kesulitan atau kendala dalam mengimplementasikan teknik di atas, maka Sobat dapat mengajukan pertanyaan terkait dengan kesulitan atau kendala tersebut dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 20 komentar pada artikel ini ▶
29/05/13 20.36 O

met mlm sobat tampilannya sangat bagus sekali sobat. dan sangat detil penjelasannya mas trmksih banyak mas dah berbagi ilmu

30/05/13 08.19 O

@Brebes VS LamonganSalam dan terimakasih balik, Sobat. :)

30/05/13 23.15 O

Mantab gan.. Makin sip aja tutornya.. Update terus gan, Salam blogger. www.kerjaterus.com

Anonim
31/05/13 05.45 O

Oke mas akan saya coba ya.Tapi newbiew seperti saya masih agk sulit menerapkannya :).

31/05/13 22.41 O

@Wong TasikmaduOke, terimakasih Sob.

31/05/13 22.42 O

@bukablogspot.comKalau begitu tidak ada salahnya bila Sobat mencobanya. :)

12/06/13 13.07 O

saya tertarik dan udah pasang nih mas, cuma cara mengubah font-nya biar jadi Arial gimana tuh mas?

12/06/13 13.31 O

mas, gmna caranya mengganti font Main Tab nya, trus kok di Tata Letak tu gadget kadang ilang-ilang ya mas?

13/06/13 15.01 O

Kok gak dikasih demo bang?

15/06/13 09.05 O

@rxoroxrSetelah saya lihat, untuk bagian content sepertinya sudah Arial, Sob. Hanya saja untuk title memang masih Times New Roman. Sehingga apabila Sobat ingin mengubah font yang terdapat pada title menjadi Arial, maka silakan ubah font-size:12px !important; yang terdapat pada .bilah-menu-samping .widget h2{ menjadi font:bold 13px Arial !important;

15/06/13 09.15 O

@rxoroxrUntuk tata letak, seharusnya memang ada CSS khusus yang dipakai untuk mengatur layout widget pada tampilan tata letak, Sob. Akan tetapi pada CSS di atas memang sengaja tidak saya sertakan, dengan pertimbangan bahwa tidak semua template telah mendukung Blogger template versi baru.

Namun demikian apabila script HTML untuk daftar menu ditempatkan di bawah body, maka di halaman tata letak normalnya widget akan ditampilkan pada bagian paling atas.

15/06/13 13.40 O

@Abdul IndoSobat, sengaja tidak saya berikan demo untuk teknik ini, karena apabila diterapkan dengan benar secara urut dan runtut sesuai dengan langkah-langkah di atas, maka hasil yang didapat adalah seperti ilustrasi gambar yang saya sertakan di atas.

24/06/13 09.14 O

mantap sob... patut dcoba di blog ane

24/06/13 10.20 O

@sugi manTerimakasih Sob. Silakan bila ingin mencoba menerapkannya pada blog yang Sobat kelola. :)

01/08/13 09.42 O

kok hasilnya gk bagus bang :( gk kaya gambar di atas

02/08/13 21.05 O

@GhobesCheaterGambar yang di atas itu kan hanya ilustrasi menu untuk tampilan kecil dan hover, Sob. Jadi sesuai dengan judul dari artikel ini, maka hasilnya pun memang cukup sederhana. Sehingga apabila Sobat ingin 'mempercantik' tampilannya, maka silakan dilakukan modifikasi pada CSS-nya. :)

27/12/13 18.23 O

hii Ayahe Mela,

Widget ini sangat baik menurut saya, tampilan blog jadi lebih rapi dan enak dipandang, keren dah haha

tapi ada 1 hal yg mengganjal di pemikiran saya, apa bisa widget ini jadi dua yaitu kiri dan kanan ? apabila bisa mungkin mas Ayahe bisa ngasih tau tahap2 penambahan maupun script yg mesti ditambah. sekian :D
ditunggu balasan atau kunjungannya di www.mandar.web.id

28/12/13 02.21 O

@Mandarwarman FaisalSaya rasa bisa kok. Akan tetapi terkait dengan hal tersebut tidak ada salahnya bila Sobat melakukan eksperimen (percobaan) sendiri sehingga akhirnya dapat lebih menguasai dengan memahami tentang cara pembuatannya. :)

02/02/14 17.31 O

ijin mempraktekkan mas, salam :)

03/02/14 09.46 O

@Mawan Cradlez Silakan dicoba untuk mempraktikkan teknik yang saya uraikan dalam artikel tersebut Sob.

Semoga saja dalam mempraktikkannya tidak mengalami kendala ataupun kesulitan, sehingga hasilnya dapat sesuai dengan yang diharapkan. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog