Dimensi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran
Kompetensi Inti
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Langkah penguatan proses pembelajaran
- Menggunakan pendekatan scientific melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,....
- Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai penggerak pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
- Menuntun siswa untuk mencari tahu, bukan diberi tahu [discovery learning].
- Menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan dan berfikir logis, sistematis, dan kreatif.
Langkah penguatan proses penilaian
- Mengukur tingkat berfikir siswa mulai dari rendah sampai tinggi.
- Menekankan pada pertanyaan yang mebutuhkan pemikiran mendalam [bukan sekedar hafalan].
- Mengukur proses kerja siswa, bukan hanya hasil kerja siswa.
- Menggunakan portofolio pembelajaran siswa.