Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

29
Tgl. 05 Agustus 2013

Inilah Salah Satu Dampak Yang Diakibatkan Setelah Mengganti Template Yang Digunakan Pada Sebuah Blog

Seberapa seringkah Anda melakukan pergantian pada template blog yang Anda kelola? Apabila Anda seringkali menggantinya dengan jenis lain ya...

Seberapa seringkah Anda melakukan pergantian pada template blog yang Anda kelola? Apabila Anda seringkali menggantinya dengan jenis lain yang berbeda, maka ada baiknya memperhatikan uraian berikut ini sebelum mengerjakannya.

Oke, apabila berbicara tentang template, maka bisa jadi suatu ketika kita akan merasa bahwa template yang kita pakai merupakan pilihan template yang paling tepat dan sesuai untuk saat ini. Akan tetapi dengan seiringnya waktu bukan tidak mungkin kita akan beranggapan bahwa template yang kita gunakan saat ini ternyata bukanlah template yang tepat dan sesuai untuk kita gunakan, sehingga bisa jadi yang akan kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggantinya dengan template yang baru.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata mengganti template dengan jenis lain yang berbeda sangatlah tidak disarankan. Hal ini disebabkan karena faktanya setelah melakukan pergantian pada template yang digunakan, ternyata dapat berdampak buruk terhadap ‘kesehatan’ sebuah blog.

Berbicara tentang dampak buruk yang diakibatkan dari  penggantian template, sebenarnya (menurut sepengetahuan saya) tidaklah sedikit yang telah memberikan ulasannya. Sehingga semoga saja ulasan yang saya uraian dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai materi pelengkap atau tambahan referensi bagi Anda sebelum memutuskan untuk mengganti template dengan yang baru (terutama jika Anda adalah pengguna template yang berasal dari pihak ketiga alias custom template). Namun demikian sebelum kita bahas lebih lanjut tentang hal tersebut, ada baiknya Anda perhatikan terlebih dulu gambar di bawah ini.

Tampilan Data Terstruktur Blog ELTELU

Sumber gambar: https://www.google.com/webmasters/tools/structured-data?hl=in&siteUrl=http://eltelu.blogspot.com/

Berdasarkan gambar di atas perlu diketahui bahwasanya tampilan tersebut merupakan screenshot dari Alat Webmaster Google yang menampilkan laporan ‘Data Terstruktur’ yang terdapat pada blog ini. Dimana apabila dicermati maka pada laporan tersebut dapat kita lihat adanya penurunan yang sangat tajam pada jumlah item dan laman yang terdapat dalam laporan data terstruktur. Dalam hal ini dari yang sebelumnya yaitu tanggal 07 Juni 2013 jumlah semua data terstruktur untuk item adalah 2.952 dan laman sebanyak 609, turun drastis menjadi 57 item dan 29 laman pada tanggal 11 Juni 2013. Kemudian semua data terstruktur baru beranjak naik pada tanggal 21 Juni 2013 menjadi 3.027 item dan 614 laman. Sehingga salah satu kesimpulannya adalah terdapat jeda lebih kurang 14 hari (setengah bulan) sampai akhirnya jumlah semua data terstruktur pulih kembali ke posisi normal.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah kenapa hal tersebut sampai terjadi dan bagaimana bisa jumlah semua data terstruktur tiba-tiba menjadi turun drastis seperti itu? Jawaban untuk pertanyaan tersebut tidak lain dan tidak bukan karena saat itu memang baru saja dilakukan pergantian pada template ELTELU. Dalam hal ini pergantian yang dimaksud adalah perubahan dari penggunaan template yang sebelumnya yaitu Eltelu Responsive Template Versi 1.0 ke template yang baru yaitu Eltelu Responsive Template Versi 2.0. Sementara itu markup data terstruktur yang digunakan pada template baru tersebut memang belumlah sama dan atau sesempurna markup data terstruktur yang terdapat pada template sebelumnya, sehingga akhirnya jumlah semua data terstruktur yang dilaporkan oleh Alat Webmaster Google pun menjadi turun drastis seperti itu.

Sehingga dengan berdasar atas uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa salah satu dampak buruk yang bisa jadi diakibatkan dari pergantian template adalah berkurangnya (atau bahkan hilangnya) jumlah data terstruktur yang terdapat pada sebuah blog. Hal ini disebabkan karena antara template yang satu dengan template yang lainnya belum tentu memiliki markup data terstruktur yang sama di dalamnya. Oleh sebab itulah ada baiknya bila Anda benar-benar mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk melakukan pergantian pada template yang Anda gunakan. Karena selain dapat mengakibatkan dampak tersebut di atas, pergantian pada template (dalam hal ini adalah template yang berasal dari pihak ketiga alias custom template) bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan dampak lain yang lebih buruk lagi apabila ternyata pilihan template yang baru bukan merupakan pilihan template yang memang benar-benar tepat.

Namun demikian apabila sebelumnya Anda menggunakan template standar (default) Blogger dan kemudian menggantinya dengan jenis template lain yang masih dalam katagori template default, maka tidak perlu lagi khawatir akan terjadinya dampak di atas karena semua template standar yang telah disediakan oleh Blogger memiliki markup data terstruktur yang serupa dan bahkan bisa jadi dapat dikatakan sama. Sehingga sesering apapun Anda melakukan pergantian pada template, selama template baru yang digunakan masih dalam jenis template standar (default) Blogger maka tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap data terstruktur blog yang Anda kelola.

Semoga berguna dan bermanfaat.

Salam.

Katagori: , ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 29 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
05/08/13 05.22 O

owh begitu yh gan..

05/08/13 06.13 O

ouhh...getoooo

05/08/13 13.41 O

Penyakit blogger newbie atau pemula, pasti gonta-ganti template :D

05/08/13 19.44 O

ahaha,, info yang sangat bermanfaat :) aku juga dlu bgitu tuh pas awal" ngeblog :D gonta-ganti template mulu tanpa sadar akibatnya xD

06/08/13 01.34 O

bener sih, tapi mau gimana lagi template nya gak sama seperti yg kita harapkan. Di setiap template selalu ada kekurangan dari yg kita inginkan. Jadi serba salah, mau di modif sendiri, nggak bisa. Mau ngikutin tutorial template dari orang lain, kadang gak sama dengan template yg kita pakai. Jadi mesti apa adanya. Hehe..
Lebaran 2hari lagi, Mohon maaf lahir bathin ya kang. Hee

06/08/13 11.01 O

apakah letaknya akan sama dengan milik sobat? Dalam hal ini tepat di sebelah header?

Dan apakah ukuran header juga berkurang?

Soalnya saya ingin persis seperti anda!

06/08/13 22.02 O

mungkin saya termasuk oarang yang sering gonta ganti template ni mas,tujuannya sih sambil ingin belajar coding,tp mudah mudahan tidak terlalu berpengaruh pada blog saya karena yang saya gunakan masih dalam kategori template default

terima kasih banyak mas infonya sangat bermanfaat sekali...

07/08/13 04.22 O

@sahabatkudhen.comLebih kurang seperti itulah Sob.

07/08/13 04.23 O

@Indovision BersamaYo'i, betul sekali.

07/08/13 04.25 O

@Fahmi Hardian SuhermanBisa jadi memang seperti itu Sob. Apalagi kalau nemu template baru yang diraca lebih keren daripada template yang sebelumnya. Karena jujur saja saya sendiri pun dulu juga seringkali gonta-ganti template kok.

07/08/13 04.32 O

@Simon ChildIya Sob. Akan tetapi sebenarnya wajar juga sih. Karena dengan begitu banyaknya template (gratis) yang tersedia bisa jadi kita ingin mendapatkan template yang benar-benar pas sesuai dengan keinginan kita. Oleh sebab itulah saat mulai menekuni kegiatan blogging bisa jadi kita seringkali ganti template. Akan tetapi ternyata hal yang seperti ini sebaiknya dihindari dan lebih baik menyempurnakan template yang sebelumnya telah dipakai.

07/08/13 04.42 O

@Atep AyyWahhh, kalau sudah seperti itu memang repot juga Sob.

Andai saja dapat melakukan modifikasi sendiri pada template yang dipakai, sebenarnya ini malah lebih baik karena akhirnya template yang didapat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Akan tetapi selama kita mau belajar, saya rasa tidak sulit kok. Karena jujur saja saya pun dulu juga sama sekali tidak mengerti tentang template blogspot. Jadi di awal ngeblog dulu dapat dikatakan bahwa saya tidak punya pengetahuan tentang template sama sekali. Namun dengan mempelajarinya sedikit demi sedikit akhirnya saya mulai paham dengan template blogspot.


Oh ya, tidak lupa saya sampaikan terimakasih dan mohon maaf lahir batin juga Sob. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri untuk Sobat sekeluarga dan seluruh sanak saudara. :)

07/08/13 04.48 O

@saffana salsabilaHwaduh, maksudnya gimana ya Sob. Jujur saja saya kurang paham dengan yang Sobat maksud "Apakah letaknya akan sama" dalam pertanyaan tersebut. Karena sepertinya yang Sobat tanyakan tidak ada keterkaitannya sama sekali dengan uraian artikel di atas.

Jadi bagaimana bila Sobat perjelas dulu maksud dari pertanyaan tersebut agar saya dapat memahami maksud dari yang Sobat tanyakan.

07/08/13 04.57 O

@Aulia MPIya Sob. Seperti yang saya uraikan di atas karena template default Blogger memiliki markup data terstruktur yang sama, maka walaupun kita seringkali mengganti template maka tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap banyaknya data terstruktur yang terdapat pada blog yang kita kelola.

Anonim
08/08/13 04.12 O

meski terpaksa ganti template, apakah kreteria template yang membangun data struktur yang bagus apa aja.. Saya bingung apa maksud data struktur dalam postingan anda

10/08/13 00.32 O

@seo-bantaiSobat, apabila masih bingung dan belum dapat memahami maksud dari uraian pada artikel di atas (dalam hal ini adalah tentang data terstruktur), maka selengkapnya silakan buka URL di bawah ini untuk mengetahui secara lebih jelas dan rinci mengenai data terstruktur yang saya maksud pada uraian artikel tersebut.

https://support.google.com/webmasters/answer/99170?hl=en&ref_topic=21997

Semoga dapat membantu. :)

11/08/13 09.28 O

memang tidak baik jika sering gonta ganti template. makanya saya dari awal gak pernah ganti-ganti, hehehe... bukan apa2 tapi karena ga bisa buat template yang baru.

tapi informasinya bagus sob. thx

11/08/13 21.19 O

Salam. Menjumpai sobat blogging saya @AYAHE MELAdan sekaligus mengucapkan
Minal aidhin wal faidzin bila bila ada komentar yang salah
Selama ini, mohon di maaf sebesar-besar nya
O, Yah Artikel nya keren sekali idzin simak yah Sob salam sukses
f_Karrysta - http://karristaent.blogspot.com

Anonim
12/08/13 09.03 O

baru tau juga sob makasih info nya :)

12/08/13 16.51 O

gan estelu ,gimana cara bikin tanggal postingan di blog saya (homepage)
www.bmaster23.blogspot.com
mohon dijawab dan saya minta cara nya :D

12/08/13 21.40 O

@Gee JhonSama-sama Sob. Dan memang betul sekali pendapat Sobat di atas, karena faktanya jika gonta-ganti template adalah seperti pengalaman yang saya uraikan dalam artikel di atas.

12/08/13 21.40 O

@bmaster23Oke, sama-sama dan terimakasih balik Sob. :)

12/08/13 21.50 O

@Bmaster AditamaUntuk memunculkan tangal posting, saya rasa Sobat tinggal menambahkan kode <data:post.dateHeader/> pada bagian post-footer (dalam hal ini maksud saya adalah di sebelah kiri tulisan "Oleh: Bmaster Aditama ~ Add Comment".

Sementara itu untuk pemasangannya sendiri dapat dilakukan dengan cara edit template. Sedangkan untuk penataan tanggal posting yang ditampilkan dapat Sobat lakukan dengan menggunakan CSS sesuai dengan desain tampilan blog yang Sobat kelola.

12/08/13 21.56 O

@Saud KarrystaOke, terimakasih Sobat. Salam sukses balik dan tidak lupa juga saya sampaikan mohon maaf atas segala salah dan khilaf yang mungkin saja saya sengaja maupun tidak.

15/08/13 06.50 O

Gan cara bikin flash Banner punya agan yang nyangkut ketika kebawah itu gmna carannya gan?....

16/08/13 11.01 O

@Habirau NegaraCaranya cukup panjang Sob. Jadi agak sulit rasanya kalau saya uraikan di sini, sehingga bisa jadi akan lebih baik jika nantinya saya uraikan dalam sebuah artikel (postingan baru) saja.

17/08/13 01.26 O

@Habirau NegaraMenyambung komentar balasan di atas, Sobat dapat membuka artikel ini untuk mendapatkan uraian lebih lengkap dan terperinci terkait dengan pertanyaan tersebut.

Semoga dapat membantu.

Anonim
01/09/13 20.30 O

Oh gitu ya? makasih info nya mas salam kenal aja dari http://tiruanz.blogspot.com/

02/09/13 10.27 O

@Shania TiruanzIya Sob, lebih kurang salah satunya memang seperti itu Sob. Karena kebetulan hal tersebut pernah terjadi pada blog ini. Dan kemudian tidak lupa saya sampaikan salam kenal untuk Sobat. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog