Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

20
Tgl. 18 Agustus 2013

Tahukah Anda Bahwa Blogger Sebenarnya Menyediakan 3 (Tiga) Macam Model Pilihan Beranda Pada Blogspot?

Apakah Anda seorang Blogger yang gemar membuat template dan ataukah Anda seorang Blogger yang sedang dalam tahap belajar membuat template s...

Beberapa Macam Model Pilihan Beranda Pada Blog
Apakah Anda seorang Blogger yang gemar membuat template dan ataukah Anda seorang Blogger yang sedang dalam tahap belajar membuat template sendiri dengan cara melakukan eksplorasi pada berbagai template yang ada? Jika ya, maka bisa jadi ulasan yang penulis uraikan dalam artikel ini dapat digunakan sebagai referensi awal untuk menjadikan kreasi template buatan Anda menjadi lebih keren lagi dan tampil beda bila dibandingkan dengan karya Anda yang sebelumnya.

Oke, sesuai dengan judul di atas bahwasanya yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah tentang beberapa macam model pilihan beranda yang disediakan oleh Blogger untuk Blogspot, sehingga yang menjadi pertanyaan awal di sini adalah “Tahukah Anda bahwa Blogger sebenarnya menyediakan 3 (tiga) macam model pilihan beranda pada Blogspot?”. Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, maka jika saat membaca artikel ini Anda lakukan dengan memakai perangkat komputer, silakan buka terlebih dulu beberapa tautan berikut ini: 1) klik di sini untuk membuka tautan yang pertama, 2) selanjutnya klik di sini untuk membuka tautan yang kedua, dan 3) kemudian klik lagi di sini untuk membuka tautan yang ketiga.

Jadi begini, seperti kita tahu bahwasanya di jaman yang semakin maju ini perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat sehingga ketika seseorang ingin mengakses internet (misalnya), maka untuk mengerjakan hal tersebut tidak lagi harus dilakukan dengan menggunakan komputer pribadi seperti desktop pc ataupun laptop, akan tetapi dapat pula dilakukan secara lebih praktis yaitu dengan memakai perangkat smartphone, tablet pc, dan atau sejenisnya. Oleh sebab itulah sekarang ini bukan merupakan suatu hal yang aneh lagi bila banyak situs yang menyediakan berbagai model halaman, dengan salah satu maksud untuk mempermudah akses bagi pengunjung serta penggunanya.

Contoh paling sederhana dari hal tersebut di atas misalnya adalah Facebook. Sebagai salah satu situs jejaring sosial terbesar untuk saat ini, Facebook tidak hanya memiliki 1 (satu) atau 2 (dua) buah model beranda saja, akan tetapi (menurut sepengetahuan penulis) model beranda yang dimiliki oleh Facebook adalah sejumlah 4 (empat) macam. Dalam hal ini keempat macam model beranda tersebut adalah: 1) model beranda untuk tampilan desktop yang akan ditampilkan ketika Facebook diakses memakai perangkat komputer yaitu dengan URL https://facebook.com, 2) model beranda untuk tampilan seluler yang akan ditampilkan saat Facebook dibuka memakai perangkat seluler yaitu dengan URL https://m.facebook.com, 3) model beranda untuk perangkat layar sentuh yang akan ditampilkan bila membuka Facebook dengan memakai perangkat layar sentuh yaitu dengan URL https://touch.facebook.com, dan 4) model beranda khusus yang hanya akan menampilkan informasi berita dalam bentuk teks pada perangkat seluler yaitu beranda Facebook dengan URL https://0.facebook.com.

Lantas bagaimana dengan situs ber-platform Blogger yang di-hosting pada Blogspot seperti halnya blog ini? Bisa jadi selama ini kita beranggapan bahwa Blogger hanya memberikan 2 (dua) buah model pilihan beranda untuk Blogspot, dalam hal ini kedua model yang dimaksud adalah beranda untuk tampilan desktop (sebagai contoh URL misalnya http://eltelu.blogspot.com) dan beranda untuk tampilan seluler (sebagai contoh URL misalnya http://eltelu.blogspot.com/?m=1). Akan tetapi seperti yang telah saya tuliskan pada judul artikel ini, dapat diketahui bahwa Blogger sebenarnya menyediakan 3 (tiga) macam model pilihan yang dapat dipakai untuk menentukan desain beranda blog dari template yang Anda buat. Dalam hal ini ketiga pilihan yang dimaksud yaitu: 1) model beranda default untuk tampilan dekstop dengan URL contoh misalnya http://eltelu.blogspot.com, 2) model beranda blog untuk tampilan mobile dengan URL contoh misalnya http://eltelu.blogspot.com.?m=1, dan 3) model beranda alternatif untuk tampilan dekstop dengan contoh URL misalnya http://eltelu.blogspot.com/?m=0.

Oleh sebab itulah di awal artikel ini Anda diminta untuk membuka 3 (tiga) buah tautan yang berbeda terlebih dulu, karena apabila saat membaca artikel ini dilakukan dengan memakai perangkat komputer maka setelah membuka ketiga tautan di atas (dalam hal ini masing-masing berisikan URL  http://eltelu.blogspot.com, http://eltelu.blogspot.com/?m=1, dan http://eltelu.blogspot.com/?m=0), Anda akan menemukan bahwa terdapat 3 (tiga) macam model beranda yang berbeda pada blog ini. Akan tetapi bila saat membaca artikel ini dilakukan dengan memakai perangkat seluler, maka setelah Anda membuka URL http://eltelu.blogspot.com sebagai alamat default untuk tampilan beranda desktop, secara otomatis Anda akan dialihkan (di-redirect) ke laman beranda versi seluler dengan URL http://eltelu.blogspot.com/?m=1, sehingga akhirnya model beranda yang akan Anda temukan pun hanya sejumlah 2 (dua) buah yaitu beranda untuk tampilan versi seluler dan beranda alternatif untuk tampilan desktop.

Nah, setelah membaca uraian di atas bisa jadi kemudian Anda akan bertanya tentang  bagaimana cara pembuatannya bukan? Jika ya dan Anda ingin mengetahui kelanjutan dari artikel ini, maka harap bersabar karena uraian lanjutan untuk artikel ini akan kita bahas pada postingan yang berikutnya (dalam hal ini sekaligus melanjutkan pembahasan tentang cara membuat dan mengubah halaman blog menjadi seperti tampilan website profesional).

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 20 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Tahukah Anda Bahwa Blogger Sebenarnya Menyediakan 3 (Tiga) Macam Model Pilihan Beranda Pada Blogspot? .
21/08/13 00.24 O

siip gan.

info nya

21/08/13 07.39 O

@Beni SaputraTerimaasih Sobat. Semoga saja uraian di atas dapat diambil guna dan manfaatnya. :)

21/08/13 14.14 O

Benar brooo... . memang berbeda,, ,terlihat memang tak jauh beda antara tampilan dekstop di ponsel dan dekstop di komputer,, perbedaanyaa jelas terlihat pd Tombol LIKEnya jumlah Like Berbeda di setiap tampilan,, , coba aja perhatikan punya agan jumlah like berbeda di setiap tampilan

22/08/13 05.47 O

Wuih baru tahu saya mas..

visit balik y mas

http://kinoytemplate.blogspot.com/

22/08/13 15.15 O

Wah baru tahu saya,
mas follow balik blogku ya, baru impor blog, yg lama nya mau dihapus.
www.mohwandi.blogspot.com

25/08/13 12.41 O

Nice one bro. Ini adalah tutorial yang baik. kapan V2.0 Anda keluar? Terima kasih

Anonim
26/08/13 14.50 O

Ane malah baru tahu ni sob, makasih ya infonya

27/08/13 08.05 O

gan ku adalah blogger awam,q mohon pencerahannya dong soal cara edit template gan,boleh kan

28/08/13 10.58 O

@Z-mal DhiienzIya Sob, untuk jumlah like tampaknya memang ada perbedaan. Bisa jadi perbedaan tersebut disebabkan karena URL antara yang satu dengan yang lainnya juga berbeda. IMO

28/08/13 10.59 O

@Kinoy TemplatesOke Sobat. Tempo hari saya sudah berkunjung pada blog yang Sobat kelola dan bahkan juga meninggalkan komentar dalam salah satu postingan Sobat kok. :)

28/08/13 11.02 O

@Mohammad WandiOke Sob.

Btw, kenapa tuh blog yang lama kok dihapus Sob? Apa gak mendingan dilakukan optimasi saja agar makin SEO?

28/08/13 11.14 O

@Antonio OmeiheTerimakasih Sobat. Terkait dengan Eltelu Template V2.0, sementara waktu ini saya masih belum punya rencana untuk membagikannya secara publik. :)

28/08/13 11.14 O

@rednguinSama-sama Sobat. Semoga saja pengetahuan baru ini dapat Sobat ambil guna dan manfaatnya. :)

28/08/13 11.22 O

@albeit suryansyahSobat, terkait dengan hal edit template sebenarnya saya rasa tidaklah terlalu sulit apabila kita telah memahami tentang HTML, CSS, dan JavaScript.

Sehingga apabila Sobat ingin melakukan penyuntingan atau bahkan membuat template sendiri, maka sangat disarankan agar Sobat pelajari dan pahami terlebih dulu tentang HTML, CSS, dan juga JavaScript seperti yang saya sebutkan di atas.

Sementara itu untuk mempelajari beberapa hal tersebut, saya rasa banyak sekali ulasan artikel yang dapat dijadikan sebagai referensi yang dapat dengan mudah Sobat temukan dengan cara melakukan penelusuran internet.

Semoga dapat membantu. :)

08/09/13 00.53 O

Nice info pak :)
pak saya mau tny.. sy kan skrng lg coba untuk belajar ttg SEO & saya sangat bingung langkah awal apa yg harus sy ambil.
1. apakah ada perbedaan antara com & blogspot dlm edit HTML ??
2. Apa yg harus sy pelajari dulu sebelum memulai (terlepas dari Dasar SEO & HTML)Bingung memulai dari mana. karena sedari awal sy lgsng memcoba hal2 yang berhubungan dng SEO :(

10/09/13 01.05 O

@NorainSobat, jika platform yang digunakan adalah sama, maka dalam hal edit HTML saya rasa juga sama kok.

Kemudian kalau memang Sobat baru dalam tahap awal menekuni blogging, maka ada baiknya bila Sobat lebih fokus pada posting terlebih dulu (dalam hal ini rajin-rajinlah posting terlebih dulu). Sementara itu untuk masalah SEO, HTML, ataupun CSS saya rasa dapat dipelajari sambil jalan. :)

hmm... klau saya boleh mengira-ngira. Apakah cara untuk membuat hal demikian seperti yang sobat sampaikan, kita harus menggunakan funsi style css dengan mengkombinasikan fungsi if url? maksud saya, kalau untuk versi beranda default tampilan dekstop dan versi mobile kita cukup masukkan cssnya pada tempat biasanya yakni: ]]></b:skin
Sedangkan untuk alternatif ?m=0 baru menggunakan fungsi seperti yg saya sebutkan diatas?

30/09/13 19.31 O

@Agri Ahyar PrasetyaBetul sekali Sob. Salah satu diantara teknik yang digunakan memang seperti itu. Akan tetapi untuk yang seperti ini diperlukan adanya tambahan script tersendiri untuk menampilkan halaman default dan halaman alternatif. :)

18/09/14 15.20 O

Sudah saya coba ketiga perbedaan diataas, tapi kenapa tampilan blog saya tetap sama ya? Apakah itu karna pengaruh dari responsive design?

18/09/14 15.48 O

@Irfan Syahputra Reposponsive atau tidaknya template sebenarnya tidak berpengaruh sama sekali Sob. Hal ini disebabkan karena untuk membuat 3 (tiga) macam model beranda seperti blog ini dilakukan dengan cara memanfaatkan beberapa fungsi yang terdapat pada tag kondisional Blogger.

Nah, selanjutnya dengan memanfaatkan tag kondisional itulah dibuat suatu prosedur khusus yang fungsinya untuk membuat 1 (satu) halaman beranda baru lagi yaitu halaman beranda yang di belakang URL-nya memuat ?m=0

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog