Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

7
Tgl. 09 September 2013

Kiat Meningkatkan Kunjungan Serta Pendapatan Dengan Cara Seperti Layaknya Pedagang Dalam Menarik Minat Pengunjung Dan Pelanggan

Entah disadari atau tidak, bisa jadi ngeblog itu ibaratnya seperti orang berdagang, karena terkadang diantara keduanya memiliki kemiripan m...

Ilustrasi Grafik Penjualan Barang

Entah disadari atau tidak, bisa jadi ngeblog itu ibaratnya seperti orang berdagang, karena terkadang diantara keduanya memiliki kemiripan maksud dan tujuan. Bagaimana tidak? Dalam hal berdagang tentu saja yang menjadi harapan adalah terjadinya peningkatan omzet penjualan yang akhirnya akan berdampak pula pada meningkatnya keuntungan yang didapatkan. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut di atas tentu saja seorang pedagang harus pandai-pandai menarik minat pengunjung untuk membeli barang dagangannya dan kemudian dapat menjadikan pembeli sebagai pelanggan tetapnya.

Demikian pula dengan ngeblog. Sebagai pengelola sebuah blog tentu saja salah satu hal yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan jumlah kunjungan yang secara otomatis akan berdampak pada meningkatnya jumlah penayangan dan akhirnya secara otomatis pula (secara tidak langsung) dapat meningkatkan pendapatan yang diperoleh atas penayangan iklan yang terpasang pada blog yang dimaksud. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut (seperti halnya seorang pedagang) tentu saja pengelola blog juga harus pandai-pandai menarik minat pengunjung agar tertarik untuk membaca setiap ulasan artikel yang diterbitkan dan akhirnya dapat menjadikan mereka sebagai pengunjung serta pelanggan setia dari blog yang dikelola.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut? Menurut hemat saya sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan di atas. Dimana beberapa diantaranya adalah dapat dilakukan dengan mengerjakan atau menjalankan kita-kiat di bawah ini.

 

Pertama, gunakan nama yang unik dan mudah diingat.

Dalam hal berdagang dengan cara berjualan pada sebuah toko misalnya, tidak ada salahnya bila toko tersebut diberi nama yang cukup unik karena dengan cara demikian maka secara tidak langsung akan dapat memberikan kesan tersendiri kepada si pengunjung. Namun demikian walaupun nama yang digunakan cukup unik, tentu saja nama tersebut haruslah mudah diingat sehingga akhirnya tidak menyulitkan pelanggan untuk menemukan kembali toko yang dimaksud.

Demikian pula dengan blog, penggunaan nama yang unik dan mudah diingat pada umumnya juga akan memberikan kesan tersendiri pada pengunjung sehingga akhirnya juga akan mempermudah mereka dalam menemukan kembali blog yang sebelumnya pernah dikunjungi.

 

Kedua, gunakan alamat yang tepat dan strategis.

Kaitannya dengan hal tersebut dapat diartikan sebagai kesesuaian antara alamat dengan nama blog yang digunakan serta konten yang terdapat di dalamnya. Sebagai contoh misalnya apabila pada alamat blog terdapat kata android maka paling tidak pada judul blog yang digunakan juga terdapat kata android. Demikian pula dengan konten yang terdapat di dalamnya pun tentu saja juga harus berisikan artikel yang mengulas serta menyajikan berbagai hal terkait dengan android.

Ibaratnya apabila Anda membuka sebuah toko alat kecantikan, maka sudah tentu barang dagangan yang terdapat di dalamnya haruslah berhubungan dengan alat kecantikan dan bukan malah berisikan barang dagangan lain misalnya berupa alat serta bahan bangunan. Perumpamaan lain untuk hal tersebut misalnya ketika Anda berjualan barang yang berhubungan dengan alat kecantikan, maka sangat tidak mungkin jika hal ini dilakukan di lingkungan pasar hewan karena tentu saja tempat tersebut kurang sesuai jika digunakan untuk menjual alat kecantikan dan akan lebih sesuai jika digunakan untuk berjualan pakan ternak. Sehingga seberapapun banyak alat kecantikan yang dijual, karena tempat yang digunakan untuk berjualan kurang sesuai maka peluang untuk mendapatkan pembeli pun sangatlah tipis.

 

Ketiga, lakukan promosi.

Seperti halnya berdagang, promosi sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan adanya promosi maka sebuah blog dapat lebih cepat diketahui dan dikenal orang. Sehingga dengan demikian maka secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengunjung yang datang.

Coba bayangkan jika Anda membuka sebuah toko namun tidak pernah melakukan promosi sama sekali. Maka dapat dipastikan perkembangan toko Anda akan berjalan lebih lambat jika dibandingkan dengan toko lain yang melakukan promosi terkait dengan toko tersebut.

Nah, kaitannya dengan promosi di sini ada banyak cara yang dapat ditempuh, misalnya saja adalah dengan melakukan promosi melalui jaringan sosial media. Sebagai contoh paling mudah dari hal tersebut yaitu dengan cara membagikan tautan ke Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain sebagainya.

 

Keempat, ciptakan komunikasi aktif yang ramah dengan pengunjung.

Bagaimana perasaan Anda bila masuk sebuah toko dengan tujuan untuk membeli suatu barang, akan tetapi sikap si pemilik toko malah kurang ramah, cuek, atau bahkan mengabaikan kedatangan Anda? Bisa jadi ketika ingin membeli barang yang sama atau serupa di lain hari, Anda tidak akan kembali lagi ke toko itu dan akan lebih memilih untuk mencari barang keperluan yang Anda butuhkan di toko lain. Oleh sebab itulah dalam mengelola sebuah blog juga diperlukan adanya komunikasi aktif dengan pengunjung, sebagai contoh misalnya adalah memberikan respon terhadap setiap komentar yang diposkan oleh pengunjung dengan cara memberikan balasan secara ramah.

 

Kelima, berikan kemudahan dan kenyamanan.

Dengan memberikan berbagai kemudahan kepada pengunjung dalam mencari dan menemukan barang yang diperlukan, maka secara otomatis akan dapat menciptakan sebuah kenyamanan tersendiri sehingga akhirnya pengunjung pun menjadi lebih betah berada di toko Anda untuk menemukan barang yang ingin dibelinya. Demikian pula dengan blog, apabila pengunjung mendapatkan kemudahan dan kenyamanan maka secara otomatis pula mereka juga akan lebih betah dalam mencari, menemukan, dan atau membaca setiap artikel yang ada.

Sebagai contoh dari kemudahan yang dapat diberikan kepada pengunjung blog misalnya adalah dalam bentuk kemudahan akses. Kaitannya dengan hal tersebut perlu diingat bahwasanya tidaklah semua pengunjung yang datang menggunakan perangkat komputer ketika mengakses blog yang Anda kelola. Akan tetapi bisa saja pengunjung yang datang mengakses blog tersebut menggunakan perangkat seluler, sehingga guna memberikan kemudahan akses kepada pengunjung yang kebetulan memakai perangkat mobile maka salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan atau mengaktifkan fitur halaman versi seluler.

Sementara itu terkait dengan kenyamanan yang dapat diberikan kepada pengunjung blog misalnya adalah dengan cara tidak memasang widget yang berlebihan. Perlu diingat bahwa tujuan utama dari pengunjung yang datang pada umumnya adalah untuk mendapatkan informasi dan berita dalam setiap artikel yang diterbitkan dan bukan hanya untuk melihat pernah-pernik widget yang terpasang pada sebuah blog. Oleh sebab itulah dalam hal pemasangan widget cukup dilakukan untuk widget yang benar-benar diperlukan saja sehingga akhirnya tidak mengurangi kenyamanan pengunjung saat membuka dan membaca setiap artikel yang disajikan. Disamping itu tentu saja dengan cara seperti ini juga memberikan keuntungan tersendiri pada blog yang Anda kelola karena pemasangan widget yang tidak berlebihan secara otomatis dapat mempercepat penayangan halaman sehingga semakin banyak pula kemudahan dan kenyaman yang dapat diberikan kepada pengunjung.

Jadi kalau dapat dipermudah, kenapa harus dipersulit?

 

Keenam, sajikan konten yang berkualitas dan bukan musiman.

Seandainya disediakan 2 (dua) buah pilihan sepatu kualitas asli dan tiruan dengan model yang sama, tentu saja Anda akan memilih sepatu dengan kualitas asli bukan? Demikian pula dengan konten yang disajikan dalam setiap artikel sebuah blog,  apabila artikel yang Anda sajikan merupakan artikel yang berkualitas, maka tentu saja pengunjung akan lebih senang membaca artikel yang Anda sajikan daripada membaca artikel lain yang serupa. Sebagai contoh dari artikel yang berkualitas di sini misalnya adalah artikel yang merupakan hasil jerih payah tulisan Anda sendiri dan bukan artikel yang hanya sekadar hasil copy-paste dari situs atau blog yang lain. Kalaupun misalnya artikel itu berisikan konten yang diambil atau merujuk pada artikel situs atau blog lain, maka paling tidak Anda menulisnya ulang sesuai dengan gaya bahasa dan tulisan sendiri, dan akan lebih baik lagi bila Anda menyertakan serta mencantumkan sumber artikel asli sebagai bahan rujukan bagi pengunjung dan pembaca.

Sementara itu maksud dari konten yang bukan musiman di sini adalah konten artikel yang setiap saat tetap diperlukan serta memiliki guna manfaat bagi siapapun. Sebagai contoh misalnya apabila Anda membuat blog yang berisikan konten tentang ucapan selamat, maka jangan hanya diisi dengan artikel tentang ucapan selamat tahun baru saja akan tetapi terbitkanlah pula artikel yang berisikan tentang ucapan selamat untuk keperluan yang lainnya. Jadi, ibarat memiliki sebuah toko plastik, maka jangan hanya digunakan untuk menjual jas hujan saja karena biasanya jas hujan hanya banyak dibutuhkan di saat musim penghujan dan jarang dibutuhkan saat musim kemarau telah datang.

Namun demikian walaupun konten yang Anda sajikan telah memiliki fokus pada topik tertentu dan bukan merupakan konten musiman, akan menjadi lebih baik lagi bila Anda menyajikan konten yang bervariasi. Bervariasi di sini maksudnya tidak monoton pada satu bahasan saja, akan tetapi juga berkaitan dengan bahasan lain yang memiliki topik utama sama. Sebagai contoh untuk menggambarkan hal tersebut misalnya jika Anda memiliki sebuah toko alat tulis, maka jangan hanya dipakai untuk menjual buku atau pensil saja, akan tetapi toko alat tulis tersebut tentu saja juga harus menyediakan alat tulis yang lainnya (selain buku atau pensil). Sama halnya seperti jika Anda memiliki sebuah toko baju dan pakaian, maka tentu saja toko tersebut harus menyediakan berbagai macam jenis baju dan pakaian yang umumnya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak hanya menyediakan baju renang saja, baju tidur saja, dan atau sejenisnya.

 

Ketujuh, jangan terlalu banyak mengambil keuntungan.

Apabila Anda memiliki sebuah toko elektronik dan menjual televisi dengan harga yang lebih tinggi daripada toko elektronik yang lainnya, maka dapat dipastikan lambat namun pasti toko Anda akan menjadi sepi pembeli. Hal ini tentu saja disebabkan karena Anda terlalu banyak mengambil keuntungan dari pengunjung. Padahal bisa jadi setelah itu pengunjung akan membandingkan harga barang dagangan yang Anda jual dengan barang dagangan yang dijual di tempat lain sehingga akhirnya pengunjung lebih memilih untuk berlangganan pada toko yang lain.

Begitu pula dengan ngeblog, ada baiknya jika Anda tidak terlalu banyak mengambil keuntungan (secara tidak langsung) dari pengunjung, misalnya adalah dengan memasang terlalu banyak iklan pada blog yang Anda kelola. Pemasangan terlalu banyak iklan pada sebuah blog, selain dapat membuat pengunjung kapok untuk berkunjung lagi (pengalaman pribadi) dapat pula mengakibatkan tampilan blog yang Anda kelola tampak kurang rapih, sehingga tentu saja hal ini akan berdampak pula pada tingkat kenyamanan yang didapatkan oleh pengunjung saat mengakses blog yang Anda kelola.

 

Kedelapan, dengarkan masukan saran dan pendapat.

Mendengar, memperhatikan, serta mempertimbangkan masukan saran maupun pendapat yang diberikan oleh pelanggan adalah salah satu praktik terbaik untuk melakukan evaluasi demi pembenahan serta peningkatan kualitas dan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh sebab itulah tidak ada salahnya bila toko Anda memiliki sebuah kotak saran yang dapat dipakai untuk menampung setiap masukan yang diberikan oleh pengunjung dan pelanggan.

Demikian pula dalam hal ngeblog, ada baiknya jika Anda juga senantiasa memperhatikan dan mempertimbangkan segala masukan saran maupun pendapat yang disampaikan oleh pengunjung untuk melakukan evaluasi demi peningkatan kualitas dalam segala hal atas blog yang Anda kelola sehingga berimbas pada peningkatan kualitas yang akhirnya dapat menjadikan blog yang Anda kelola semakin baik dan maju.

 

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang beberapa kiat di atas? Apabila Anda setuju dengan kiat yang penulis uraikan di atas maka tidak ada salahnya bila Anda coba untuk mengimplementasikannya. Namun demikian karena uraian di atas merupakan opini yang mengacu pada keterbatasan ilmu, wawasan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis, maka jika ada kiat lain yang dapat dilakukan untuk menarik minat pengunjung dan pelanggan demi peningkatan kunjungan dan pendapatan, Anda dapat menuliskannya dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.

 

Semoga berguna dan bermanfaat.

Salam.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 7 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Kiat Meningkatkan Kunjungan Serta Pendapatan Dengan Cara Seperti Layaknya Pedagang Dalam Menarik Minat Pengunjung Dan Pelanggan .
09/09/13 21.28 O

Pingin rasanya punya blog yang sukses kayak mas. Namun saya mau tanya nih, sebenarnya kalau saya ganti domain dari blospot.com ke domain web.id apa lebih menguntungkan (terutama dalam segi pengunjungnya)? Apa aja ya sob dampaknya? Thanks...

09/09/13 22.20 O

@Indra KrisnadiSobat, terkait dengan pertanyaan tersebut maka apabila ditilik dari segi pengunjung yang datang tentu saja dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya penurunan jumlah kunjungan. Namun demikian hal tersebut pada umumnya haya merupakan dampak jangka pendek. Maksudnya dampak jangka pendek di sini adalah, beberapa waktu setelah Sobat melakukan perubahan domain jumlah atau banyaknya kunjungan memang akan turun, akan tetapi pada akhirnya akan kembali lagi pada kondisi normal sesuai dengan yang sebelumnya.

Ibarat toko, jika sebelumnya Sobat memiliki toko di Jalan A dan kemudian pindah ke lokasi lain di jalan B misalnya, maka secara otomatis jumlah pengunjung, pelanggan, dan atau pembeli yang datang ke toko Sobat tidaklah sebanyak saat toko tersebut masih berada di jalan A. Namun demikian seiring waktu karena pelanggan telah mengetahui bahwa toko Sobat telah berpindah tempat ke jalan B, maka secara otomatis akhirnya pengunjung, pelanggan, dan atau pembeli yang datang ke toko Sobat di jalan B pun akan menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Jadi kesimpulannya kalaupun ada dampak yang ditimbulkan maka biasanya dampak tersebut hanyalah bersifat sementara.

Sekian dan semoga dapat membantu.
CMIIW

10/09/13 10.52 O

@AYAHE MELA Oh... Seperti itu dampaknya. Terimakasih sobat sudah membantu saya. Pinginnya mau diganti cuma dimasa mendatang.

15/09/13 23.19 O

Artikelnya bagus,saya suka. Thx ya atas sarannya. Oiy aq mau nanya ni,cara nya agar blog kita bisa di pasang iklan gimana y gan? Mohon bantuannya :)

16/09/13 02.42 O

@Raza DoankerKalau untuk Blogger sih sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memasang AdSense, Sob. Akan tetapi untuk dapat diterima sebagai publisher AdSense memang dapat dibilang gampang dan dapat pula dibilang cukup susah.

Namun demikian menurut sepengetahan saya banyak juga kok yang melakukan dengan cara memasang iklan bayar per klik (PPC) jenis yang lain. Jadi tergantung bagaimana cara kita me-monetisasi blog yang kita kelola.

Oh ya, btw setelah saya lihat blog yang Sobat kelola, sepertinya juga sudah terpasang sebuah banner iklan gitu loh. :)

15/12/13 11.09 O

Terimakasih sobat atas berbagi ilmu pengetahuannya.

16/12/13 07.47 O

@lulus utamiIya Sob. Terimakasih pula atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini. :)

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog