Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

10
Tgl. 08 Januari 2014

Cara Mudah Untuk Mengetahui Artikel Yang Mendapatkan PageRank Dari Google

PageRank ; Bagi Anda seorang Blogger, tentu sudah tidak asing dengan istilah ini bukan? Merujuk pada referensi dari Wikipedia Bahasa Indones...

PageRank; Bagi Anda seorang Blogger, tentu sudah tidak asing dengan istilah ini bukan? Merujuk pada referensi dari Wikipedia Bahasa Indonesia terkait dengan hal tersebut, dinyatakan bahwa PageRank merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi untuk menentukan situs web mana yang lebih penting atau populer. Dimana sebuah situs akan menjadi semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan tautan yang mengarah ke situs tersebut.

Terdapat banyak cara yang digunakan oleh mesin telusur untuk  menentukan kualitas atau peringkat sebuah halaman web. Mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak lagi teknik lain yang digunakan. Link popularity sebagai sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain seperti Meta Keywords dan  Meta Description bisa saja bisa dicurangi dengan halaman khusus yang di desain untuk search engine. Sehingga dengan algoritma ‘PageRank’, maka dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap halaman web tersebut.

Pada dasarnya PageRank memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity. Akan tetapi PageRank tidak hanya memperhitungkan jumlah link masuk dan link keluar, karena pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki peringkat tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan oleh algoritma PageRank, maka proses terjadi secara berulang dimana sebuah peringkat akan ditentukan oleh peringkat dari halaman web yang peringkatnya ditentukan oleh peringkat halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. [sumber] Sehingga dengan model algoritma yang seperti itu bisa jadi cukup sulit bagi kita untuk mengetahui laman mana saja yang mendapatkan peringkat atau PageRank dari Google, terutama apabila kita telah menerbitkan cukup banyak artikel pada blog yang kita kelola. Oleh sebab itulah PageRank biasanya diasumsikan hanya berlaku untuk halaman beranda web atau blog saja, walaupun sebenarnya PageRank juga berlaku untuk setiap halaman yang ada, termasuk didalamnya adalah halaman posting untuk setiap artikel yang diterbitkan.

Berdasarkan uraian di atas maka yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, jika PageRank juga berlaku untuk setiap halaman web, berarti apabila kita ingin mengetahui halaman atau artikel mana saja yang mendapatkan PageRank caranya bagaimana? Apakah harus dilakukan pengecekan satu per satu? Tentu tidak bukan? Coba bayangkan saja jika Anda memiliki postingan sejumlah 100 (seratus) buah artikel dan kemudian mesti melakukan pengecekan satu per satu terhadap seluruh artikel tersebut. Tentu saja akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengetahui artikel mana saja yang mendapatkan PageRank bukan?

Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui halaman atau artikel mana saja yang kemungkinan mendapatkan peringkat atau PageRank. Dalam hal ini cara yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan data laporan yang disediakan oleh Alat Webmaster Google yang ditampilkan pada bagian ‘Tautan ke situs Anda’ seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Data Laporan Alat Webmaster Tentang Tautan Ke Sebuah Situs

Nah, seperti yang tampak pada gambar di atas dapat dilihat seberapa banyak tautan yang merujuk pada masing-masing halaman. Dimana banyaknya jumlah tautan inilah yang nantinya dapat dijadikan sebagai indikator untuk menentukan apakah halaman tersebut telah mendapatkan peringkat atau tidak. Semakin banyak jumlah tautan yang merujuk pada halaman tertentu, maka dapat diasumsikan bahwa semakin besar pula kemungkinan halaman tersebut telah mendapatkan peringkat atau PageRank.

Sebagai contoh misalnya apabila pada gambar di atas ditunjukkan banyaknya tautan yang merujuk pada halaman beranda blog ini (http://eltelu.blogspot.com) adalah sejumlah 21.206 buah, maka dapat diasumsikan bahwa peringkat yang didapat oleh halaman ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan peringkat yang didapat oleh halaman yang lainnya. Dan asumsi itu pun terbukti karena setelah dilakukan pengecekan peringkat dengan memakai PageRank Checker ternyata peringkat yang didapat untuk halaman ini memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan peringkat halaman artikel yang jumlah tautan rujukannya lebih sedikit.

Lantas bagaimana jika kita ingin mengetahui artikel mana saja yang mendapatkan PageRank? Gunakan saja teknik seperti yang dipakai untuk mengetahui peringkat halaman beranda tadi. Dalam hal ini adalah dengan cara melihat banyaknya jumlah tautan yang merujuk pada artikel tertentu sebagai indikatornya. Sebagai contoh misalnya apabila pada gambar di atas URL artikel yang paling banyak mendapatkan rujukan adalah http://eltelu.blogspot.com/2012/08/ketentuan-dan-kebijakan.html, maka besar kemungkinan artikel dengan URL ini lah yang telah mendapatkan PageRank. Dan ternyata benar, karena ketika dilakukan pengecekan dengan memakai PageRank Checker ternyata artikel tersebut memang telah mendapatkan peringkat, akan tetapi PageRank yang didapat memang lebih rendah bila dibandingkan dengan PageRank yang didapat untuk halaman beranda.

Jadi berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui artikel mana saja yang telah mendapatkan PageRank dapat dilakukan dengan cara melihat jumlah atau banyaknya tautan yang merujuk pada artikel tersebut sebagai indikatornya. Artinya semakin banyak jumlah tautan yang merujuk pada artikel atau halaman tertentu, maka semakin besar pula kemungkinan bahwa artikel atau halaman tersebut telah mendapatkan peringkat atau PageRank dari Google.

Semoga berguna dan bermanfaat
Salam.

Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 10 komentar pada artikel ini ▶
08/01/14 12.13 O

mksh bro infonya, cek punya ku aahhh.....

http://cangciment.blogspot.com/2014/01/cara-gila-meningkatkan-traffic-blog.html

10/01/14 11.53 O

Oh begitu ya, terimakasih nyimak artikelnya lagi belajar tentang page rank itu apa

10/01/14 19.23 O

nice gan

11/01/14 03.40 O

trimakasih artikelnya mas
punya saya mau tek cek dulu

13/01/14 08.44 O

@Agus SupriyonoBukankah pada artikel tersebut juga sudah saya uraikan tentang apa itu PageRank, Sob? :)

13/01/14 08.45 O

@Wuhan To Silakan bila ingin melakukan pengecekan terlebih dulu Sob.

13/01/14 08.46 O

@Sambel PecelSama-sama Sob. Silakan bila ingin melakukan pengecekan peringkat terhadap artikel yang telah Sobat terbitkan.

13/01/14 08.47 O

@bocahmahoYang nice apanya Sob?

18/01/14 20.36 O

melacak kopas haha.. bisa jadi atenatif ya

18/01/14 21.53 O

@Leony LiKalau untuk melacak copas yang mencantumkan sumber sepertinya memang bisa Sob. Akan tetapi untuk melacak copas yang tidak mencantumkan sumber, kalau menggunakan cara ini sepertinya tidak bisa.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog