Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 14 Juni 2014

Fenomena Aneh Dan Unik Yang Terjadi Pada Dunia Blogging Indonesia - Opini

Sebagai seorang pengguna internet, apa yang Anda lakukan ketika ingin mendapatkan informasi tentang hal tertentu yang belum pernah Anda ket...

Ilustrasi Orang Yang Sedang Berpikir Terbalik

Sebagai seorang pengguna internet, apa yang Anda lakukan ketika ingin mendapatkan informasi tentang hal tertentu yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya dari internet? Terkait dengan hal tersebut saya yakin bahwa Anda akan melakukan penelusuran internet memakai search engine untuk menemukan dan mendapatkan informasi yang Anda inginkan. Hal ini disebaban karena cara yang seperti itu biasanya juga digunakan oleh para pengguna internet pada umumnya untuk menemukan dan mendapatkan informasi sesuai dengan yang diinginkannya.

Selanjutnya sebagai seorang blogger, apa yang Anda lakukan ketika ingin meningkatkan traffic atau kunjungan dari para pengguna internet lain ke blog yang Anda kelola? Terkait dengan hal ini saya berasumsi bahwa antara blogger yang satu dengan yang lain bisa saja memiliki dan menggunakan cara yang tidak sama. Dalam hal ini bisa jadi ada yang melakukannya dengan cara memperbanyak posting, saling kunjung antar blog atau biasa juga disebut dengan istilah blog walking, saling comment pada postingan sesama blogger, dan atau bisa jadi ada yang melakukannya dengan cara saling follow.

Blog walking, saling comment, dan atau saling follow; Inilah yang saya maksud sebagai fenomena aneh dan unik yang terjadi pada dunia blogging Indonesia. Saya menyebutnya aneh karena tidak sedikit diantara para blogger yang rajin mengerjakan beberapa hal tersebut, walaupun pada kenyataannya (berdasarkan pengalaman saya) tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan blog yang dikelola. Dan kemudian saya menyebutnya unik karena beberapa hal tersebut sepertinya telah menjadi suatu kegiatan yang berlangsung secara berkelanjutan dan atau terus-menerus yang akhirnya menjadi sebuah fenomena tersendiri dalam dunia blogging.

Tidak dapat dipungkiri bahwa apabila memiliki blog dengan traffic tinggi dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Hal tersebut diantaranya disebabkan karena dengan tingginya traffic maka dapat diasumsikan bahwa semakin banyak pula pengguna internet yang membaca serta mendapatkan manfaat dari tiap artikel yang diterbitkan pada sebuah blog. Oleh sebab itulah tinggi rendahnya traffic dan banyak sedikitnya follower serta komentar yang terdapat pada sebuah blog terkadang dijadikan sebagai tolok ukur untuk menilai keberhasilan dan atau kemajuan sebuah blog.

Namun demikian yang menjadi pertanyaan, apakah tinggi rendahnya traffic dan banyak sedikitnya follower serta komentar yang terdapat pada blog tersebut terjadi karena kegiatan blog walking, saling comment, dan saling follow ataukah terjadi karena sebab yang natural? Apabila hal tersebut terjadi karena kegiatan blog walking, saling comment, dan saling follow, maka menurut hemat saya tingginya traffic dan banyaknya follower serta komentar yang terdapat pada sebuah blog tidak lagi dapat dijadikan sebagai tolok ukur untuk menilai keberhasilan dan atau kemajuan sebuah blog.

Kenapa bisa seperti itu? Hal tersebut disebabkan karena tingginya traffic dan banyaknya follower serta komentar yang terdapat pada sebuah blog yang terjadi karena kegiatan blog walking, saling follow, atau saling comment hanya akan mengakibatkan perkembangan dan atau kemajuan pada blog yang bersifat sementara.

Tidak dapat dipungkiri pula bahwa blog walking, saling comment, atau saling follow merupakan beberapa faktor pendukung penting dalam kegiatan blogging. Akan tetapi beberapa faktor tersebut tidak lebih penting bila dibandingkan dengan salah satu faktor yang lainnya, yaitu blog posting. Lebih kurang seperti itulah kesimpulan yang dapat saya ambil dari beberapa kali survei pada beberapa group blogger yang terdapat di situs jejaring sosial Facebook.

Ada yang berpendapat bahwa blog walking, saling comment, atau saling follow itu penting dengan alasan agar sebuah blog tampak ramai dan kelihatan banyak visitornya. Ada pula yang berpendapat serupa dengan alasan dapat menambah jumlah visitor, dapat menambah teman sesama blogger, serta bisa  digunakan sebagai sumber inspirasi.

Namun demikian ada pula yang berpendapat bahwa blog walking, saling comment, atau saling follow tidaklah penting dengan alasan hanya membuang waktu secara percuma dan tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan serta kemajuan blog yang dikelola. Dan pendapat paling banyak yang menyatakan bahwa hal tersebut tidaklah penting alasannya yaitu karena blog walking, saling comment, atau saling follow sifatnya hanya meramaikan dalam waktu sementara saja.

Kenapa blog walking, saling comment, atau saling follow tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan serta kemajuan sebuah blog? Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu karena blog walking tidak dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Demikian pula halnya dengan kegiatan saling comment, apabila tidak didasari atas kemauan sendiri maka komentar yang diposkan pun umumnya merupakan komentar yang terlalu singkat dan bahkan terkadang komentar yang diposkan malah tidak sesuai dengan topik artikel yang dikomentari.

Sementara itu saling follow yang tidak didasari atas kehendak sendiri dan hanya atas dasar ajakan semata juga berdampak kurang signifikan, karena setelah itu biasanya tidak lagi ada proses yang dilakukan secara berkesinambungan. Padahal ketika seorang blogger mengikuti (mem-follow) blogger yang lainnya dapat diartikan bahwa dia berlangganan dengan blogger yang diikutinya itu. Akan tetapi karena hal tersebut dilakukan hanya atas dasar ajakan, maka bisa saja yang terjadi berikutnya hanyalah kesia-siaan belaka. Sama halnya ketika seseorang diberi kartu langganan oleh sebuah perusahaan transportasi (misal: bus antar kota antar propinsi) yang dapat digunakan untuk mendapatkan tarif perjalanan yang lebih murah, akan tetapi bila pada kenyataannya orang tersebut lebih suka bepergian dengan menggunakan sarana transportasi atau bus lain, maka kartu langganan yang diberikan pun akan menjadi sia-sia.

Dan kenapa pula perkembangan dan atau kemajuan yang didapat pada blog hanya bersifat sementara? Hal tersebut disebabkan karena tidak selamanya seorang blogger dapat melakukan kegiatan blog walking, saling comment, atau saling follow. Ada saatnya suatu ketika seorang blogger mesti memikirkan blog posting untuk memperbanyak konten yang diterbitkan pada blog yang dikelolanya. Yang artinya ketika seorang blogger tidak lagi dapat melakukan kegiatan blog walking, saling comment, atau saling follow, maka secara otomatis yang akan menjadi sumber utama dari traffic blog yang dikelolanya adalah sumber organik atau sumber yang berasal dari hasil penelusuran internet dengan memakai seacrh engine.

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwasanya blog walking, saling comment, atau saling follow memang cukup penting terhadap perkembangan dan atau kemajuan blog. Akan tetapi beberapa hal tersebut tidak lebih penting apabila dibandingkan dengan blog posting, karena dampak yang ditimbulkan dari memperbanyak blog posting lebih signifikan bila dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan blog walking, saling comment, atau saling follow yang hanya bersifat sementara.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Fenomena Aneh Dan Unik Yang Terjadi Pada Dunia Blogging Indonesia - Opini .
21/06/14 09.50 O

Saya setuju dengan kesimpulan di akhir artikel ini. Blogwalking memang penting, tapi ada yg lebih penting lagi, yaitu postingannya.

22/06/14 21.49 O

@Supri Andika Betul sekali Sob. Karena pada akhirnya konten lah yang sangat berpengearuh terhadap perkembangan blog.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog