Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 01 Juni 2014

Mengenal Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Dan Buatan - Prakarya SMP/MTs

Secara umum, produk kerajinan dianggap sebagai produk yang selalu diciptakan secara massal terbuat dari bahan alam dikerjakan dengan alat s...

Foto0839

Secara umum, produk kerajinan dianggap sebagai produk yang selalu diciptakan secara massal terbuat dari bahan alam dikerjakan dengan alat sederhana. Hal tersebut merupakan anggapan yang keliru karena faktanya produk kerajinan tidak selalu dapat diperbanyak karena produk kerajinan juga dapat dibuat secara terbatas dari sisi desain, baik tunggal maupun hanya beberapa saja (limit edition). Ini yang merupakan kemiripan dengan produk seni. Namun demikian perlu diingat bahwa produk kerajinan dibuat dengan teknik dan prosedur yang tepat dan sesuai dengan prinsip ergonomis serta kental dalam memperlihatkan budaya dan kearifan lokal.

Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Artinya Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman species makhluk hidup, hayati dan ekosistem yang ada di daratan dan lautan. Sehingga fakta tersebut menunjukkan Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang tinggi.

Indonesia memiliki tanah yang subur serta letak geografis yang memberikan keuntungan tak terhingga kepada bangsa Indonesia. Tuhan Yang Maha Esa pun telah menganugerahkan kekayaan alam di bumi Indonesia dengan beragam bentuk dan keunikannya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi kita untuk selalu memuji ciptaan Tuhan Yang Maha Besar ini.

Kerajinan merupakan proses pembuatan karya melalui keterampilan tangan, baik secara langsung maupun dengan alat bantu teknologi yang masih terbilang sederhana. Sementara itu kerajinan sendiri dibagi menjadi 2 (dua) macam, yatu kerajinan dari bahan alam dan kerajinan dari bahan buatan.

Produk kerajinan dari bahan alam merupakan segala bentuk kerajinan yang menggunakan bahan alam langsung dari lingkungan/daerah setempat yang dapat dipakai untuk membuat karya. Bahan alam yang digunakan masih asli, belum mengalami olahan yang menggunakan bahan kimia, dan kebanyakan bahan alam diolah secara alamiah. Dalam hal ini sebagai contoh dari bahan alam yang dapat dibuat sebagai produk kerajinan misalnya adalah tanah liat, serat, kayu, bambu, kulit, logam, batu, dan rotan.

Sementara itu produk kerajinan dari bahan buatan merupakan segala bentuk kerajinan dengan bahan yang dibuat dari unsur-unsur bukan alam (sintetis) dan unsur-unsur kimia yang dipadukan menjadi bahan baru dan dapat pula mengandung unsur-unsur alam yang komposisinya sangat sedikit. Secara sepintas, produk hasil dari bahan buatan menyerupai keadaan asli dari benda yang ditirukan. Sebagai contoh dari bahan buatan yang dapat dibuat sebagai produk kerajinan misalnya adalah gips, fiberglass, lilin, sabun, dan plastik.

Sebagai contoh produk kerajinan dari bahan alam maupun produk kerajinan dari bahan buatan, selengkapnya dapat dilihat pada slideshow foto di bawah ini.

--

Sedangkan untuk melihat slideshow foto atau video yang lainnya, silakan klik di sini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog