Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 24 Juni 2020

Ciri-ciri Bunga Teratai / Waterlily / Water-Lily (Nymphaea) sebagai Contoh Tumbuhan Air Tenang

Hai, pernahkah Anda melihat tumbuhan atau tanaman air seperti yang tersemat dalam postingan artikel ini? Menurut Anda, ini tanaman bunga teratai ataukah lotus (bunga seroja)?

Ketahui bahwa tumbuhan atau tanaman air yang memiliki bunga sangat cerah dan cantik ini adalah teratai. 

Merujuk dari berbagai referensi disebutkan bahwa teratai adalah tanaman air yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai waterlily (water-lily). Sementara itu di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman lotus atau yang lebih dikenal dengan nama bunga seroja.

Teratai merupakan tanaman yang tumbuh di permukaan air tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air dan keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa.

Tangkai terdapat di tengah-tengah daun, dan daunnya lebar berbentuk bundar atau oval, yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai.

Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin, sehingga air yang jatuh ke permukaannya tidak membentuk butiran air.


Teratai merupakan tanaman air yang unik, karena teratai yang tumbuh di air yang sangat berlumpur warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.

Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang, dengan diameter antara 5–10 cm. Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies dan tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis di seluruh dunia.
Katagori: