Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

12
Tgl. 20 Oktober 2011

Cara Memasang Tombol ‘Like’ Untuk Halaman Konten Web

Cara paling mudah untuk membuat (memasang) tombol Facebook ‘ Like ’ atau tombol Suka secara otomatis pada tiap postingan blog seperti pa...

Ilustrasi Tombol Like
Cara paling mudah untuk membuat (memasang) tombol Facebook ‘Like’ atau tombol Suka secara otomatis pada tiap postingan blog seperti pada postingan blog ini adalah dengan memasang kode di bawah ini pada Script HTML dari template blog yang kita gunakan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke akun blogger Anda.
  2. Klik ‘Rancangan’ kemudian ‘Edit HTML’ dan jangan lupa checklist ‘Expand Template Widget’.
  3. Cari kode <data:post.body/>
  4. Letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode <data:post.body/> (bila ingin menempatkan tombol ‘like’ atau tombol suka di atas tiap postingan blog), atau letakkan tepat di bawah kode <data:post.body/> bila ingin menempatkan tombol ‘like’ atau tombol suka di bawah tiap postingan blog).
<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=dark&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:450px; height:24px;'/><br/>

Dengan memasang kode di atas, maka akan menghasilkan sebuah tombol 'like' yang menampilkan beberapa nama pengguna Facebook beserta jumlah pengguna lainnya yang menyukai atau telah mengeklik tombol 'like' atau tombol suka.

Sedangkan bila ingin membuat tombol 'like' yang hanya akan menampilkan jumlah pengguna Facebook yang telah mengeklik tombol tersebut, maka dapat dilakukan dengan cara mengganti kode layout=standard dengan kode layout=button_count yang akan menampilkan jumlah pengguna Facebook yang menyukai di sebelah kanan tombol.

Namun kode tersebut dapat pula diganti dengan kode layout=box_count  yang akan menghasilkan sebuah kotak berbentuk balon di atas tombol 'like' yang digunakan untuk menampilkan jumlah pengguna Facebook yang menyukainya.

Dan perlu diketahui bahwa sebenarnya tombol 'like' dapat pula dipasang pada template blog untuk versi seluler. Dimana untuk memasang tombol 'like' pada template blog versi seluler dapat dilakukan dengan cara seperti halnya pada pembuatan daftar artikel terkait pada template seluler blogspot, yang dapat di lihat di sini.

UPDATE pada Senin, 26 Maret 2012:
Jika di halaman blog yang Anda kelola terdapat fungsi ‘Read more »’ atau ‘Baca selengkapnya »’ dan kemudian Anda memasang tombol like untuk dimunculkan di bawah setiap artikel, maka bisa jadi tombol like akan ditampilkan di atas ‘Read more »’ atau ‘Baca selengkapnya »’ dan demikian pula sebaliknya. Sehingga untuk mengatasi hal yang seperti ini, silakan buka artikel dengan judul "Kenapa 'Read More' Letaknya Malah Di Sini?"


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 12 komentar pada artikel ini ▶

aku coba om

mantabs gan

infonya jelas, sy coba langsung bisa. Tengkyu infonya

22/12/12 04.29 O

SMK Pemkab Ponorogo: Silakan bila Sobat ingin mencoba untuk menerapkannya. :)

22/12/12 04.54 O

@Heruka Khairul AmirinTerimakasih Sobat :)

22/12/12 04.55 O

@Tri PudjiSama-sama Sobat. :)

27/12/12 14.12 O

kunjungan balik dari sarangtekno.com
btw infonya bgus gan

Anonim
28/12/12 00.18 O

kalau saya hanya ngandalin tombol like bawaan dari template sob,biar ngga nambahin bersat loading blog saya...

28/12/12 23.07 O

@Sandy ParmaTerimakasih Sobat. :)

28/12/12 23.58 O

@darmanto.comYap... Silakan. :)

08/02/13 09.07 O

saya kok belum ngeh2 ya, itu apa ngeditnya di draf trus HTML itu? maaf nih pemula banget. tks

08/02/13 09.29 O

@emeyliaJadi begini Sobat, karena Blogger telah memiliki dan menggunakan antarmuka baru, maka yang dimaksud di atas adalah dengan cara mmbuka editor template terlebih dulu.

Dimana dalam antarmuka baru, untuk membuka editor template dapat dilakukan dengan cara mengeklik menu 'Template' dan kemudian kli 'Edit HTML'.

Kurang lebih demikian dan semoga dapat membantu. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog