Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 23 Maret 2012

Cara Membuat Judul Artikel Blog Yang Paling Efektif

Bila dikaitkan dengan masalah SEO, maka seorang Blogger tidak akan sembarangan dalam memberikan judul untuk artikel yang akan diterbitkan...

Ilustrasi Judul Artikel Blog
Bila dikaitkan dengan masalah SEO, maka seorang Blogger tidak akan sembarangan dalam memberikan judul untuk artikel yang akan diterbitkan. Ini disebabkan karena judul artikel merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap SERP (Search Engine Result Page). Posisi sebuah blog dalam SERP berpengaruh sangat besar, karena hal tersebut akan berdampak terhadap traffic kunjungan pada blog yang dimaksud.

Lantas apa kaitannya antara judul artikel dengan SEO dan SERP? Perlu diketahui bahwa ketika kita melakukan pencarian pada search engine dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu, maka kata kunci tersebut akan dicocokkan dengan kata yang terdapat dalam indeks search engine tersebut. Dan kata yang merupakan judul artikel adalah salah satu bagian yang diprioritaskan dalam pencocokan tersebut, selain kata atau kalimat yang terdapat di dalam konten artikel yang dimaksud.

Jadi, semakin ada kecocokan antara kata kunci (keyword) dengan judul artikel yang diterbitkan, maka semakin besar pula peluang sebuah blog ditampilkan di halaman pertama dalam halaman hasil mesin pencari. Sehingga bila sebuah blog dapat ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian, maka akan semakin besar pula peluang untuk dibuka dan dikunjungi. Ini dapat dibuktikan seperti halnya saat kita melakukan pencarian dalam search engine. Ketika kita melakukan pencarian dalam search engine dengan memakai kata kunci tertentu, maka dapat dipastikan bahwa kita terlebih dulu akan mencermati dan membuka yang ditampilkan di halaman pertama. Dan sangat tidak mungkin kita langsung melompat ke halaman sepuluh atau halaman berikutnya.

Dan selanjutnya terkait dengan cara membuat judul untuk artikel blog yang akan diterbitkan, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan layanan Google Suggest atau Google Autocomplete. Dengan menggunakan layanan Google Suggest atau Google Autocomplete inilah yang nantinya kita manfaatkan untuk mencari dan mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari dan atau paling banyak digunakan oleh pengguna lain terkait dengan artikel yang akan kita terbitkan.

Google Suggest atau Google Autocomplete adalah sebuah fasilitas yang akan memprediksikan dan menampilkan pencarian berdasarkan pencarian pengguna lain. Sehingga saat kita mengetik kata kunci (keyword), maka Google akan menampilkan alternatif sesuai dengan kata yang paling banyak digunakan oleh pengguna lain dan mungkin mirip dengan kata kunci yang kita ketikkan. Sebagai contoh misalnya adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Keyword Satu Kata
Screenshot: google.co.id

Seperti yang tampak pada gambar di atas dapat dilihat bahwa ketika diketikkan kata kunci (keyword) ‘cara’, maka secara otomatis mesin pencari akan menampilkan alternatif yang terkait dengan kata kunci tersebut. Dan selanjutnya atas dasar beberapa alternatif yang ditampilkan inilah yang nantinya kita manfaatkan untuk menentukan dan membuat judul artikel yang akan diterbitkan, karena bukan tidak mungkin pengguna akan memilih salah satu dari kata kunci yang ditampilkan tersebut untuk melakukan pencarian.

Namun karena judul artikel tidak mungkin hanya menggunakan satu kata saja, maka selanjutnya kita pilih salah satu dari alternatif yang ditampilkan tersebut sebagai kata kunci untuk ditambahkan sebagai judul artikel. Tentunya kata yang dipilih adalah kata yang sekiranya cocok dengan artikel yang akan kita terbitkan, misalnya adalah kata ‘membuat’. Sehingga secara otomatis mesin pencari pun akan menampilkan beberapa alternatif kata kunci baru yang paling banyak digunakan pengguna lain terkait dengan ‘cara membuat’, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.Ilustrasi Keyword Dua Kata
Screenshot: google.co.id
Sampai pada proses ini berarti kita telah mendapatkan dua buah kata yang paling sering diketikkan oleh pengguna lain untuk kita jadikan sebagai judul artikel, yaitu kata ‘cara membuat’. Dan selanjutnya kita tinggal menentukan kata berikutnya untuk judul artikel, yang kira-kira ada kaitannya dengan kata kunci alternatif munculan mesin pencari tersebut. Sebagai contoh misalnya konten yang terdapat dalam artikel ada kaitannya dengan blogging, maka kita dapat menambahkan kata ‘blog’ seperti yang tampak pada gambar di atas sebagai salah satu kata untuk judul artikel yang akan diterbitkan. Sehingga akhirnya kita telah mendapatkan tiga buah kata untuk dijadikan sebagai judul artikel, yaitu ‘cara membuat blog’.

Namun bagaimana bila artikel yang akan diterbitkan sama sekali tidak membahas atau menguraikan materi sesuai dengan kata kunci yang telah didapatkan? Misalnya begini, konten artikel tidak ada kaitannya dengan ‘cara membuat blog’, namun masih ada hubungannya dengan ‘cara membuat sesuatu dalam blog’, maka kita dapat menggunakan topik yang dibahas dalam artikel tersebut sebagai kata kunci, dan begitu seterusnya sampai akhirnya kita mendapatkan sebuah kalimat yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang paling banyak dipakai oleh pengguna lain. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Keyword Tiga Kata
Screenshot: google.co.id

Sehingga dengan cara tersebut diharapkan dapat meningkatkan posisi sebuah blog dalam SERP (Search Engine Result Page). Dan dengan meningkatnya posisi blog dalam SERP berarti dapat pula meningkatkan traffic kunjungan pada blog yang dimaksud. Namun demikian semuanya tetap akan kembali pada diri kita masing-masing. Bila kita mempertimbangkan SEO, maka tidak ada salahnya untuk mencoba teknik tersebut. Akan tetapi bila kita mempertimbangkan keunikan artikel, maka akan lebih baik bila membuat judul yang benar-benar berbeda dengan yang lainnya untuk artikel yang akan diterbitkan.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
27/08/13 20.57 O

menurut saya tow, judul artikel tidak terlalu berepengaruh dengan pencarian google, karena google sekarang menerapkan robit txt yang berkaitan dengan meta tag. kita bisa asumsikan bahwa orang akan mencari kata kunci sesuai dengan apa yang sedang dipikirkan, nah kata kunci yang ditulis ini, akan ditelusur oleh robot tadi, jika ada yang sama akan dimunculkan..
mbuh asline piye saya kurang dong wong saya dolanan blog cuma iseng buat kutak katik koding, makane blog saya ora payu...ini hanya pendapat saya Ayahe Mela salam..

29/08/13 00.08 O

@Dony JrBisa jadi juga seperti itu Sob. Namun demikian kalau menurut pengalaman saya sih penggunaan judul artikel yang tepat dapat memperbesar potensi meningkatnya jumlah kunjungan karena prioritas hasil penelusuran yang ditampilkan pada SERP adalah dimulai dari judul, kemudian dilanjut pada konten artikel, dan yang berikutnya lagi didasarkan pada konten komentar.

Wehh, blog-e sampeyan kih ora kok ora payu lho Kang. Tapi kira-kira tarahe wae durung payu ngono lho. Jajal to, lek artikel-e soyo akeh ngko lak soyo rame. lha wong blog-ku iki wae naliko sik anyaran yo sepi banget kok. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog