Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

8
Tgl. 22 Maret 2012

Cara Memasang Custom Google Translate Widget Pada Bilah Menu Blog

Sobat Blogger, dalam posting artikel kali ini saya akan menguraikan tentang cara memasang perangkat penerjemah Google ke dalam blog yang ...

Ilustrasi Terjemahkan Bahasa
Sobat Blogger, dalam posting artikel kali ini saya akan menguraikan tentang cara memasang perangkat penerjemah Google ke dalam blog yang kita kelola. Namun perangkat penerjemah atau Google Translate Widget yang dimaksud di sini bukanlah perangkat penerjemah yang biasa ditambahkan dari setelan tata letak atau layout blog, melainkan Custom Google Translate Widget yang akan diletakkan pada bilah menu blog.

Seperti yang kita tahu bahwa ketika kita menerbitkan artikel dengan menggunakan bahasa tertentu, maka belum tentu semua pengunjung blog mengerti dan memahami bahasa yang kita gunakan dalam artikel tersebut. Hal ini disebabkan karena begitu artikel diterbitkan, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses artikel yang kita terbitkan. Dan bisa jadi pengguna internet yang membuka serta membaca artikel yang kita terbitkan tersebut berasal dari negara lain yang belum mengerti dan memahami sama sekali dengan bahasa yang kita gunakan.

Ada beberapa browser yang mendukung penerjemahan bahasa secara otomatis ketika artikel yang dibuka berisikan konten dalam bahasa yang berbeda dengan bahasa yang digunakan pengunjung blog saat itu. Namun beberapa browser yang lain yang tidak memiliki fitur tersebut tidak akan menerjemahkan bahasa secara otomatis sehingga konten artikel tetap akan ditampilkan dalam bahasa yang digunakan pada artikel tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, maka tidak ada salahnya bila kita memasang perangkat penerjemah di halaman blog yang kita kelola, sehingga bila artikel kita dibuka dengan menggunakan browser yang tidak memiliki fitur terjemahan otomatis, maka pengunjung dapat dengan mudah menerjemahkan konten artikel dengan memanfaatkan perangkat penerjemah yang terpasang.

Dan selanjutnya, terkait dengan cara memasang Custom Google Translate Widget pada bilah menu blog yang kita kelola, langkah-langkahnya adalah seperti dalam uraian di bawah ini.
  1. Login ke akun Blogger Anda.
  2. Pada ‘Dasbor Blogger’ klik nama blog Anda dan kemudian klik menu ‘Template’.
  3. Klik tombol ‘Edit HTML’ kemudian klik tombol ‘Lanjutkan’.
  4. Centang pilihan ‘Expand Template Widget’.
  5. Cari kode <li><a expr:href='data:link.href'><data:link.title/></a></li> dan bila sudah ketemu maka perhatikan bahwa di bawah kode tersebut terdapat kode </b:if> dan </b:loop>. Yang selanjutnya tepat di bawah kode </b:loop> sisipkan kode di bawah ini.
    <div class='alt2' style='border: 0px inset; padding-bottom: 3px; padding-left: 3px; padding-right: 16px; padding-top: 3px; text-align: right;'><div id='google_translate_element'/><script>function googleTranslateElementInit() {  new google.translate.TranslateElement({    pageLanguage: &#39;id&#39;,    layout: google.translate.TranslateElement.InlineLayout.SIMPLE  }, &#39;google_translate_element&#39;);}</script><script src='//translate.google.com/translate_a/element.js?cb=googleTranslateElementInit'/></div>
  6. Simpan template.

Dengan demikian maka setelah template disimpan dan blog ditampilkan, pada bilah menu blog yang kita kelola akan dimunculkan Custom Google Translate Widget yang terletak di bagian kanan bilah menu blog, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Google Translate Widget

Bila Anda ingin melakukan kustomisasi pada model Google Translate Widget yang akan digunakan, maka silakan buka http://translate.google.com/translate_tools untuk mendapatkan kode widget sesuai dengan kustomisasi yang diinginkan. Karena perlu diketahui bahwa widget tersebut tidak hanya dapat diletakkan sebaris dengan konten, namun dapat pula diterapkan dalam bentuk tab mengambang di sisi halaman blog. Yang tentunya bila widget tersebut ditampilkan dalam bentuk tab mengambang, maka cara yang digunakan pun akan berbeda pula.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 8 komentar pada artikel ini ▶
06/06/12 07.58 O

artikelnya bermanfaat banget! tapi bisa nanya nggak? gimana caranya buat ngehilangin tulisan 'diberdayakan oleh Google terjemahan' yg ada dibawah tab translatenya seperti milik agan? :)

Anonim
06/06/12 08.47 O

@Simon ChildSetelah Sobat membuka http://translate.google.com/translate_tools, maka pada Step 3 klik + Show optional settings. Kemudian untuk Display mode pilih Inline, dan untuk pilihan di bawahnya gunakan pilihan Dropdown only.

gan ane sudah coba masukin terjemahan googel,tp kok letaknya dibawah postingan....mohon saran ane newbie nie....http://pinjamanuangexpress.blogspot.com

15/08/12 23.38 O

@Dodi HendrawanSaya rasa apabila Sobat langkah-langkahnya secara berurutan, maka hasilnya adalah sesuai dengan yang diharapkan (yaitu seperti yang tampak pada bilah menu blog ini).

Namun setelah tadi saya cek langsung pada blog tersebut, sepertinya Sobat malah belum dan atau tidak mengimplementasikannya sama sekali. :)

18/08/12 01.25 O

sudah saya buka situs webnya ternyata cuma beda sedikit saja cara meletakkannya. trima kasih sobat sudah membantu dalam hal ini. salam

25/08/12 02.57 O

@Kraeng FranciscoYap... begitulah Sob. Maksud dari teknik ini hanyalah menempatkan custom widget di luar area sidebar seperti pada umumnya. :)

24/09/12 10.32 O

Artikelnya sangat bagus sekali, sangat menarik dan minta maaf sebelumnya karena beberapa artikelnya saya contohin tanpa didahului izin kopas, coba saya terapkan ternyata saya berhasil merubah penampilan blog saya.
Dengan adanya artikel eltelu saya dapatkan pengetahuan yang cukup membantu sebagai pemula. terima kasih

24/09/12 12.46 O

@Darwis SulaimanTerimakasih Sobat. Saya turut gembira apabila ternyata artikel yang saya terbitkan dapat diambil guna dan manfaatnya.

Dan memang demikianlah harapan saya. Karena menurut saya lebih baik berbagi ilmu serta pengetahuan yang kita miliki dengan orang lain daripada ilmu serta pengetahuan yang dimiliki tersebut hanya disimpan untuk diri sendiri. Lagipula ilmu yang kita tidak akan pernah habis walau dibagikan kepada orang lain sekalipun.

Salam. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog