Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

6
Tgl. 26 Maret 2012

Kilau Bintang Keemasan Pembawa Keberuntungan

Bila Anda melakukan penelusuran situs dengan menggunakan mesin telusur Google, bisa jadi terkadang dalam SERP ( Search Engine Result Page...

Ilustrasi Rich Snippets
Bila Anda melakukan penelusuran situs dengan menggunakan mesin telusur Google, bisa jadi terkadang dalam SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil penelusuran akan ditampilkan beberapa hasil penelusuran dengan gambar bintang berwarna keemasan di bawah tautan. Dimana yang demikian ini disebut sebagai Rich Snippets.

Pada dasarnya Rich Snippets dirancang untuk memberikan arti bagi pengguna tentang apa yang ada di halaman yang dimaksud serta menunjukkan bahwa itu relevan dengan permintaan mereka. Fungsi lain dari Rich Snippets adalah membantu Google dalam mengenali beberapa jenis data dalam membuat detail informasi yang ditujukan untuk membantu pengguna internet yang melakukan penelusuran dengan permintaan khusus.

Fungsi kegunaan lain dari Rich Snippets bila diterapkan pada halaman blog yang kita kelola salah satunya adalah, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan traffic kunjungan yang bersumber dari penelusuran situs. Lantas bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? Jadi begini, dengan menambahkan markup HTML khusus pada halaman blog, maka dalam SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil penelusuran, tautan yang mengarah pada blog yang kita kelola akan ditampilkan dengan gambar bintang keemasan di bawahnya. Dan sebagai contoh, perhatikan gambar di bawah ini.
Ilustrasi Rich Snippets Dalam SERP
Screenshot: google.co.id
Dengan ditampilkannya gambar bintang berwarna keemasan di bawah tautan yang mengarah pada blog kita, maka secara otomatis tautan tersebut akan terlihat lebih dominan bila dibandingkan dengan tautan lain yang ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page). Sehingga hal ini secara tidak langsung akan dapat mempengaruhi pengguna lebih memilih dan mengeklik tautan tersebut untuk dibuka.

Lantas bagaimana caranya agar halaman blog yang kita kelola dapat ditampilkan dengan kilau bintang di bawah tautan bila dilakukan penelusuran situs? Agar dalam SERP (Search Engine Result Page) ditampilkan kilau bintang di bawah tautan yang mengarah pada halaman blog yang kita kelola, maka seperti yang telah saya uraikan di atas, dapat dilakukan dengan menyisipkan kode HTML khusus dalam template blog yang digunakan. Sementara itu untuk kode HTML yang digunakan dalam pembuatan Rich Snippets tersebut dapat Anda lihat di halaman Google Webmaster Tools, dalam hal ini adalah dengan membuka tautan di bawah ini.
http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=99170&topic=21997&ctx=topic

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemasangan dan penggunaan Rich Snippets di halaman blog tidak hanya semata-mata digunakan untuk menjadikan tautan yang ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page) tampil beda dengan tautan yang lainnya. Akan tetapi secara tidak langsung juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic kunjungan pada blog yang kita kelola.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 6 komentar pada artikel ini ▶
27/03/12 22.33 O

thanks kunjungannya, mengenai artikel ini apakah mempengaruhi urutan di search engine kita, atau cuman lebih menarik dilihat oleh si pencari saja...

boleh balik kunjung ke http://indo-bintang.blogspot.com/

28/03/12 09.33 O

makasih infonya.
satu lagi, selamat buat GA nya pak :)

29/03/12 01.16 O

@salamWalau mungkin tidak begitu berpengaruh terhadap urutan dalam SERP, namun seperti yang telah saya uraikan di atas bahwasanya tautan tersebut akan terlihat lebih dominan bila dibandingkan dengan tautan lain, sehingga hal ini secara tidak langsung akan dapat mempengaruhi pengguna untuk lebih memilih dan mengekliknya.

29/03/12 01.20 O

@ayahe fiahe heee... terimakasih.

tapi sebenarnya belum sepenuhnya diterima kok, karena masih dalam tahap review :)

bingung mas.. buka link nya.. ko adanya video... jadi gimana langkah kerjanya ya

05/12/12 11.11 O

@Asih Budi AriyantiAgar tidak bingun, coba Sobat pelajari langkah-langkah yang disajikan di sana. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog