Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

3
Tgl. 23 April 2012

Trik Membuka Halaman Situs Dengan Sambungan Internet Bandwidth Rendah

Bagi Anda yang memakai sambungan internet dengan bandwidth tinggi, bisa jadi tak akan menjadi suatu masalah ketika membuka halaman situs d...

Low Bandwidth
Bagi Anda yang memakai sambungan internet dengan bandwidth tinggi, bisa jadi tak akan menjadi suatu masalah ketika membuka halaman situs dengan ukuran halaman yang besar. Dan bahkan untuk keperluan video streaming pun koneksi akan terasa tetap lancar tanpa adanya kendala apa pun dengan sambungan yang digunakan. Hal ini disebabkan karena dengan dipakainya bandwith yang tinggi, maka secara otomatis aliran data akan semakin cepat pula. Namun apa jadinya bila sambungan internet yang dipakai adalah sambungan dengan bandwidth yang rendah? Tentu saja akibatnya akan berbanding terbalik dengan pemakaian sambungan bandwidth tinggi.

Salah satu akibat dari penggunaan sambungan internet dengan bandwidth rendah dalam melakukan kegiatan browsing atau membuka halaman situs tertentu, yang sangat terasa dampaknya adalah pada penayangan atau loading sebuah halaman. Aliran data yang rendah akan mengakibatkan penayangan halaman sebuah situs menjadi lambat dan bahkan terkadang terputus sebelum halaman yang dimaksud dapat ditayangkan. Pengalaman seperti inilah yang seringkali saya dapatkan ketika sedang menggunakan internet untuk mencari informasi pada suatu situs tertentu. Dan bahkan suatu ketika pernah terjadi saat saya membuka halaman sebuah blog, halaman yang saya buka baru dapat ditayangkan sepenuhnya setelah menunggu sampai 10 (sepuluh) menit lebih. Sehingga tentu saja hal yang seperti ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat menyedihkan. Kenapa saya katakan demikian? Karena untuk membuka sebuah halaman saya memerlukan waktu yang sedemikian lama, lantas apa jadinya bila saya ingin membuka beberapa halaman yang berbeda. Tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama bukan?

Atas dasar pengalaman yang seperti inilah, akhirnya saya berinisiatif untuk mensiasatinya dengan cara membuka halaman versi mobile untuk setiap situs yang saya maksud, sehingga penayangan setiap halaman tetap terasa lancar walaupun menggunakan sambungan internet dengan bandwidth yang rendah. Jadi begini, perlu diketahui bahwa hampir setiap situs memiliki beberapa versi untuk halaman yang terdapat pada situs tersebut. Sebagai contoh yang paling mudah misalnya adalah halaman yang terdapat dalam Blogspot. Seperti yang kita ketahui bahwa halaman blogspot memiliki 2 (dua) versi, yaitu versi web dan versi seluler atau mobile. Versi halaman web ditujukan khusus untuk pengguna yang membuka halaman tersebut dengan memakai perangkat komputer, sedangkan versi halaman seluler ditujukan khusus untuk ditampilkan kepada pengguna yang membuka halaman tersebut dengan memakai perangkat mobile.

Karena perangkat mobile memiliki banyak keterbatasan bila dibandingkan dengan perangkat komputer, maka halaman yang ditampilkan pun lebih ringkas bila dibandingkan dengan halaman versi web yang ditampilkan dalam browser pada sebuah komputer. Tentu saja salah satu tujuan dan alasannya adalah agar penayangan atau loading halaman menjadi lebih ringan bila dibuka memakai perangkat seluler dengan segala keterbatasannya. Nah, versi halaman situs seluler inilah yang kita manfaatkan ketika mengakses internet dengan menggunakan sambungan bandwidth rendah. Dengan membuka halaman situs versi seluler, maka secara otomatis ukuran halaman lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran halaman versi web. Hal tersebut disebabkan karena pada halaman versi seluler biasanya tidak sedikit elemen atau widget yang tidak dimunculkan seperti halnya bila membuka halaman versi web dari situs yang dimaksud.

Namun perlu diketahui pula bahwa versi seluler untuk situs web sangatlah beragam. Sehingga untuk membuka sebuah situs dalam tampilan seluler, tentu saja terlebih dulu kita harus mengetahui URL untuk halaman seluler dari situs yang dimaksud. Dimana dari berbagai macam URL untuk situs seluler, beberapa diantaranya yang umum digunakan adalah URL tersebut diawali dengan sub domain m. dan wap. yang memandakan bahwa URL tersebut merupakan URL untuk halaman situs versi mobile atau WAP.  Dan beberapa diantaranya ada yang diawali dengan touch. yang menandakan bahwa URL tersebut dikhususnya untuk perangkat layar sentuh. Sebagai contoh misalnya: m.namadomain.com; wap.namadomain.com; touch.namadomain.com; dan lain sebagainya. Sedangkan untuk halaman Blogspot, di belakang URL dapat ditambahkan ?m=1 untuk membuka halaman yang dimaksud dalam tampilan seluler. Sebagai contoh misalnya eltelu.blogspot.com?m=1.

Nah, dengan cara demikian maka kita dapat mengakses halaman suatu situs dengan cukup mudah walaupun sambungan internet yang kita gunakan memiliki bandwidth yang rendah. Penayangan halaman tidak lagi menjadi suatu masalah, karena ukuran halaman versi seluler yang lebih kecil maka loading halaman tetap lancar walaupun bandwidth yang digunakan rendah. Dan inilah salah satu alasan bagi saya dalam mencantumkan menu ‘Bandwidth Rendah? Klik Sini’, pada menu halaman blog ini. Hal ini saya maksudkan guna memberi kemudahan bagi pengunjung yang menggunakan sambungan internet dengan bandwidth rendah dalam mengakses blog ini, untuk menggunakan fitur tampilan halaman versi seluler yang disediakan oleh Blogger.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 3 komentar pada artikel ini ▶
26/04/12, 17.22 O

Blognya sudah di follow ya sama saya...
silahkan follow kedua blog yang saya miliki...

Anonim
20/06/13, 17.17 O

Memang efektif si membuka mobile version dari sebuah web. Tapi sekarang sudah jamannya smartphone, jadi Responsive Web Design adalah jawabannya. :D

20/06/13, 17.32 O

@Jefry DewanggaSepertinya Sobat belum mengetahui bagaimana desain blog ini yang sebenarnya.

Coba deh Sobat buka link berikut ini untuk melihat tampilan blog ini jika dibuka dengan memakai smartphone, tablet pc, atau sejenisnya.

Ini untuk melihat tampilan versi web.
-----------------

http://responsinator.com/?url=http://eltelu.blogspot.com

Sedangkan yang ini untuk melihat tampilan versi seluler.
-----------------

http://responsinator.com/?url=http://eltelu.blogspot.com/?m=1

Selamat mencoba ya Sob. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog