Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

7
Tgl. 24 April 2012

Google Plus Sebagai Media Untuk Meningkatkan Posisi Blog Dalam SERP

Google Plus sebagai salah satu produk layanan gratis yang disediakan oleh Google, tanpa disadari ternyata memberikan kontribusi yang cukup...

Ilustrasi Penayangan Halaman
Google Plus sebagai salah satu produk layanan gratis yang disediakan oleh Google, tanpa disadari ternyata memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap SEO (Search Engine Optimization), yang diantaranya adalah dapat memperkuat posisi sebuah situs atau blog dalam SERP (Search Engine Result Page). Namun bisa jadi masih banyak diantara kita yang belum mengetahui tentang hal ini. Nah, lantas apa hubungannya Google Plus dengan SEO dan SERP? Dan bagaimana pula Google Plus dapat memperkuat posisi sebuah situs atau blog dalam SERP?

Jadi begini, Google Plus sebagai sebuah media jejaring sosial yang secara prinsip dapat dimanfaatkan untuk saling terhubung dan berinteraksi serta berbagi informasi dengan sesama teman yang ada dalam lingkaran pertemanan, dapat pula kita manfaatkan untuk berbagai hal yang terkait dengan sebuah blog, misalnya adalah untuk mendapatkan backlink. Dimana untuk mendapatkan backlink dari Google Plus caranya sangatlah mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah mengeposkan tautan artikel yang sebelumnya telah diterbitkan pada sebuah blog ke halaman atau profil Google Plus kita. Dan perlu diketahui bahwa backlink dari Google Plus merupakan backlink yang berkualitas dan bersifat auto approve. Sehingga bila kita mengeposkan sebuah tautan,maka tautan tersebut pada akhirnya secara otomatis akan menjadi sebuah backlink untuk blog yang kita kelola. Sebagai contoh misalnya adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Tautan dari Google Plus
Screenshot: https://www.google.com/webmasters/tools/external-links-domain-and-page

Dalam hal mengeposkan tautan artikel yang diterbitkan pada blog yang kita kelola ke Google Plus caranya tidaklah susah, karena Blogger telah memberikan fasilitas yang secara otomatis akan menampilkan opsi pengeposan tautan ke Google Plus tiap kali kita selesai menerbitkan suatu artikel. Namun bila setelan untuk pengiriman tautan secara otomatis ini telah kita nonaktifkan, maka suatu saat kita masih dapat mengirim tautan atas artikel yang telah diterbitkan ke Google Plus dengan cara yang relatif mudah, yaitu dengan memakai fitur pengiriman tautan secara manual, dalam hal ini adalah dengan menggunakan menu ‘Berbagi’ yang terdapat di bawah setiap judul artikel yang diterbitkan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Menu Berbagi Pada Blogger
Screenshot: http://www.blogger.com

Dan berikutnya, selain dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink berkualitas, Google Plus juga dapat dimanfaatkan sebagai umpan untuk menjaring pengunjung. Dengan mengirim tautan atas artikel yang kita terbitkan ke Google Plus, maka secara tidak langsung akan dapat menarik minat teman dalam lingkaran pertemanan kita untuk membukanya. Namun bisa jadi diantara kita yang yang berpikir begini, “Saya memang memiliki akun Google Plus, tapi tidak ada seorang teman pun dalam lingkaran pertemanan saya. Lantas untuk siapa saya mengirimkan tautan atas setiap artikel yang saya terbitkan bila pada akhirnya tidak ada seorang pun yang melihatnya?

Nah, jangan terburu-buru berpikiran dan mengambil kesimpulan seperti dalam ungkapan di atas, karena anggapan dalam ungkapan tersebut sebenarnya merupakan sebuah anggapan yang keliru. Perlu kita ingat bahwa media jejaring sosial seperti Google Plus menyediakan pengaturan privasi untuk pengeposan. Dimana dengan adanya pengaturan privasi untuk pengeposan tersebut, kita dapat menentukan kepada siapa saja tautan yang kita kirim tersebut dibagikan. Sehingga walaupun kita belum memiliki teman sama sekali dalam lingkaran pertemanan, maka kita dapat mengeposkannya secara publik. Sehingga tautan yang kita kirim ke Google Plus secara publik akan dapat terindeks oleh Mesin Telusur, dan akhirnya dapat ditemukan serta dibaca oleh orang lain walaupun orang tersebut tidak berada dalam lingkaran pertemanan Google Plus kita. Dan inilah yang saya maksud dengan umpan untuk menjaring pengunjung. Karena dengan mengirim tautan untuk setiap artikel yang kita terbitkan ke Google Plus secara publik, berarti semakin banyak pula tautan yang mengarah ke blog kita ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page). Sehingga secara otomatis dengan semakin banyaknya tautan atas artikel kita yang ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page), semakin besar pula peluang bagi blog yang kita kelola untuk mendapatkan kunjungan.

Berdasarkan uraian di atas, maka tidak ada salahnya bila kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya layanan jejaring sosial ini, walau mungkin kita sendiri jarang membukanya karena lebih suka membuka dan menggunakan layanan jejaring sosial yang lain.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 7 komentar pada artikel ini ▶
24/04/12 03.25 O

mantaaap..
jgn lupa kunjungan balasannya ya sob...

24/04/12 06.51 O

ternyata menariks ekali g plus ini, saya jg berfikiran kalau ga punya teman disana pastilah artikelnya gak akan "laku", tapi ternyata tidak,
thanks atas artikelnya, sy mau coba bikin profil g plus dulu hehe

05/05/12 15.17 O

Nice info, gan!
Ternyata G+ menarik juga nih... Kapan2 pengen coba juga.! Btw, thanks ya atas kunjungannya ke blog saya... :)

25/08/12 03.15 O

@All: Terimakasih balik Sobat (sekalian).

Anonim
11/10/12 11.25 O

infonya mantap gan, ditunggu kunjungan baliknya gan

06/07/13 10.27 O

Mantap mas bro, aku aja berganti dari profil blogger menjadi profil Google Plus, trims telah berbagi


http://caragampang21.blogspot.com

07/07/13 00.41 O

@Mona NinaIya Sob. Karena dengan menggunakan Profil Google Plus, maka kita pun dapat secara langsung membagikan postingan kita pada lingkaran Google+ kita.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog