Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

12
Tgl. 15 Juni 2012

Cara Memasang Kotak Komentar Facebook Pada Blog Versi Mobile (Blogspot Tampilan Selular)

Benarkah Facebook social plugin tidak dapat dipasang dan tidak dapat berfungsi pada blog selular? Tentu saja jawaban untuk pertanyaan ter...

Kotak Komentar Facebook
Benarkah Facebook social plugin tidak dapat dipasang dan tidak dapat berfungsi pada blog selular? Tentu saja jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah tidak benar, karena pada kenyataannya kita dapat melakukan kustomisasi terhadap template untuk tampilan selular (termasuk diantaranya adalah pemasangan Facebook social plugin di dalamnya). Dimana salah satu diantaranya yang dapat kita terapkan dan atau kita pasang untuk tampilan blog versi selular adalah Facebook Comment Form (kotak komentar Facebook). Dan berdasarkan uji coba yang saya lakukan, pemasangan kotak komentar Facebook pada blog versi mobile ini terbukti dapat berfungsi seperti halnya kotak komentar Facebook yang dipasang pada blog versi web.

Pemasangan kotak komentar Facebook pada blog tampilan web bisa jadi memang sudah menjadi suatu hal yang tidak asing lagi bagi kita karena sudah banyak blogger yang mengulas tentang masalah tersebut. Akan tetapi untuk pemasangan kotak komentar Facebook pada blog tampilan selular bisa jadi merupakan suatu hal yang teramat baru, karena menurut sepengetahuan saya belum pernah ada blogger yang mengulasnya. Sehingga hal ini akan terasa sangat asing bagi kita, karena hal yang seperti ini akan kita anggap sebagai suatu hal yang tidak biasa dan .

Sedikit cerita tentang kustomisasi template untuk Blogspot tampilan selular (dalam hal ini adalah pemasangan kotak komentar Facebook pada blog versi mobile), sebelum ini saya pernah minta pendapat dalam sebuah forum tentang pemasangan kotak komentar Facebook yang saya lakukan di blog ini. Walau tidak sedikit dari mereka yang memberikan dukungan terhadap yang saya lakukan, namun tidak sedikit pula yang memandang sinis dan menganggap bahwa yang saya lakukan adalah suatu hal yang percuma dan sia-sia (karena mereka beranggapan bahwa kotak komentar Facebook tidak mungkin berfungsi apabila dipasang pada blog versi selular). Sehingga artikel ini adalah sebagai bukti bahwa selain dapat dipasang pada blog versi web, kotak komentar Facebook juga dapat diterapkan dan berfungsi apabila dipasang pada blog versi selular.

Lantas bagaimana cara memasang kotak komentar Facebook pada blog untuk tampilan selular? Untuk memasang kotak komentar Facebook pada blog tampilan selular, maka kerjakan langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.


Pertama, buka editor template dengan mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, untuk mempermudah proses penempatan kode, maka cari kode <b:if cond='data:top.showMobileShare'> kemudian sisipkan kode berikut ini tepat di atasnya (atau apabila Anda memahami sistem pengkodean template, sisipkan di tempat yang sesuai dengan di mana kotak komentar Facebook akan ditampilkan).
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>
<div style='background-color: inherit; border: 1px solid #eeeeee; text-align: center; overflow: hidden; padding: 1px; height: auto; width: auto;'>
    <fb:comments expr:href='data:post.url' expr:title='data:post.title' expr:xid='data:post.id' num_posts='1' width='180'/>
</div>


Ketiga, simpan template Anda.


Kemudian seperti yang telah saya sampaikan di atas, bahwasanya teknik ini terbukti dapat berfungsi diterapkan pada blog tampilan selular. Namun demikian dalam uji coba yang saya lakukan hanya menggunakan 2 (dua) jenis perangkat selular dengan resolusi (lebar layar) berbeda, dalam hal ini adalah perangkat selular dengan resolusi layar 176 x 208 pixels dan 176 x 220 pixels. Sehingga apabila ingin mengubah ukuran lebar kotak komentar Facebook yang ditampilkan, maka Anda dapat melakukannya dengan mengubah angka yang terdapat pada kode width='180' sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Sebagai bukti atas keberhasilan penerapan teknik ini, maka di bawah ini saya sertakan tampilan blog ini apabila dibuka dengan menggunakan perangkat selular (dalam hal ini memakai browser Opera Mini).
Tampilan Komentar Facebook Pada Blog Selular

Selain bukti seperti yang tampak pada gambar di atas, Anda pun juga dapat membuktikannya sendiri dengan membuka blog ini memakai salah satu browser yang terdapat dalam telepon selular yang Anda miliki. Caranya buka http://eltelu.blogspot.com/?m=1 (apabila menggunakan komputer) atau langsung buka http://eltelu.blogspot.com (apabila menggunakan browser yang terdapat dalam telepon selular), dan kemudian apabila halaman beranda sudah ditampilkan maka klik salah satu artikel yang ada untuk melihat tampilan kotak komentar Facebook pada halaman blog versi selular.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 12 komentar pada artikel ini ▶
20/06/12 15.44 O

Artikel tentang tampilan mobile selalu menarik minat saya...
Coba praktek dulu ya

Anonim
20/06/12 16.26 O

Silakan Sob. Semoga tidak mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan teknik tersebut.

29/06/12 17.01 O

Di blog ini tak kelihatan kolomnya, Gan.

Anonim
29/06/12 17.46 O

Betul sekali Sob. Dulu sebenarnya pernah saya pasang seperti yang tampak pada gambar dalam uraian artikel ini. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya widget tersebut saya lepas kembali. :)

27/07/12 13.34 O

thenks banget ya gan infonya jangan lupa mampir ke http://elrangga-yudian.blogspot.com

17/08/12 00.05 O

Sudah dicoba, semoga tambah bagus jika dibuka dengan menggunakan tampilan seluler.....thx mas

25/08/12 02.41 O

@ERLANGGATerimakasih balik atas kunjungannya Sobat.

25/08/12 02.41 O

@Kraeng FranciscoYap... Semoga demikian Sob.

02/10/15 11.40 O

mantap. :)

02/10/15 20.50 O

@M. Fadhly Apanya coba yang mantap Sob? Barangkali bisa lebih diperjelas lagi... :)

thanks gan. tpi di blog ane kok jadi muncul di setiap posting pada beranda?
mohon solusinya gan

24/11/15 16.09 O

@Gho Far Saya rasa hal tersebut disebabkan karena Sobat tidak menggunakan fitur jump break ( baca selengkapnya )pada tiap artikel yang Sobat terbitkan.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog