Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

33
Tgl. 16 Juni 2012

Inilah Beberapa Daftar Template Blog Terbaik Yang Pernah Ada

“ Gan, kalau saya ingin download template yang keren untuk blog saya, di mana ya? Kasih tahu link-nya dong. ” Pertanyaan seperti inilah ya...

Ilustrasi Template Keren
Gan, kalau saya ingin download template yang keren untuk blog saya, di mana ya? Kasih tahu link-nya dong.” Pertanyaan seperti inilah yang seringkali saya dapati di berbagai forum dan ditanyakan oleh mereka yang umumnya baru menekuni kegiatan blogging. Hal seperti ini memang sangat beralasan karena ketika kita memutuskan untuk mulai menekuni kegiatan blogging, salah satu hal yang pasti menjadi pertimbangan utama bagi kita adalah template apa yang sekiranya cocok untuk digunakan. Ini disebabkan karena penggunaan template akan sangat berpengaruh terhadap desain tampilan halaman, sedangkan desain tampilan halaman sendiri juga berupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kepuasan pengunjung ketika membuka halaman blog yang kita kelola.

Beberapa faktor di atas merupakan sebagian kecil alasan kenapa tidak sedikit diantara kita yang berinisiatif mencari template lain untuk digunakan pada blog yang dikelola. Salah satu faktor lain yang menjadi alasan adalah karena Blogger hanya menyediakan beberapa template standar yang terkesan memiliki model dan desain halaman yang serupa, sehingga bisa jadi kita akan beranggapan bahwa template standar yang telah disediakan oleh Blogger merupakan template yang terkesan ‘pasaran’, kurang menarik, dan atau kurang profesional.

Namun tahukah Anda, bahwasanya template standar yang disediakan oleh Blogger (menurut pendapat saya) merupakan template blog terbaik yang pernah ada untuk platform Blogger (Blogspot). Kenapa saya berpendapat demikian? Saya berpendapat demikian karena pada kenyataannya template standar yang disediakan oleh Blogger sebenarnya tidak kalah keren apabila dibandingkan dengan kustom template yang lainnya (walaupun tidak sedikit pula kustom template yang memiliki desain cukup keren). Dimana beberapa hal yang mendasari pendapat saya tersebut adalah sebagai berikut:


Pertama, desain tampilan halaman.

Secara default, desain tampilan halaman untuk template yang disediakan oleh Blogger memang terkesan standar dan kurang menarik. Namun perlu kita ingat bahwasanya Blogger telah menyediakan fitur ‘Ubahsesuaikan’ yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan kustomisasi desain tampilan halaman pada berbagai macam template yang disediakan, sehingga kita dapat menjadikan desain tampilan halaman dari template tersebut menjadi lebih menarik (sesuai dengan keinginan kita) secara lebih mudah.


Kedua, performa penayangan.

Ketika kita membuka 2 (dua) buah halaman blog yang memiliki desain, konten, widget yang serupa dan ukuran halaman yang sebanding, bisa jadi perbedaan performa penayangan halaman akan sangat terasa ketika kedua buah blog tersebut menggunakan template yang berbeda (dalam hal ini blog yang satu menggunakan template standar Blogger, sedangkan blog yang lainnya menggunakan kustom template), apalagi jika sambungan internet yang digunakan merupakan sambungan internet dengan bandwidth rendah.

Hal tersebut disebabkan karena setiap konten yang digunakan untuk ditampilkan pada desain template standar Blogger pada umumnya tersimpan di server yang dimiliki oleh Blogger (Google), sehingga proses penayangan halaman pun lebih cepat bila dibandingkan dengan penggunaan kustom template yang menyimpan konten untuk setiap elemen halamannya di server yang berbeda. Alasannya tentu saja karena seperti yang kita tahu bahwasanya server yang dimiliki oleh Google merupakan server terbaik untuk saat ini, sehingga dapat dipastikan bahwa performanya pun akan lebih baik pula.


Ketiga, fitur atau dukungan.

Dengan menggunakan template yang disediakan oleh Blogger, maka sama artinya kita dapat memanfaatkan segala fitur atau dukungan yang diberikan oleh Blogger untuk setiap template standar yang disediakan. Sebagai contoh misalnya adalah fitur untuk melakukan ubahsesuaian desain tampilan halaman dan juga fitur desain tampilan untuk halaman versi selular.

Hal tersebut terbukti dari adanya script atau kode khusus untuk tampilan versi selular dalam setiap template standar yang disediakan oleh Blogger, yang akhirnya dapat mempermudah kita dalam melakukan kustomisasi untuk tampilan blog versi selular atas setiap template standar yang digunakan. Dan ini sangat berbeda dengan penggunaan kustom template, karena pada kenyataannya tidak setiap kustom template yang ada memberikan dukungan script atau kode khusus untuk tampilan versi selular, sehingga terkadang kita akan mengalami kesulitan ketika ingin melakukan kustomisasi tampilan versi selular pada blog yang dimaksud.


Keempat, kemudahan kustomisasi.

Apabila kita melakukan penelusuran di internet terkait dengan kustomisasi template untuk blog dengan platform Blogger (Blogspot), maka kita akan mendapati banyak sekali artikel yang mengulas tentang hal tersebut. Namun tahukah Anda bahwasanya setiap artikel yang memberikan ulasan atau uraian tentang kustomisasi pada template blog seperti ini pada umumnya mengacu pada template standar yang disediakan oleh Blogger. Sehingga tidak jarang ada yang mengalami kesulitan ketika ingin menerapkan trik atau teknik tertentu pada blog yang dikelolanya, karena kode tertentu yang harus dicari (misalnya seperti kode yang disebutkan dalam artikel yang dibuka) untuk menentukan penempatan kode atau script yang akan disisipkan ternyata tidak ditemukan dalam template yang digunakannya.

Walaupun secara prinsip struktur pengkodean dalam template blog adalah sama, namun hal yang seperti ini bisa saja terjadi karena template yang digunakan adalah kustom template yang notabene menggunakan variabel atau teknik penulisan kode yang berbeda dengan template standar Blogger.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwasanya kemudahan dalam melakukan kustomisasi juga akan kita rasakan ketika kita melakukan kustomisasi untuk tampilan versi selular atas template yang kita gunakan. Hal ini disebabkan karena dalam setiap template standar yang disediakan oleh Blogger telah memberikan dukungan script atau kode untuk tampilan halaman versi selular, sehingga kita dapat lebih leluasa melakukan kustomisasi untuk tampilan versi selular pada blog yang kita kelola, walaupun menggunakan pilihan model tampilan selular yang berbeda.


Nah, berdasarkan uraian di atas, maka kiranya tidaklah salah jika kita menggunakan template standar yang telah disediakan oleh Blogger untuk blog yang kita kelola. Dan kalaupun menurut kita beberapa template standar yang disediakan oleh Blogger tersebut belum sesuai dengan keinginan kita, maka tidak ada salahnya pula jika kita melakukan kustomisasi sesuai dengan kreatifitas masing-masing, sehingga akhirnya kita mendapatkan desain tampilan dan performa halaman yang optimal. Namun demikian bukan berarti kita mengesampingkan kustom template untuk digunakan, karena pada kenyatannya tidak sedikit pula kustom template yang memberikan desain dan performa yang sebanding dengan yang diberikan oleh template standar Blogger.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 33 komentar pada artikel ini ▶
17/06/12 09.05 O

hemm... ulasan yang bagus. By the way saya setuju-setuju saja. cuman kadang pake template selain dari blogger lebih keren hee... thank's bro

Anonim
17/06/12 09.25 O

Terkadang memang seperti itu Sob. Dan oleh sebab itulah dalam ulasan ini saya tuliskan "(menurut pendapat saya)", karena bisa jadi pendapat setiap orang akan berbeda.

Btw, terimakasih atas apresiasinya. :)

17/06/12 12.24 O

tampilan tetap keren yang nge-download...
kalo penayangan, asal widget ga penting di kurangi, gambar-gambar di kompres, rasanya masih cukup cepat...
yang bikin berat sih biasanya gambar header atas sama samping, sama backgroundnya juga... =="

Anonim
17/06/12 12.40 O

Pendapat yang sangat bermanfaat Sob...

Tapi ada 1 (satu) hal yang seringkali kita abaikan yaitu fitur seluler, karena selama ini optimasi yang kita lakukan hanya terfokus pada blog versi web saja (padahal tidak semua pengunjung membuka blog yang kita kelola memakai komputer dan bisa jadi mereka membukanya dengan HP).

Nah, sekarang coba buka dulu blog ini dengan HP Sobat, sehingga nanti Sobat akan mengetahui perbedaannya. :)

Salam.

17/06/12 14.56 O

sip gan artikelnya...
salam karimalamin.blogspot.com

17/06/12 15.11 O

Kalo saya sih lebih suka template diluar blogger. Soalnya kalo mau ngedit lagi, bingung juga. Maklum, belum terlalu bisa HTML dan tektekbengeknya. Hehe

Anonim
18/06/12 08.32 O

iya ya gan, tapi lebih puas kalo templatenya buatan sendiri. saya juga lgi belajar nih cara buat template blog sendiri hehehe.

18/06/12 20.47 O

tambah lagi satu yang disebut USABILITAS sebuah website.. :)

19/06/12 08.20 O

@affanibnuBetul sekali Sob. :)

19/06/12 09.23 O

Templatenya Bagus Kang..Thanks untuk informasi keunggulann templatenya.. salam kenal kang...

19/06/12 10.04 O

Terimakasih Sob. Salam kenal balik.

Anonim
20/06/12 11.26 O

wah kemaren-kemaren, saya sempat pakai template asli blogger..
nah pas mau costum sana-sini sedikit rumit juga...
alhasil setelah oprek sana-sini tetap kurang puas saya.
jadinya pakai template pihak ketiga hehee.. kemudian saya costum lagi. :)

Anonim
20/06/12 11.48 O

Hmmm begitu ya Sob.

Tapi memang selama ini banyak Sobat Blogger yg lebih memilih template lain daripada template Blogger, karena (mungkin) belum mengetahui kelebihan lain dari template Blogger, yaitu kemudahan kustomisasi tampilan seluler.

Saya pun dulu pernah pakai custom template lain, tapi setelah tahu kelebihan template Blogger, saya akhirnya memakai template bawaan Blogger. Tentu saja alasanya adalah seperti yg saya uraikan dlm artikel ini.

Sehingga artikel saya banyak yg berhubungan dg Mobile Blog.

20/06/12 17.37 O

lebih asik pake buatan sendiri sob :)

Anonim
20/06/12 17.54 O

Begitu juga bagus Sob. :)

22/06/12 01.38 O

dulu saya pernah gunakan template dari pihak k 3 alhasil memang sangat bagus tapi itu cuma bertahan kurang dari 1/2 tahun dan akhirnya diblokir saya sempat bingung juga gimana cara memperbaikinya setelah muter2 sana sini akhirnya saya kembali menggunakan bawaan blogger sampai dengan sekarang walaupun kurang bagus yg penting saya bisa berbagi dengan sahabat yg membutuhkan
terima kasih infonya bang
salam kenal buat semua sahabat disini...

Anonim
22/06/12 22.58 O

@Al-FathcomSalam kenal balik dan juga salam berbagi, Sobat. Terimakasih atas apresiasi yang Sobat berikan.

Saya pun juga pernah mengalami hal yang seperti itu, dan bahkan terhitung cukup singkat, karena belum sampai 2 bulan tiba-tiba tampilan blog saya menjadi acak-acakan gak karuan.

Sekali lagi saya sampaikan terimakasih.

27/07/12 16.56 O

keren gan.. izin sedot..

mmpir gan..
http://apps--computer.blogspot.com

Anonim
29/07/12 00.37 O

@fajr jauhariSilakan Sobat... :)

03/08/12 08.35 O

Wah I Love Template Standart...hhhh Menarik

09/09/12 01.06 O

jalan...jalan....kren

26/09/12 19.34 O

artikel yang menarik, kalo bisa dijelasin juga donk cara mengedit atau mengubah templete standart supaya lebih menarik

27/09/12 23.17 O

@Rizka counterThank you.

27/09/12 23.20 O

@hernawan nugrohoTerimakasih Sobat.

Beberapa diantaranya sebenarnya juga sudah saya terbitkan, sehingga silakan Sobat mencarinya dalam daftar isi. :)

08/12/12 09.50 O

info yang sangat berguna bagi blogger pemula seperti saya

11/12/12 15.56 O

@Ricko RullyartoSyukurlah bila demikian, Sobat. :)

27/03/13 15.24 O

mantap gan..

Pengen tau seputar sumatera utara? kunjungi http://purbalaban.blogspot.com/

28/03/13 10.00 O

wah.. blog agan memang keren!!! gan, minta review blog donkk!! blog ane keren g?!

»» http://www.ravictory.blogspot.com ««

29/03/13 00.03 O

@Boy PurbaOke. Terimakasih Sobat.

29/03/13 00.24 O

@M Ravi FirdausTerimakasih atas pujian yang diberikan, Sobat. Namun demikian menurut saya pribadi, blog ini belumlah seberapa bila dibandingkan dengan blog lain yang dikelola oleh para Blogger yang lebih senior dibandingkan dengan saya.

Akan menurut saya, pada prinsipnya semua blog adalah keren (termasuk blog yang Sobat kelola). Hal ini disebabkan karena kriteria penilaian keren dan tidaknya sebuah blog antara satu orang dengan yang lainnya tentu saja tidak sama.

Sekali lagi saya sampaikan terimakasih untuk Sobat.

10/05/13 00.34 O

Benar sekali sob. Saya juga setuju dengan anda. Bahwa "template blogger standar merupakan template terbaik untuk blogger". Karena sangat mudah di kostumisasi dan loading halamannya pun sangat cepat.

11/05/13 08.09 O

@dwi aulia rahman putraTerimakasih Sobat. Lebih kurang memang seperti itu. :)

12/02/14 19.31 O

@eltelu
Tapi yang mengerikan pengguna template yang mengganti design atau profile pembuat templatenya,,
lebih baik nyontek tutornya mas,, lebih OK,
http://dhamalo.blogspot.com/

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog