Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

9
Tgl. 15 Juli 2012

[UPDATE] Cara Membuat Tautan Otomatis Untuk Link Artikel Yang Akan Diterbitkan

<a expr:href="data:post.url"> keyword </a> . Apabila kode seperti contoh tersebut diterapkan dalam template, maka se...

Keyword Dengan Internal Links
<a expr:href="data:post.url">keyword</a>. Apabila kode seperti contoh tersebut diterapkan dalam template, maka secara default akan menghasilkan sebuah tautan otomatis untuk artikel yang diposting. Dan biasanya cara seperti ini dimanfaatkan dalam membuat suatu permalink dengan tujuan untuk membangun internal link (sebagai contoh misalnya seperti yang pernah saya uraikan dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Membuat Catatan Pesan Himbauan Dengan Internal Links Di Atas Kolom Kotak Komentar Blog”).

Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat ditempuh untuk membangun internal link dalam sebuah blog, dimana salah satunya adalah dengan cara membuat permalink dalam baris kata kunci seperti yang tampak pada gambar di atas. Apabila dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Membuat Link Otomatis Dalam Artikel Yang Akan Diposting” pernah saya uraikan teknik membuat internal link dengan cara menyisipkan kode tersebut ke dalam artikel yang akan diposting dengan disertai kata kunci yang digunakan untuk artikel yang dimaksud, maka perlu diketahui bahwa teknik tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Hal tersebut baru saya ketahui ketika menerbitkan artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Membuat Bingkai Daftar Artikel Terkini Pada Blog Seluler Dengan Memakai Kode CSS”, saya mendapati bahwa kode <a expr:href="data:post.url">keyword</a> sudah tidak dapat digunakan lagi untuk membuat link otomatis dalam artikel yang diterbitkan, karena setelah artikel diterbitkan ternyata kode tersebut tidak lagi membentuk live link sebagaimana umumnya dalam sebuah internal link. Sehingga saya menyimpulkan bahwa besar kemungkinan Blogger telah melakukan pembaruan dukungan untuk penggunaan kode tersebut. Jika sebelumnya kode tersebut juga dapat diimplementasikan dengan cara menyisipkannya dalam kode HTML artikel yang akan diterbitkan, maka sekarang kode tersebut hanya dapat digunakan di dalam template saja.

Lantas bagaimana jika kita ingin membangun internal link untuk blog yang kita kelola dengan menggunakan cara yang serupa, apabila sekarang pada kenyatannya pemakaian kode <a expr:href="data:post.url">keyword</a> tidak dapat lagi diterapkan dalam artikel yang akan diterbitkan? Setelah melakukan analisa, ternyata untuk menunjukkan link artikel yang diterbitkan, maka kode yang dapat digunakan untuk disisipkan ke dalam HTML artikel adalah href="" tanpa disertai URL di dalamnya.

Sehingga apabila sebelumnya kita dapat membuat internal link dalam baris kata kunci (seperti yang tampak pada gambar di atas) dengan menggunakan kode <a expr:href="data:post.url">keyword</a>, maka sekarang kode yang digunakan adalah <a href="">keyword</a>. Dan untuk mengantisipasi agar apa yang kita lakukan dengan menggunakan teknik tersebut dalam membangun internal link tidak dianggap sebagai tindakan spamming, maka ada baiknya menambahkan rel="tag" ke dalam kode tersebut, sehingga akhirnya menjadi <a rel="tag" href="">keyword</a>.

Sedangkan cara penerapannya adalah dengan menyisipkan kode tersebut ke dalam artikel yang akan diterbitkan, dalam hal ini pada mode HTML seperti halnya penerapan kode sebelumnya. Sebagai contoh misalnya apabila saya menuliskan: Kata kunci: <a rel="tag" href="">cara membuat permalink</a>, <a rel="tag" href="">cara membuat internal link</a>, <a rel="tag" href="">cara membuat link otomatis</a>, maka terbentuklah internal link seperti yang tampak pada kata kunci di bawah ini.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 9 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
23/08/12 06.14 O

terima kasih gan infonya.....hehehe...tp msh bngung...

25/08/12 03.12 O

@Herimurtti ParamastyaSama-sama Sob.

Dan apabila Sobat masih kesulitan dalam memahaminya, maka untuk lebih jelasnya silakan buka artikel sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Link Otomatis Dalam Artikel Yang Akan Diposting

Semoga dapat membantu.

15/11/12 12.09 O

saya mw tanya ne,tentang cara update beranda pada suatu blog gimana gan??
bkan update posting lo gan..??
contoh: pada search engine google kita tulis pencarian yng berjudul sedot wc surabaya,nah di situ ada tu blog yang postingannya menuju ke beranda dan selalu update,,,nah gimana tu gan caranya..???
maaf ya kalau pertanyaanku terlalu panjang,,,
trimz gan infonya...kalau da waktu mampir y gan ke blogku,,http://sedotwcidjaya.blogspot.com
salam kenal...

15/11/12 17.22 O

@sedot wc id jayaWahhh kalau yang seperti itu jujur saja saya juga kurang paham, Sob.

Tapi menurut sepengetahuan saya bila kita selalu melakukan update pada artikel yang diterbitkan, maka hasil penelusuran dalam SERP pun juga selalu up to date.

29/11/12 15.00 O

mantabs., klo di tambah buat link donlot artikel yg di terbitkan di web dsb., gmn y. tapi localhost?

29/11/12 15.02 O

klo membuat link donlot utk artikel yg sdh dibuat bagaiman y., dgn catatan localhost bukan setelah d hosting filenya tpi utk local. trms

01/12/12 03.15 O

@doniaSaya rasa caranya sama dengan membuat link atau tautan pada umumnya, Sob. Hanya saja alamatnya yang disesuaikan dengan alamat localhost.

CMIIW

13/02/13 11.55 O

Dengan permalink ini akan menguatkan link postingan kita.

14/02/13 17.07 O

@mariyanto widodoBisa jadi demikian Sob.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog