Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

19
Tgl. 14 Agustus 2012

Cara Menyembunyikan Widget Pada Tampilan Blog Versi Mobile

Apabila Anda menambahkan widget profil untuk menampilkan profil Blogger atau Google Plus agar ditampilkan pada blog yang Anda kelola, maka...

ELTELU - Google Plus Profil
Apabila Anda menambahkan widget profil untuk menampilkan profil Blogger atau Google Plus agar ditampilkan pada blog yang Anda kelola, maka secara otomatis widget tersebut akan ditampilkan pada halaman versi web maupun tampilan versi seluler. Dan jika Anda adalah termasuk pengelola blog yang mengimplementasikan kustomisasi template untuk tampilan versi seluler, dalam hal ini adalah dengan menerapkan teknik yang saya terbitkan dalam artikel dengan judul “Cara Mengedit Template Untuk Mengubah Tema Tampilan Blog Versi Seluler” dan atau artikel dengan judul “MOBILE TEMPLATE - Customize Blogger Mobile Templates”, maka apabila Anda memasang widget profil pada blog yang Anda kelola, secara otomatis tampilan halaman versi seluler dari blog yang dimaksud akan menjadi seperti yang tampak pada gambar di atas.

Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa ketika halaman blog dibuka dengan menggunakan perangkat seluler, maka widget profil akan ditampilkan antara atribusi desainer tema template dan atribusi untuk Blogger. Nah, dengan begitu bisa jadi tampilan footer halaman menjadi terkesan kurang menarik, karena sebenarnya teknik kustomisasi template yang saya uraikan dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Mengedit Template Untuk Mengubah Tema Tampilan Blog Versi Seluler” dan atau artikel dengan judul “MOBILE TEMPLATE - Customize Blogger Mobile Templates” memang sengaja didesain tanpa adanya widget profil pada bagian footer halaman.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, sebagai solusinya adalah dengan cara menghilangkan widget profil agar nantinya baris atribusi desainer tema template dan baris atribusi untuk Blogger dapat menyatu. Namun perlu diketahui bahwa menghilangkan widget profil di sini bukan berarti benar-benar menghapus widget tersebut, akan tetapi hanya menyembunyikannya agar tidak dimunculkan pada tampilan versi seluler, sehingga widget profil akan tetap dimunculkan pada tampilan halaman versi web. Dimana untuk melakukannya Anda dapat mengerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, cari widget yang akan disembunyikan. Dimana untuk mempermudah dalam menemukannya maka Anda dapat mencarinya sesuai dengan judul widget yang dimaksud. Sebagai contoh karena widget profil saya beri judul ‘About Me’, maka untuk menemukannya saya tinggal menekan tombol keyboard ‘Ctrl + F’ dan kemudian melakukan pencarian untuk kata ‘About Me’.

Ketiga, apabila widget yang dimaksud sudah ketemu, maka tambahkan kode mobile='no' dalam rangkaian kode widget yang dimaksud. Sebagai contoh misalnya seperti yang tampak pada rangkaian kode di bawah ini.
<b:widget id='Profile1' locked='false' mobile='no' title='About Me' type='Profile'>
  <b:includable id='main'>

    ----- rangkaian kode -----

  </b:includable>
</b:widget>


Keempat, simpan template.

Dengan demikian maka widget yang dimaksud tak akan ditampilkan lagi pada tampilan halaman versi seluler, namun akan tetap dimunculkan pada halaman untuk tampilan versi web.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 19 komentar pada artikel ini ▶
14/08/12 21.58 O

ane mau lapor sob,kok pas ane mau komentar di blog sobat pake hape ko cuma meload load aja,dan komentar juga tidak terkirim

14/08/12 23.08 O

@annash mobilepcSobat, perlu diketahui bahwa itulah salah satu karakteristik form komentar Blogger apabila digunakan untuk mengeposkan komentar melalui perangkat seluler.

Dan hal tersebut sebenarnya bukan Sobat saja yang mengalami, namun saya pun seringkali mengalami hal yang seperti itu.

Jadi gini, kalau menurut pengalaman saya, apabila memori HP tidak terlalu besar dan ukuran halaman lebih dari 25kb, maka kita akan sedikit kesulitan ketika akan mengeposkan komentar.

Namun jika ukuran halaman tidak terlalu besar, maka dalam pengeposan komentar bisa menjadi lebih mudah.

15/08/12 06.09 O

makasi pencerahannya sob. :)

31/12/12 17.50 O

Gan, bagaimana cara menghilangkan/menyembunyikan elemen blog di versi mobile dengan perintah "if"?

01/01/13 15.53 O

@Feri Yunus MadaoSobat, berhubung uraian (jawaban) lengkap atas pertanyaan tersebut sudah saya sampaikan via email, maka saya rasa tak perlu kiranya bila saya menyampaikannya lagi di sini. :)

05/05/13 18.20 O

gan, ane mau lapor, kenapa saya nggk bsa meng-hide blog saya ? kasih pencerahannya ya !

06/05/13 23.28 O

@Javier RenaldiHwaduh Sob, bagaimana saya bisa memberikan uraian solusi jawaban jika blog yang Sobat kelola tidak terbuka untuk publik.

Sebab ketika saya melakukan pengecekan, yang muncul adalah kalimat seperti berikut ini:

Blog ini terbuka hanya untuk pembaca yang diundang saja
http://javier-depok-cyber.blogspot.com/

Sepertinya Anda belum diundang untuk membaca blog ini. Jika Anda merasa ini adalah kesalahan, Anda mungkin ingin menghubungi penulis blog dan meminta sebuah undangan.

06/12/13 08.54 O

Pagi bamg senior.. blog ane kok masih nampak juga ya widgetnya di tampilan versi selulernya. Padahal widget tertentu sdah ane kasih property mobile='no'. mohon pencerahannya ya bang senior. ini blog ane www.kerjaterus.com

07/12/13 06.58 O

@Wong TasikmaduMungkin saja Sobat belum mengaktifkan setelan untuk tampilan versi seluler. Karena ketika saya buka URL-nya dengan cara menambahkan ?m=1 ternyata yang terbuka juga masih halaman versi desktop.

12/12/14 15.43 O

Tidak berhasil gan... ada solusi lain ?

12/12/14 21.34 O

@Om Bujo Apabila tidak berhasil, maka besar kemungkinan template yang Sobat pakai merupakan template yang hanya menyediakan satu macam versi tampilan. Dalam hal ini satu macam versi tampilan yang saya maksud yaitu tampilan versi web yang responsive pada tayangan komputer maupun perangkat mobile. Sehingga walaupun teknik tersebut sudah diterapkan akhirnya tetap tidak terjadi perubahan sama sekali.

09/10/15 01.01 O

tidak berhasil gan,, gimana ni

11/10/15 23.04 O

@Fadil aceh Apabila telah dilakukan dengan benar, maka semestinya bisa Sob. Sebab menurut petunjuk dari Blogger sendiri caranya juga seperti itu kok.

04/03/16 23.00 O

apakah untuk follow blog harus dengan akun google+ ? jika iya, bagaimana agar info (nama dan foto) tidak dapat diketahui oleh orang lain ?

04/03/16 23.44 O

@amour Q: Apakah untuk follow blog harus dengan akun Google+?
A: Saya rasa tidak. Sebab untuk mengikuti sebuah blog dapat pula dilakukan dengan menggunakan layanan Google Friend Connect.

Q: Bagaimana agar info (nama dan foto) tidak diketahui orang lain?
A: Coba Sobat lakukan penyesuaian pada setelan (pengaturan) privasinya.

CMIIW.

04/09/16 11.27 O

milik saya meski di false udah di kasih "no" tetap nongol widgetnya di versi mobile kawan...salahnya di mana ya?

04/09/16 22.32 O

@Zaini Zaina Zainu Besar kemungkinan karena Sobat belum mengaktifkan setelan template untuk tampilan seluler. Atau bisa jadi pula Sobat menggunakan template responsif yang tidak menyediakan dukungan untuk tampilan seluler. Sehingga ada baiknya bila dipastikan terlebih dulu apakah dukungan untuk tampilan seluler pada template yang Sobat gunakan tersebut ada atau tidak.

06/10/18 03.00 O

Ko ada peringatan b:if gitu ya kk, apa salah penempatanya ya?

11/10/18 16.30 O

@Muhammad FikriansyahBisa jadi begitu Bang.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog