Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

4
Tgl. 24 September 2012

Cara Mengganti Gambar Latar Yang Digunakan Sebagai Background Bidang Halaman Utama Blog

Selain pemilihan template yang tepat, beberapa hal yang umumnya dilakukan pada sebuah blog adalah kustomisasi pada template yang digunakan...

ELTELU - Ilustrasi Halaman Blog
Selain pemilihan template yang tepat, beberapa hal yang umumnya dilakukan pada sebuah blog adalah kustomisasi pada template yang digunakan dengan tujuan untuk melakukan perubahan (modifikasi) desain tampilan halaman maupun demi peningkatan kecepatan penayangan halaman yang dihasilkan oleh template yang dimaksud. Sedangkan kustomisasi yang dilakukan pun biasanya sangat bervariasi, mulai dari pemasangan widget, perubahan pada tema warna dan gambar latar yang digunakan, serta pernak-pernik kustomisasi yang lainnya sesuai dengan selera dan kreatifitas pengelolanya.

Disamping konten yang disajikan, desain tampilan dan kecepatan penayangan halaman sebuah blog merupakan salah satu faktor atau unsur yang perlu mendapatkan perhatian. Karena apabila desain tampilan halaman blog yang dimaksud ‘sedap’ dipandang oleh mata pengunjung maka secara otomatis pengunjung pun akan lebih nyaman serta lebih betah dalam membaca setiap artikel yang ada, apalagi jika didukung pula oleh cepatnya loading atau penayangan untuk setiap halaman.

Berbicara mengenai desain tampilan halaman yang dihasilkan oleh template yang dipakai, maka bisa jadi Anda tak kan pernah menyangka bahwa sebenarnya blog ini menggunakan salah satu template standar (bawaan) yang disediakan oleh Blogger (dalam hal ini adalah salah satu template kategori ‘Jendela Gambar’ yang tampilan defaultnya adalah seperti tampak pada gambar di atas). Namun dengan melakukan berbagai modifikasi, akhirnya desain tampilan halaman yang semula tampak seperti gambar di atas menjadi seperti yang dapat Anda lihat sekarang ini.

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwasanya kustomisasi dapat dilakukan pada berbagai elemen dan bagian, yang salah satu diantaranya adalah kustomisasi untuk mengubah tema warna dan gambar latar yang digunakan. Dimana untuk mengerjakannya pun dapat dilakukan secara mudah yaitu dengan memanfaatkan menu ubahsesuaian template yang telah disediakan oleh Blogger.

Namun demikian sayangnya ubahsesuaian tersebut hanya dapat dilakukan pada beberapa bagian elemen saja, sehingga untuk bagian elemen yang lain hanya dapat disesuaikan dengan melakukan kustomisasi pada rangkaian kode dalam template. Sebagai contoh misalnya adalah ketika ingin mengganti gambar latar yang dipakai sebagai background bidang halaman utama blog.  Dimana bidang halaman utama yang dimaksud di sini adalah bagian background yang terdapat antara header sampai dengan footer, dan bukan area yang terdapat di sisi luarnya atau bidang halaman browser.

Seperti yang kita tahu bersama bahwasanya terdapat beberapa kategori template standar Blogger yang menggunakan gambar putih transparan sebagai background bidang halaman utama (misalnya adalah gambar latar default yang dipakai pada template blog ini), sehingga terkadang kita akan mengalami ketika menggunakan warna solid sebagai background karena ketika  warna latar luar sudah sesuai dengan yang dikehendaki akan tetapi tampilan warna bidang halaman utama malah tidak sesuai dan demikian sebaliknya.

Sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti gambar latar default yang digunakan dengan warna solid ataupun gambar lain yang sesuai dengan yang diinginkan. Dimana untuk keperluan tersebut terdapat 2 (dua) cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara mengubah URL gambar yang terdapat pada variabel template atau dengan cara mengubah rangkaian kode background untuk bagian yang dimaksud secara langsung.

Dan selanjutnya untuk mempermudah kedua teknik tersebut, dalam artikel ini yang saya uraikan adalah teknik yang kedua yaitu cara mengubah gambar latar yang digunakan sebagai background bidang halaman utama blog dengan cara mengubah rangkaian kode background secara langsung. Dimana untuk mengerjakannya Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan’.

Kedua, cari kode background: $(content.background); dan kemudian ubah bagian yang ditandai dengan warna merah dengan kode warna yang dikehendaki. Misalnya diubah menjadi background: rgb(239, 242, 253); atau background: #ffffff; maupun kode warna lain yang sesuai dengan desain tampilan halaman blog Anda.

Ketiga, simpan template.

Walau teknik yang saya uraikan di atas sangatlah sederhana dan terasa mudah bagi yang telah terbiasa dan memahami struktur serta rangkaian kode template, akan tetapi bisa saja hal seperti ini (cara mengganti gambar latar untuk bidang halaman utama blog) merupakan pekerjaan yang terasa sangat rumit bagi yang belum terbiasa dan atau memahami struktur serta rangkaian kode template. Sehingga harapan saya semoga uraian dalam artikel ini dapat diambil guna dan manfaatnya.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
16/12/12 22.12 O

wah saya mesti cari gambar yang bagus dulu nih, seklian setting ukuran

makasi uda berbagi yaah..
:D

17/12/12 16.26 O

@andieshinigamiTerimakasih balik Sobat. :)

18/12/12 14.03 O

sob, blog ane kan bawaan blogspot, gmn cara gantinya yach, sbb coba artikel ini, kaga ada tag yang di maksud....ane pengen ganti dengan gambar atau yang lainya tp ane msih bingung, maklum masih newbie..heheh

mohon bantuanya

http://sunnahmu.blogspot.com/

22/12/12 01.29 O

@sunnahmuSetelah saya cek, ternyata template yang Sobat gunakan memang tidak termasuk dalam kategori template yang menggunakan background transparan untuk bidang halaman. Sehingga sangatlah wajar bila tag yang Sobat maksudkan tidak ditemukan.

Jadi, seperti yang aya uraikan di atas, bahwasanya teknik ini memang hanya berlaku pada beberapa kategori template saja. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog