Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 22 September 2012

Cara Menyembunyikan Widget Daftar Artikel Terkini Yang Terdapat Di Bawah Area Form Komentar Blog [UPDATE]

Artikel ini merupakan update atau pembaruan atas artikel sebelumnya yang berjudul “ Cara Mengedit Template Untuk Mengubah Tema Tampilan Bl...

ELTELU - Daftar Artikel Terkini Di Bawah Area Form Komentar Blog
Artikel ini merupakan update atau pembaruan atas artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Mengedit Template Untuk Mengubah Tema Tampilan Blog Versi Seluler” dan atau artikel dengan judul “MOBILE TEMPLATE - Customize Blogger Mobile Templates”. Update yang dimaksudkan dalam artikel ini adalah penambahan kode atas rangkaian kode yang digunakan pada kedua artikel tersebut, dimana maksud dan tujuan  penambahan kode ini adalah untuk menyembunyikan daftar artikel terkini sesuai dengan label yang terletak di bawah area form komentar untuk tiap-tiap artikel.

Seperti yang dapat diketahui bahwasanya apabila sebelum ini Anda telah mengimplementasikan teknik kustomisasi template untuk mengubah tema tampilan halaman versi seluler dengan menggunakan cara-cara yang diuraikan dalam kedua artikel di atas, maka sebagai hasil atas kustomisasi yang dilakukan tersebut salah satunya adalah dengan ditampilkannya daftar artikel sesuai label (kategori) dalam tampilan versi mobile blog yang dimaksud. Namun perlu diketahui pula bahwa daftar artikel yang dimaksud (seperti yang tampak pada gambar di atas) selain ditampilkan di halaman beranda akan ditampilkan pula di bawah area form komentar yang terdapat dalam setiap artikel, sehingga tentu saja menjadi kurang efektif karena dapat memperberat loading atau penayangan artikel yang dimaksud.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka yang perlu dilakukan adalah menyembunyikan daftar artikel terkini dari halaman artikel, sehingga daftar artikel sesuai label nantinya hanya ditampilkan di halaman beranda saja. Yang mana untuk keperluan tersebut maka dapat dikerjakan dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, cari kode <b:includable id='mobile-nextprev'> dan kemudian perhatikan rangkaian kode yang ada di bawahnya seperti yang tampak pada ilustrasi kode berikut ini.
<b:includable id='mobile-nextprev'>
  <div class='blog-pager' id='blog-pager'>
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
      <div class='mobile-site-widget-title'>
      
      <!---- rangkaian kode ---->
      
      </div>
    </b:if>
    
    <!---- rangkaian kode ---->
    
  </div>
  <div class='clear'/>
</b:includable>

Selanjutnya dalam rangkaian kode tersebut sisipkan <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> tepat di bawah kode <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> dan sisipkan pula </b:if> tepat di atas kode </b:if> yang telah ada, sehingga akhirnya rangkaian kode menjadi seperti berikut ini.
<b:includable id='mobile-nextprev'>
  <div class='blog-pager' id='blog-pager'>
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <!---- kode yang ditambahkan ---->
      <div class='mobile-site-widget-title'>
      
      <!---- rangkaian kode ---->
      
      </div>
      </b:if> <!---- kode yang ditambahkan ---->
    </b:if>
    
    <!---- rangkaian kode ---->
    
  </div>
  <div class='clear'/>
</b:includable>


Ketiga, simpan template.

Dengan demikian maka daftar artikel terkini berdasarkan label (kategori) hanya ditampilkan di halaman beranda blog saja dan tidak akan ditampilkan di halaman lain (termasuk halaman artikel yang diterbitkan). Namun perlu diingat bahwa update atau pembaruan ini hanya berlaku bagi Anda yang mengimplementasikan teknik kustomisasi template untuk desain halaman blog versi mobile yang sebelumnya telah diuraikan dalam artikel dengan judul “Cara Mengedit Template Untuk Mengubah Tema Tampilan Blog Versi Seluler” serta artikel yang berjudul “MOBILE TEMPLATE - Customize Blogger Mobile Templates”, dan tidak berlaku bagi Anda yang tidak mengimplementasikan teknik kustomisasi template yang diuraikan dalam kedua artikel tersebut.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
24/09/12 11.42 O

kunjungan balik gan, salam kenal. Blognya mantap..

24/09/12 12.51 O

@Royan NaimiTerimakasih atas kunjungan baliknya Sob. Dan terimakasih atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini.

Salam. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog