Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

28
Tgl. 20 Oktober 2012

Cara Menjadikan Setiap Kalimat Atau Paragraf Dalam Artikel Otomatis Rata Kiri Dan Kanan

Sobat Blogger, seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya apabila menyusun artikel dengan menuliskannya menggunakan editor Blogger, maka...

Contoh Artikel Dengan Pengaturan Paragraf Rata Kiri Dan Kanan
Sobat Blogger, seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya apabila menyusun artikel dengan menuliskannya menggunakan editor Blogger, maka setelan perataan default yang dipakai pada tiap kalimat atau paragraf dalam artikel tersebut adalah teks rata kiri. Sehingga dengan sistem perataan teks rata kiri seperti ini, maka kita harus mengubah setelan perataan (alignment) dari setiap paragraf agar tampak lebih rapi (sebagai contoh misalnya adalah dengan menggunakan sistem perataan justify atau rata kiri dan kanan) sebelum artikel tersebut diterbitkan.

Dalam hal mengatur setelan perataan teks untuk setiap kalimat atau paragraf yang terdapat dalam artikel sebenarnya tidaklah sulit, karena dapat dilakukan secara cepat yaitu dengan cara mengeblok kalimat atau paragraf yang dimaksud dan kemudian mengeklik salah satu tombol perataan teks yang terdapat dalam toolbar alignment. Namun perlu diketahui bahwasanya pengaturan untuk setelan perataan teks dapat dipermudah lagi yaitu dengan menambahkan kode CSS tertentu ke dalam template, sehingga setelah artikel diterbitkan maka secara otomatis sistem perataan teks yang digunakan pada setiap kalimat atau paragraf yang terdapat dalam artikel tersebut adalah sesuai dengan sistem perataan teks yang dipakai pada kode CSS dalam template.

Sebagai contoh misalnya jika setelan sistem perataan teks yang dipakai pada kode CSS dalam template adalah rata kiri-kanan (justify), maka tanpa harus melakukan pengaturan perataan teks pada setiap kalimat atau paragraf, secara otomatis setelah artikel diterbitkan setiap kalimat atau paragraf yang terdapat di dalamnya akan menjadi rata kiri-kanan. Demikian pula jika setelan perataan teks yang dipakai adalah rata tengah atau rata kanan, maka setelah artikel diterbitkan secara otomatis pula setiap kalimat atau paragraf yang terdapat di dalamnya akan menjadi rata tengah atau rata kanan.

Oke, selanjutnya untuk keperluan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan’.

Kedua, cari kode ]]></b:skin> dan kemudian sisipkan kode CSS berikut ini tepat di atasnya.
.post-body.entry-content {
  text-align: justify;
}


Ketiga, simpan template.

Dengan demikian maka Anda tidak perlu lagi repot-repot menentukan sistem perataan teks yang digunakan untuk setiap kalimat atau paragraf yang terdapat dalam artikel, karena setelah diterbitkan maka secara otomatis setiap kalimat atau paragraf yang terdapat dalam artikel tersebut akan menjadi rata kiri-kanan. Sehingga dengan demikian dapat diartikan pula bahwa Anda dapat menulis dan atau menyusun artikel untuk kemudian diterbitkan tanpa perlu mengkhawatirkan sistem perataan teks yang digunakan untuk artikel tersebut karena sistem perataan teks secara otomatis akan menyesuaikan dengan sistem perataan yang digunakan pada kode CSS di atas.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.


Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 28 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Menjadikan Setiap Kalimat Atau Paragraf Dalam Artikel Otomatis Rata Kiri Dan Kanan .
Anonim
20/10/12 23.09 O

tolong ya bos halaman anda sudah saya join, udah ane follow. tolong follow back, ane doakan ente naik haji kalo follow back

http://marymonggo.blogspot.com/

21/10/12 02.09 O

@marymonggoOke, terimakasih Sobat.

22/10/12 00.22 O

penting nih, soalnya kadang lupa perataan klo gi nulis postingan, klo sempet tar saya coba deh.
kunjung balik ya ke http://lizwana.blogspot.com/

23/10/12 01.04 O

@Liz WanaSilakan bila Soba ingin mencoba menerapkan teknik tersebut. :)

23/10/12 10.56 O

Terima kasih mas. postinganya keren2 :)

Anonim
23/10/12 13.52 O

Kalau biasa menulis pendek sih nggak masalah, tapi bagi yang suka corat coret panjang lebar di blog tips ini sangat membantu meringankan klik di mouse. Ternyata sederhana ya buat merubahnya ... hehehe ... Tapi seninya ngeblog adalah siapa yang tau lebih dulu, tentunya jadi rujukan bagi pemula. Salam kenal sobat

23/10/12 17.03 O

@odam hamzanSama-sama Sobat. :)

23/10/12 17.04 O

@tipsinfopemasaranTerimakasih dan salam kenal balik Sobat. :)

28/10/12 23.02 O

@AYAHE MELA
aduh terimakasih banyak ya berhubung saya baru bikin blog, ini semua sungguh berguna hehehe

kunjungi blog saya juga ya :)
http://togetherpcgame.blogspot.com
thanks

30/10/12 08.01 O

@Fajar ValentineSama-sama Sobat. :)

Btw, ketika saya buka URL yang Sobat tuliskan kok malah muncul tampilan pesan seperti ini ya 'Maaf, blog yang Anda cari tidak ada. Namun nama togetherpcgame tersedia untuk didaftarkan!'?

14/11/12 01.04 O

Kunbal pertama bos...
Salam kenal.

Artikel'nya cukup membantu .
Ane pengen si, tiap membuat posting texs otomatis jadi rata tengah..
Tapi sayang'a ane g bsa edit html.

Coz' ane ngblog pke hp butut. Hehe :D

14/11/12 18.09 O

@Acill dmickyTerimakasih atas kunjungan baliknya Sobat. :)

14/11/12 21.01 O

Saya sdh coba scrip artikel rata kiri kanan dan bisa,cuma yang saya khawatirkan dalm 5hari ada perubahan pada blog tidak?.thanks sukses selalu

15/11/12 09.42 O

@Ramses TambunanSaya rasa tidak akan terjadi perubahan sama sekali, Sob.

Terbukti dari penggunaan teknik tersebut pada blog ini, sampai sekarang juga tidak terjadi perubahan sama sekali.

23/11/12 07.52 O

thks brow infonya sukses selalu

23/11/12 07.52 O

mantab mas brow

23/11/12 08.48 O

@PutraTerimakasih Sobat. :)

05/12/12 23.03 O

mantap sob artikelnya .. keren abis .. kerja sedikit dengan hasil yg gede .. saya sebarkan lewat Blog gue yach sob .. itupun klo ada yg ngelihat sob .. ihihihi ..

satu pertanyaan sob .. gimana cara memasukan permalink tag dari sini ke blog lain ..

terima kasih dan salam ..

06/12/12 09.45 O

@bu punsuTerimakasih Sobat.

Dan mengenai cara memasukkan permalink tag, Sobat dapat menemukan jawabannya secara lebih rinci dengan membuka http://microformats.org/wiki/rel (karena menurut sepengetahuan saya antara permalink dan tag tidaklah sama).

08/12/12 03.44 O

@AYAHE MELA hihihi .. mungkin saya salah bertanya sob .. yg saya maksud itu loh sob .. menaruh link sumber saat kita posting artikel yg kita ambil dari Blog sahabat ..

Contoh link punya sobat yg ada di bawah Tulisan Admin ..

sebelumnya terima kasih dan salam

09/12/12 03.09 O

@bu punsuBila yang Sobat maksud adalah memasang link sumber dalam artikel yang diterbitkan, maka Sobat dapat menemukan jawabannya dengan cara membuka artikel berikut ini.

Cara Memasang Script Atau Kode HTML Pada Blog

10/12/12 11.18 O

Artikel yang bagus....semakin kita rajin otak atik blog dan template...saya yakin pengetahuan tentang blog akan bertambah

11/12/12 17.39 O

@Yudhik GjBetul sekali Sob. Terimakasih.

14/12/12 07.54 O

Salam bro.
Wah ini artikel singkat tapi sangat bermanfaat sob, soalnya pengaturan paragraf sering membuat saya merasa jengkel ketika menerbitkan postingan, kadang sudah di atur rata kiri kanan, eh munculnya rata kiri atau kanan, jadi g enak banget liatnya, jadi harus mengatur berulang kali. wah thank you banget sob. Sukses selalu..!!
Salam.

16/12/12 00.37 O

@Ahmad BakriTerimakasih balik Sobat. Semoga uraian teknik yang saya paparkan di atas benar dapat diambil guna dan manfaatnya.

Anonim
07/07/13 02.04 O

kenapa wkt saya coba masih belum berhasil mz...

mohon pencerahannya mz :)

07/07/13 02.38 O

@Jaya PrasetyaSobat, perlu diketahui bahwasanya teknik tersebut (dan juga termasuk teknik yang saya uraikan pada artikel lainnya) adalah dengan mengacu pada penggunaan template standar yang telah disediakan oleh Blogger. Sehingga dengan demikian dapat diartikan bahwa teknik tersebut belum tentu dapat digunakan secara optimal pada custom template (seperti template yang Sobat pakai), karena bisa jadi ID/Class yang terdapat pada template tidak sama dengan ID/Class yang digunakan pada template standar Blogger.

Semoga dapat membantu. :)

Terimakasih sangat membantu :D sudah saya terapkan di blog saya :)

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog