Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 16 Oktober 2012

Cara Menyembunyikan Widget Dari Halaman Dengan Link Atau Tautan Yang Tidak Ditemukan

Setelah melakukan penelusuran tentang cara menampilkan dan atau menyembunyikan widget, saya mendapati bahwa ternyata banyak sekali terbit...

Tampilan Widget Pada Halaman Blog Yang Tidak Ditemukan - ELTELU
Setelah melakukan penelusuran tentang cara menampilkan dan atau menyembunyikan widget, saya mendapati bahwa ternyata banyak sekali terbitan artikel yang telah memberikan uraian mengenai hal tersebut. Namun dari sekian banyak artikel yang ada, saya berkesimpulan bahwa terdapat satu hal yang 'terlupakan' mengenai cara menyembunyikan widget pada sebuah blog. Saya berkesimpulan demikian karena dari masing-masing artikel tersebut rata-rata menguraikan hal yang serupa, dalam hal ini adalah memberikan tutorial mengenai cara menampilkan atau menyembunyikan widget pada halaman beranda, konten, atau posting tertentu saja.

Lantas yang dimaksud 'terlupakan' mengenai cara menampilkan atau menyembunyikan widget di sini tentang hal apa? Yang dimaksud dengan 'terlupakan' di sini adalah tentang cara menyembunyikan atau menampilkan widget pada halaman yang tidak ditemukan. Dimana maksudnya halaman yang tidak ditemukan itu sendiri adalah halaman dari artikel yang bisa jadi telah dikembalikan dalam bentuk draft atau halaman dari artikel yang telah dihapus.

Perlu diketahui bahwasanya ketika pengunjung membuka halaman yang telah dihapus atau dikembalikan dalam bentuk draft dari tautan SERP (Search Engine Result Page) yang merupakan hasil peng-indeks-an mesin telusur, maka secara otomatis pengunjung akan mendapati error page alias halaman yang tidak ditemukan. Sementara itu di halaman tersebut hanya terdapat sebuah pesan singkat yang menyatakan bahwa halaman yang dicari atau dibuka tidak ada, dan akhirnya tampilan widget yang terdapat pada sidebar tampak memanjang ke bawah. Sehingga bisa jadi tampilan untuk halaman yang tidak ditemukan akan menjadi lebih rapi bila widget yang memang sekiranya tidak perlu ditampilkan di halaman tersebut disembunyikan saja.

Dan kemudian yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara untuk menyembunyikan widget pada halaman yang tidak ditemukan? Untuk menyembunyikan widget pada halaman yang tidak ditemukan, maka dapat memakai fungsi logika yang digunakan dalam teknik mengganti isi pesan yang ditampilkan dalam status message seperti yang saya uraikan dalam artikel sebelumnya dengan judul “Cara Mengganti Isi Pesan Yang Ditampilkan Pada Status Message Ketika Sebuah Label Artikel Diklik”. Sedangkan untuk keperluan tersebut, Anda dapat mengerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, cari widget yang akan disembunyikan (untuk mempercepat pencarian, maka tekan Ctrl + F dan kemudian ketik nama judul widget). Misalnya ketika ingin menyembunyikan widget artikel populer, maka cari widget tersebut dan kemudian sisipkan kode <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'> tepat di bawah <b:includable id='main'> dan sisipkan pula </b:if> tepat di atas </b:includable> yang terdapat pada rangkaian kode widget tersebut. Sebagai contoh perhatikan rangkaian kode berikut ini.
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Artikel Populer' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
  <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
  
  // rangkaian kode //
  
  </b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Keterangan:
Jika fungsi logika yang digunakan dalam rangkaian kode di atas akan menyembunyikan widget dari halaman yang tidak ditemukan (error page), maka apabila hanya ingin menampilkan widget pada error page saja, Anda dapat menggunakan fungsi logika <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>.

Ketiga, simpan template.

Sebagai demo dari penggunaan dan penerapan teknik tersebut, maka silakan buka http:**eltelu.blogspot.com*error-page-demo. (ganti tanda * dengan tanda / atau slash)

Semoga berguna dan bermanfaat
Salam.




Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Menyembunyikan Widget Dari Halaman Dengan Link Atau Tautan Yang Tidak Ditemukan .
17/10/12 14.33 O

sekarang sudah saya pasang gan..monggo di check
heheehe maaf ya gan

17/10/12 17.40 O

@Chimar WahabTerimakasih atas kerjasama baiknya, Sob.

Tautan juga sudah saya pasang balik. Dan silakan dicek dalam kolom 'Blog Sahabat' yang terdapat di halaman beranda.

Oh ya, mohon maaf jika yang saya pasang berupa tautan teks, karena semestinya yang saya pasang adalah banner. Hal ini disebabkan karena saya kesulitan menemukan kode HTML untuk banner Sobat, sehingga terpaksa yang saya pasang adalah tautan teks.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog