Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

13
Tgl. 14 Oktober 2012

Cara Mengganti Isi Pesan Yang Ditampilkan Pada Status Message Ketika Sebuah Label Artikel Diklik

Sobat Blogger, setelah sebelumnya saya menerbitkan artikel dengan judul “ Cara Mengubah Desain Tampilan Warna Garis Dan Background Status ...

Tampilan Status Message Yang Dimunculkan Ketika Label Diklik
Sobat Blogger, setelah sebelumnya saya menerbitkan artikel dengan judul “Cara Mengubah Desain Tampilan Warna Garis Dan Background Status Message Blog” yang menguraikan sebuah teknik untuk ‘mempercantik’ desain tampilan status message,  ternyata ada respon sangat positif dari seorang sahabat yang disampaikan dalam artikel tersebut. Ia menyampaikan bahwa akan menjadi lebih keren lagi jika kustomisasi yang dilakukan pada status message tidak hanya sebatas modifikasi tampilan dengan menambahkan kode CSS tertentu ke dalam template, namun dengan mengubah kata atau kalimat yang ditampilkan dalam pesan status tersebut. Jadi maksudnya adalah yang dimunculkan dalam status message bukan lagi kalimat ‘Showing posts with label Themes. Show all posts’, akan tetapi diganti sesuai dengan kata-kata atau kalimat olahan kita sendiri.

Nah, menanggapi respon yang saya sebutkan di atas, akhirnya saya pun berinisiatif untuk menyusun dan kemudian menerbitkan artikel ini dengan harapan dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi dalam melakukan kustomisasi pada widget status message. Dimana untuk keperluan tersebut (kustomisasi pada widget status message), dapat dilakukan dengan cara mengerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.

Kedua, cari kode <b:includable id='status-message'> dan kemudian hapus seluruh rangkaian kode untuk bagian tersebut. Sebagai contoh perhatikan rangkaian kode di bawah ini.
<b:includable id='status-message'>  <!-- hapus dari sini -->
  <b:if cond='data:navMessage'>
  
      // rangkaian kode //
  
  </b:if>
</b:includable>  <!-- hapus sampai sini -->


Ketiga, sisipkan rangkaian kode berikut ini pada bagian kode yang telah dihapus dengan menggunakan langkah kedua.
<b:includable id='status-message'>
  <b:if cond='data:navMessage'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "error_page"'>
      <div class='status-msg-wrap'>
        <div class='status-msg-body'>
          <data:navMessage/>
        </div>
        <div class='status-msg-border'>
          <div class='status-msg-bg'>
            <div class='status-msg-hidden'><data:navMessage/></div>
          </div>
        </div>
      </div>
      <div style='clear: both;'/>
    <b:else/>
      <div class='status-msg-wrap'>
        <div class='status-msg-body'>
          Menampilkan Daftar Posting Sesuai Dengan Label Yang Anda Pilih. <a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Klik Di Sini</a> Untuk Menampilkan Semua Kategori Artikel.
        </div>
        <div class='status-msg-border'>
          <div class='status-msg-bg'>
            <div class='status-msg-hidden'>Menampilkan Daftar Posting Sesuai Dengan Label Yang Anda Pilih. <a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Klik Di Sini</a> Untuk Menampilkan Semua Kategori Artikel.</div>
          </div>
        </div>
      </div>
      <div style='clear: both;'/>
    </b:if>
  </b:if>
</b:includable>

Keterangan:
Rangkaian kode yang terdapat di antara <b:if cond='data:blog.pageType == "error_page"'> dan <b:else/> berfungsi menampilkan pesan status khusus untuk halaman yang tidak ditemukan. Dimana kalimat atau isi pesan status untuk bagian ini dapat diatur dengan dengan menggunakan menu yang terdapat pada Dasbor Blogger, dalam hal ini adalah dengan menggunakan menu ‘Setelan>Preferensi penelusuran>Kesalahan dan pengalihan>Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan’.
Sedangkan rangkaian kode yang terdapat di antara <b:else/> dan </b:if> digunakan untuk menampilkan pesan ketika dilakukan klik pada salah satu label yang menyatakan kategori artikel yang diterbitkan. Pesan status yang digunakan pada bagian ini hanyalah sekedar contoh sesuai dengan pesan status yang digunakan blog ini, sehingga apabila kata-kata atau kalimatnya serta tautan yang digunakan belum sesuai dengan keinginan Anda maka silakan dilakukan perubahan seperlunya.

Keempat, simpan template.

Setelah template disimpan, maka tampilan pesan status yang didapatkan lebih kurang adalah seperti yang tampak pada gambar di atas. Namun demikian tidak termasuk pada desain tampilan warna garis dan latar status message tersebut. Sehingga untuk melakukan perubahan desain tampilan status message, Anda dapat mengerjakan langkah-langkah sesuai dengan teknik yang saya uraikan dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Mengubah Desain Tampilan Warna Garis Dan Background Status Message Blog”.

Semoga berguna dan bermanfaat. Dan apabila mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan teknik tersebut, maka silakan ajukan pertanyaan sesuai dengan kesulitan yang Anda alami dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.
Salam.


Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 13 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Mengganti Isi Pesan Yang Ditampilkan Pada Status Message Ketika Sebuah Label Artikel Diklik .
15/10/12 00.18 O

Patut dicoba sobat...Trima kasih

15/10/12 09.20 O

@Kraeng FranciscoSilakan Sob... :)

15/10/12 15.03 O

aiisshhh...

si mas ini selalu dapet yang sya mau hehehe makasih banget nih mas udah mau publish tutornya....

tapi makenya ntar aja abis ganti template hehehe :))

16/10/12 15.08 O

ehehehe mantabss sob tutornya :D tapi yang pesan diatas itu aku hapus aja supaya gk ikut2an.. :D soalnya bisa gk SEO.. :D hehehe

16/10/12 15.33 O

@Unlimit -Softwew ada hubungannya sama SEO toh.... o_O

16/10/12 17.08 O

@Unlimit -SoftTerimakasih Sobat.

Namun jujur saja menurut saya malah sebaliknya. Karena Google (Blogger) tidak mungkin memberikan fitur seperti ini di dalam produknya apabila fitur tersebut kurang atau bahkan tidak SEO Friendly. :)

CMIIW

16/10/12 17.11 O

@Limit PostSama-sama Sobat. Terimakasih atas respon yang diberikan dalam artikel sebelumnya karena telah menginspirasi saya untuk menyusun dan kemudian menerbitkan artikel ini. :)

26/12/12 06.27 O

keren keren sob

27/12/12 02.00 O

@Arluva StoryTerimakasih Sobat

17/03/13 06.39 O

gan saya mau request dong, gimana caranya mengubah tampilan Showing label seperti punya agan ini.. memakai gambar.. atau boleh juga yg simpel hanya mengguanakan simbol.. please ya gan.. butuh bantuan nih :(

20/03/13 16.39 O

@Nandar SunandarSobat, coba cari dulu artikelnya di daftar isi. Karena hampir semua yang saya lakukan untuk blog ini juga saya terbitkan uraian artikelnya di sini.

Namun bila ternyata Sobat tidak menemukannya, maka kali lain saya akan berusaha untuk menyusun artikelnya. Akan tetapi untuk sementara ini kira-kira memang belum bisa, karena terkendala dengan kesibukan lain. :)

23/10/13 15.25 O

terimakasih atas tutonya.

bagaimana cara membuat pesan halaman tidak ditemukan khusus,

dengan pesan 'halaman tidak ditemukan' khusus, yang berbeda antara versi mobile dan komputer

contoh :

- PESAN DIHALAMAN TIDAK DITEMUKAN DI BLOG VERSI KOMPUTER :

Maaf, halaman yang anda cari tidak ditemukan.

- PESAN HALAMAN TIDAK DITEMUKAN DI BLOG VERSI MOBILE :

Sorry, halaman yang kamu cari gak ditemukan

seperti itu kan berbeda, bagaimana caranya ?

terimakasih

24/10/13 09.19 O

@Kenny AlfaHwaduh, kalau untuk membuat pesan yang berbeda antara tampilan versi desktop dan seluler jujur saja saya sendiri juga belum mengetahui dan belum pernah mencobanya Sob. Akan tetapi kalau untuk pesan yang sama untuk halaman yang tidak ditemukan pada tampilan versi web maupun seluler dapat Sobat lihat uraiannya dalam artikel ini.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog