Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

33
Tgl. 08 Juni 2013

Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?

Contoh Widget Dalam Bentuk IFRAME Yang Terpasang Pada Sidebar Blog
Pernahkah Anda melakukan pengecekan terhadap seberapa tinggi perolehan nilai SEO dari template yang Anda gunakan? Ya, SEO Score. Bisa jadi selama ini hal tersebut merupakan salah satu faktor dari berbagai faktor lain yang menjadi sebuah pertimbangan bagi seorang Blogger ketika ingin menggunakan template tertentu untuk blog yang dikelolanya. Sehingga apabila diberikan beberapa pilihan template yang serupa dengan peringkat SEO yang berbeda, maka bisa jadi template yang dipilih untuk kemudian dipasang dan digunakan adalah template yang memiliki SEO Score paling tinggi. Namun tahukah Anda bahwa sepertinya peringkat awal sebuah template bukanlah suatu jaminan untuk mendapatkan nilai SEO yang tinggi pada blog yang kita kelola, karena bisa saja SEO Score akan berubah seiring dengan penambahan atau pemasangan widget pada blog yang kita kelola.

Berbicara tentang pengaruh widget terhadap SEO Score sebuah blog, salah satu widget yang ternyata mengakibatkan dampak “cukup besar” adalah widget yang berbentuk IFRAME. Sebagai contoh paling mudah untuk widget jenis ini misalnya adalah Facebook Like Button Widget seperti yang tampak pada gambar di atas.

Lantas seberapa besarkah pengaruh pemasangan widget dalam bentuk IFRAME terhadap SEO Score sebuah blog? Berdasarkan percobaan pengecekan yang saya lakukan dengan memanfaatkan fasilitas pengecekan peringat SEO yang disediakan oleh CHKME, ternyata pemasangan IFRAME pada widget blog dapat mengurangi SEO Score cukup banyak. Dalam hal ini lebih kurang terdapat selisih sekitar 22% antara blog yang memasang widget dalam bentuk IFRAME dengan blog yang tidak memasang widget dalam bentuk IFRAME. Dimana blog yang dimaksud adalah sama dan menggunakan template yang sama pula.

Selanjutnya, sebagai gambaran bukti dari hal tersebut di atas adalah sebagaimana yang tampak pada kedua gambar cuplikan di bawah ini.

Pertama, berikut ini adalah cuplikan gambar yang menunjukkan peringkat SEO yang didapat sebelum dilakukan pemasangan widget dalam bentuk IFRAME.
SEO Scrore Eltelu Blog Sebelum Dilakukan Pemasangan Widget Dalam Bentuk IFRAME
Sumber gambar. chkme.com

Kedua, sedangkan berikut ini adalah cuplikan gambar yang menunjukkan peringkat SEO yang didapat setelah dilakukan pemasangan widget dalam bentuk IFRAME.
SEO Scrore Eltelu Blog Setelah Dilakukan Pemasangan Widget Dalam Bentuk IFRAME
Sumber gambar. chkme.com

Berdasarkan kedua cuplikan gambar di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan SEO Score yang sangat mencolok antara blog yang tidak memasang IFRAME dengan blog yang memasang IFRAME dalam widget. Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “pemasangan widget dalam bentuk IFRAME sangat berpengaruh terhadap SEO”. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat adalah bahwasanya kesimpulan tersebut hanya mengacu pada perolehan peringkat berdasarkan penghitungan skor yang dilakukan oleh CHKME saja, karena (menurut sepengetahuan saya) SEO Score yang ditunjukkan oleh CHKME tidak jarang dipakai sebagai salah satu tolok ukur untuk menentukan apakah sebuah template termasuk dalam kategori SEO Friendly atau tidak. Sementara itu bila dilakukan pengecekan dengan menggunakan fasilitas SEO Tools yang lain, bisa saja kesimpulan hasilnya tidaklah seperti kesimpulan hasil di atas.

Kembali pada pembahasan tentang pemasangan widget dalam bentuk IFRAME, jika pada kenyataannya hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya nilai atau peringkat SEO sebuah blog, maka sebaiknya bagaimana? Apakah lantas pemasangan widget dalam bentuk IFRAME perlu dihindari atau bahkan tidak usah dilakukan sama sekali?

Tentu saja jawabannya akan menjadi satu hal yang sangat membingungkan, karena di satu sisi bisa jadi pemasangan widget dalam bentuk IFRAME dapat memberikan suatu keuntungan (sebagai contoh misalnya memberikan kemudahan pada pembaca serta pengunjung) akan tetapi di sisi lain bisa jadi malah mengakibatkan kerugian tersendiri (sebagai contoh misalnya dapat mengakibatkan berkurangnya peringkat SEO).

Lantas bagaimana solusinya?

Jadi, berdasarkan dari segala keuntungan maupun kerugian yang diakibatkan, (menurut saya) pemasangan widget dalam bentuk IFRAME sebenarnya tidaklah harus dihindari. Selama pemasangannya tidak berlebihan, maka (menurut saya) pemasangan widget dalam bentuk IFRAME juga tidak akan mengakibatkan dampak buruk yang berlebihan pula pada blog yang kita kelola.

Nah, terkait dengan perihal uraian tersebut di atas, kalau menurut pendapat Anda bagaimana?


Katagori: ,
Terdapat 33 komentar pada artikel ini ▶
08/06/13, 23.30 O

Mas, tolong jelaskan sedikit dong secara sedrhana aja, yg dimaksud IFRAME itu apa?

09/06/13, 10.34 O

@rxoroxrDefinisinya lebih kurang begini, Sob.

IFRAME (inline frame) merupakan sebuah bingkai inline yang digunakan untuk menanamkan (menayangkan) dokumen lain dalam sebuah dokumen HTML.

Jadi dengan memanfaatkan IFRAME maka kita pun juga dapat membuat sebuah dokumen HTML baru dalam dokumen HTML yang telah ada.

Sekian dan semoga dapat dipahami.
CMIIW

09/06/13, 16.21 O

Sobat, ternyata setelah saya cek juga, punya saya masih rendah SEO-nya.
Namun saya mau tanya, apa tipsnya supaya blog saya meningkat SEO-nya. Saya sudah terus promosi dan meningkatkan Teknik SEO di Judul. Namun hasilnya belum seberapa. Kira-kira apa ya Sob tipsnya? Terima kasih

09/06/13, 21.39 O

@Indra KrisnadiSobat Indra Krisnadi, bila ditanya tentang bagaimana tipsnya supaya blog bisa meningkat SEO-nya, maka jujur saja saya juga bingung untuk menjawabnya. Sebab menurut sepengetahuan saya, faktor yang mempengaruhi tingkat SEO sebuah blog itu sangatlah komplek. Sebagai contoh paling mudah misalnya adalah seperti yang telah saya uraikan dalam artikel di atas. Hanya karena satu faktor yaitu pemasangan widget dalam bentuk IFRAME, ternyata sudah dapat mengurangi SEO Score kan.

Jadi agar tingkat SEO dapat meningkat maka optimasi juga mesti dilakukan pada berbagai faktor yang sekiranya berpengaruh terhadap SEO. Sebagai contoh misalnya mengoptimalkan kata kunci yang terdapat dalam artikel, pengoptimalan template, backlink, dan lain sebagainya (yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu), serta termasuk diantaranya adalah mengoptimalkan teknik SEO pada bagian judul.



10/06/13, 01.36 O

@AYAHE MELAwohh...jd misalnya gini mas, kita masang widget scroll bar, trus di dalamnya ditaroh banner misal milik Alexa, apa itu termasuk?

10/06/13, 21.32 O

@rxoroxrTidak Sob. Kalau yang seperti itu tidak termasuk dalam kategori IFRAME.

Jadi, untuk lebih jelasnya tentang IFRAME, Sobat dapat melihat referensi lengkapnya pada tautan ini --> http://en.wikipedia.org/wiki/HTML_element#Frames

Anonim
11/06/13, 18.48 O

Selamat malam ayah e Mela, :D gimana kabarnya??
lama saya tidak blogwalking..
:D

Oh ya, Kalau saya memakai widget yang hanya menyediaan share FB Twitter dan Gplus dengan widget melayang tetapi skor saya kok masih 91%, sementara blog yang satunya, saya hanya memakai tombol klik FB saja sebagai penggemar. dan tetap nilainya 93%

cara membedakan widget tersebut iframe atau tidak apa ya?? selain ada kata iframe dalam kodescript tersebut..

terima kasih

12/06/13, 09.10 O

@cara-baru-andieNah, berarti ini kasusnya lain lagi Sob. Oleh sebab itulah pada artikel ini saya menuliskan judul "Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?"

Sebab ketika saya tidak memasang widget dalam bentuk IFRAME, ternyata SEO Score yang didapat ELTELU adalah 100%.

Sedangkan setelah saya memasang widget dalam bentuk IFRAME, SEO Score malah turun drastis menjadi 78% saja.

Yaaah, kalau begitu berarti bisa jadi ada faktor lain yang juga mempengaruhi, Sob. Sebab kalau kita membahas tentang masalah SEO, faktor yang mempengaruhinya kan memang sangat komplek.

Kemudian kalau untuk membedakan widget yang berbentuk IFRAME atau bukan, (menurut sepengetahuan saya) cara yang paling mudah ya dengan melihat apakah terdapat kata IFRAME atau tidak, Sob.

Tapi menurut sepengetahuan saya pula, ada juga widget berbentuk IFRAME yang kemudian dapat tampil dari penggunaan script tertentu. Sebagai contoh paling mudah misalnya adalah widget iklan Google AdSense.

Nah, kalau misalnya dicermati dan ditelusuri, widget iklan Google AdSense itu awal pemasangannya kan dengan menggunakan script tertentu. Tapi akhirnya setelah iklan ditayangkan dan kemudian kita lakukan inspect element pada widget tersebut, ternyata di dalamnya terdapat bagian IFRAME.

12/06/13, 15.01 O

Bener sekali masalah seo memang sangat kompleks yaa mulai dari kecepatan sampai pengaturan templete..

Oh ya, makasi ayah, uda memberitahu tentang script yang error di FF saya, sekarang sudah diperbaiki..
:D

15/06/13, 08.27 O

@Andie ShinigamiIya Sob. Sama-sama.

Anonim
17/06/13, 14.42 O

oh gtu ya mas untung aja pnyaku gak ada iframe nya dan scorenya cma 76%..
klo boleh tnya gmna ya cara buat form komentar kaya gini ?

17/06/13, 15.10 O

wah, hebat jg sob posisi SEO blogmu

17/06/13, 15.12 O

Oke, makasih infonya gan :)
Alhamdulillah blog saya belum pasang widget seperti diatas dan hasil seo score nya di chkme juga 97% :D

Thanks before !

18/06/13, 09.23 O

@Mas AchmadUntuk membuat thread komentar seperti ini, Sobat dapat melihat referensinya secara langsung pada alamat berikut ini:
---------------
>> http://www.vnblogspot.com/2011/12/comment-phan-cap-cho-blogger.html

18/06/13, 09.30 O

@Penghuni 60Sobat, kalau dibilang hebat saya rasa terlalu berlebihan lah. Sebab hasil pengecekan di atas hanya berdasar pada hasil analisa yang dilakukan oleh chkme yang notabene belum dapat dijadikan sebagai patokan.

Karena apabila dilakukan pengecekan dengan memakai SEO Tools yang lain, bisa jadi SEO Score-nya bisa jadi malah lebih rendah dari itu.

18/06/13, 09.31 O

@Wandhy FalsSama-sama dan terimakasih balik atas berkenannya mengeposkan komentar dalam artikel ini, Sob. :)

Anonim
20/06/13, 17.26 O

@AYAHE MELABegini ya saya definisikan sebenarnya SEO itu seperti apa.

Template ga ada yang SEO frendly..
seo bukan berdasarkan theme dan template tetapi bagaimana sang pengelola dan faktor lainnya..
biar susunannya sesuai di minta google tapi klo ga pernah di update sama juga bohong..itu logikanya..

jadi logika yang benar template itu tidak ada yang SEO frendly yang ada adalah user friendly.

Gampangnya gini..SEO itu adalah kuantitas bukan kualitas..dan element seo adalah meta title, meta tag dari google, open graph, keyword, link..itu saja sebenernya..

klo kita bagi di <head> adalah element title, meta, feed, canonical, opengraph,

tubuh <body> semantik, keyword, link,

bawah <footer> keterangan dan bisa microdata.

Jadi static website itu lebih ramah di robot danboot karena dia tidak berubah bentuk tetapi miskin kata kunci, sedangkan dinamis website tidak ramah di boot dan robot karena dia berubah bentuk tetapi kaya kata kunci..

kesimpulan:

mau apa website kita?

mau hanya produk yang dipasarkan?
buat saja brand dan buat static website untuk satu produk

klo mau jadi publisher?
ya buat aja blog dengan target kata kunci di setiap text..

Sumber: http://id.amdhas.com/blog/post/membuat-website-untuk-manusia-bukan-untuk-mesin

Apa yang mau Anda katakan mengenai itu? :D

20/06/13, 23.18 O

@Jefry DewanggaOke, Saya sependapat dengan uraian (referensi) yang Sobat paparkan, karena sebelum ini saya juga pernah membaca referensi yang serupa dengan itu.

Jadi apabila sekarang Sobat bertanya, "Apa yang mau Anda katakan mengenai itu?", maka saya rasa jawabannya sangat simple. Dimana dalam hal ini jawabannya tentu saja adalah kembali merujuk pada judul yang saya gunakan untuk artikel ini.

Perlu diingat bahwasanya saya menggunakan judul "Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?", yang artinya dapat disimpulkan bahwa ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah pertanyaan atas kasus tertentu. Dalam hal ini kasus yang dimaksud adalah berkurangnya SEO Score yang ditunjukkan oleh CHKME.

Sementara itu pada artikel atas juga telah saya sampaikan bahwa hal ini juga tidak dapat dijadikan sebagai patokan karena perolehan peringat yang didapat hanya berdasarkan penghitungan skor yang dilakukan oleh CHKME saja. Sehingga akhirnya tentu saja kita pun akan kembali lagi pada pokok permasalahan yang sebenarnya yaitu apakah pemasangan IFRAME pada widget benar-benar berpengaruh terhadap SEO atau tidak?

----------

Kemudian apabila di atas Sobat juga bertanya "Mau apa website kita?", maka saya (secara pribadi selaku admin) akan menjawab bahwa blog ini mau saya gunakan untuk belajar, berbagi, serta bertukar pengalaman untuk memperluas ilmu dan wawasan pengetahuan.

Oleh sebab itulah di blog ini saya lebih mengutamakan konten dan kemudahan akses untuk pengunjung, dibanding dengan pernak-pernik widget, iklan, dan sejenisnya. Akan tetapi tentu saja dibalik itu saya juga tidak mengabaikan SEO seperti yang Sobat sampaikan di atas (dalam hal ini kaitannya adalah dengan element seo seperti meta title, meta tag dari google, open graph, keyword, microdata, microformats, RDFa, dan lain sebagainya), karena berbagai hal tersebut (menurut sepengetahuan saya) juga merupakan faktor pendukung agar web/blog yang kita kelola semakin ramah terhadap search engine.

:)



Anonim
28/06/13, 08.11 O

@AYAHE MELAHehehehhe ya bang, itu kan juga sudah disebutkan bahwa elemen SEO sebenarnya hanya:

Di <head> adalah element title, meta, feed, canonical, opengraph,

tubuh <body> semantik, keyword, link,

bawah <footer> keterangan dan bisa microdata.

Kita terkadang salah menilai SEO bang, kita hanya mengoptimasi untuk Search Engine tanpa memperdulikan artikel yang kita tulis. Padahal Search Engine sendiri mengoptimalkan dirinya untuk visitor. :D Sip saya juga sependapat dengan abang.

Anonim
28/06/13, 08.14 O

@AYAHE MELASip saya juga sependapat dengan kamu. ;) Kalau saya si lebih mengutamakan artikel bang, berguna apa ndak untuk pengunjung terus juga desain selalu saya perhatikan.

03/07/13, 21.58 O

Saya ikutan ah :v

tadi saya lihat dikomentar sebelah atas ada perseteruan tentang SEO. Jadi, saya pengen ikutan berbagi pendapat disini. SEO itu tidak hanya ditujukan untuk pembaca atau hanya ditujukan kepada SEARCH ENGINE saja. Tetapi kepada kedua-duanya. Sebagai contoh kita membuat artikel yang sangat mudah dipahami pembaca tapi tak dapat dipahami mesin pencari. Kalau kondisinya seperti ini. Cara promosi artikel hanya bisa dilakukan lewat promosi social media atau social bookmark. Karna posisinya di Search Engine berada di ujung. Contoh. Coba saja tanpa memakai tag h1-h6, a, strong, em, i, b, share button. Itu elemen SEO dan bukan terletak di dalam tag head.

Kemudian contoh ke dua. Seorang yang membuat artikel dengan struktur yang bagus, tapi pembahasanya berbolak balik. Sekalipun ada di page 1 line 1, yg ngebaca juga gak bakal balik2 lagi.

Contoh 3, orang yang membuat artikel terstruktur dengan baik, memakai template dinamic heading + share button + related post + popular post + search box dan artikelnya berkualitas..

Apa yang terjadi?? Jeng jeng... Pengunjung yang dateng tak akan hanya membaca 1 artikel tapi juga artikel lain, karna blog nya dinavigasi dengan baik. Blog Eltelu (L3) contohnya :3

04/07/13, 13.52 O

@Miko Satria D'KamikazeWahhh, boleh... boleh... Kalau mau ikutan juga boleh kok Sob.

Bahkan semakin banyak yang ikutan 'nimbrung' dan kemudian memberikan pendapat, saya rasa malah akan menjadi lebih baik. Sebab masing-masing dari kita tentunya kan memiliki pandangan serta pendapat yang berbeda. Sehingga akhirnya dari berbagai pendapat yang ada itu nantinya dapat kita tarik suatu kesimpulan terbaik terkait dengan hal tersebut. :)

12/07/13, 15.07 O

tlg bang kunjungi blog ku trs klik menu other di bawah, disana aku pakai 6 iframe, dan seoscorenya aku cek cuma 93%, gimana bang?mohon sollusinya...

12/07/13, 15.13 O

balik lagi bang, bukankah komentar di blog itu adalah iframe..

13/07/13, 06.18 O

@Wammy SanKalau untuk solusi, sepertinya hal itu merupakan PR tersendiri bagi kita untuk mengetahui jawabannya Sob. Sebab saya sendiri beranggapan bahwa SEO Score yang ditampilkan itu belum tentu akurat.

Kenapa saya beranggapan demikian? Karena (seperti yang Sobat ungkapkan) bahwasanya form komentar Blogger pun sebenarnya juga merupakan IFRAME yang notabene ternyata tidak mempengaruhi perolehan SEO Score.

Kemudian tidak hanya itu Sob. Seperti yang telah saya ungkapkan di atas, bahwasanya Iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense juga merupakan IFRAME, yang ternyata juga tidak mempengaruhi SEO Score.

Tapi kenapa ketika memasang tombol suka facebook yang juga merupakan IFRAME, tiba-tiba dapat mengurangi SEO Score secara drastis.

Jadi seperti yang saya sampaikan di atas, bahwasanya kasus ini untuk sementara waktu merupakan PR tersendiri bagi saya untuk mengetahui penyebab dan menemukan solusinya.

10/09/13, 21.19 O

saya belum begitu paham masalah iframe ini, kunjungan balik juga ke www.creamputih.blogspot.com mohon kunjungannya yak

10/09/13, 23.27 O

@pemuda martSaya sendiri juga masih dalam taraf belajar dan melakukan uji coba kok Sob. :)

06/12/13, 14.40 O

gan saya udah dapet 100% seo score nya
emang kalau dapet 100% meningkatkan kemungkinan untuk diterima di google adsense soal nya kemarin saya ditolak mungkin karena artikel saya yang masih sedikit sekitar 20 artikel
minta bantuan dong admin gimana cara diterima di google adsense dengan cepat?

di tunggu kunbal nya
http://fikridzulfikar.blogspot.com

07/12/13, 07.03 O

@®fikry™Wahhh, kalau dikaitkan dengan Google AdSense saya rasa tidak bisa Sob. Karena Google AdSense tentu saja memiliki kriteria tersendiri dalam menyeleksi situs yang didaftarkan.

08/09/14, 06.44 O

om semar, kenapa bblog eltelu ini berat banget ya? apa koneksi ane yang lemot :v

08/09/14, 19.45 O

@Ikhsan Iskandar Blog ini sepertinya memang cukup berat Sob. Jadi saya rasa memang bukan disebabkan oleh masalah koneksi yang Sobat pakai. :)

12/11/14, 22.10 O

Blog saya berisi tentang sinopsis film, disitu saya pasang video trailer dari youtube dan itu semua menggunakan Iframe, jadi gimana menurut Mas?

Ini blognya www.crinfilm.com

Minta solusinya dong.

27/11/14, 07.26 O

@Amir Mukhlis Pada artikel tersebut kan sudah ada solusinya Sob. Jadi ada baiknya bila Sobat baca kembali artikel di atas secara urut dan runtut.