Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

6
Tgl. 18 Februari 2014

Meningkatkan Kinerja Laman Dengan Cara Manfaatkan Fitur Mobile Pada Blog

Pernahkah Anda berpikir untuk meningkatkan kinerja dari laman blog yang Anda kelola dengan cara memanfaatkan fitur mobile yang disediakan o...

Eltelu Blog Dengan Desain Tampilan Khusus Versi Seluler

Pernahkah Anda berpikir untuk meningkatkan kinerja dari laman blog yang Anda kelola dengan cara memanfaatkan fitur mobile yang disediakan oleh Blogger? Semenjak Blogger menyediakan fitur untuk tampilan seluler, kinerja penayangan laman ketika diakses dengan memakai perangkat mobile praktis menjadi lebih baik karena laman utama, laman statis, laman dinamis, maupun laman artikel dapat ditayangkan secara optimal pada layar perangkat yang digunakan. Hal ini tentu saja sangat berbeda apabila fitur tersebut tidak diaktifkan karena ketika laman blog diakses dengan memakai perangkat seluler maka model laman yang ditayangkan adalah sama dengan model laman yang ditayangkan untuk tampilan desktop.

Namun demikian walau Blogger sebenarnya telah lama menyediakan fitur seperti itu, pada kenyataannya masih ada yang beranggapan bahwa pemanfaatan fitur ini tidak banyak memberikan kauntungan. Terbukti dari beberapa waktu lalu ada beberapa orang yang menyatakan bahwa peggunaan fitur mobile pada blog pada akhirnya hanya akan mengakibatkan berbagai masalah seperti duplikat konten, tidak SEO friendly, menyulitkan pengaturan iklan yang ditampilkan ketika halaman diakses dengan memakai perangkat mobile, dan lain sejenisnya.

Benarkah mengaktifkan fitur versi seluler pada sebuah blog dapat mengakibatkan diplikat konten? Jika Anda masih beranggapan bahwa mengaktifkan fitur tampilan versi seluler hanya akan mengakibatkan terjadinya duplikat konten, maka sebenarnya anggapan tersebut merupakan anggapan yang keliru karena pada kenyataannya blog Eltelu yang notabene juga mengaktifkan fitur tersebut tidak pernah mengalami diplikat konten sama sekali. Lagipula sangat tidak mungkin Blogger menyediakan fitur tersebut jika fitur ini tidak ada manfaat dan hanya mengakibatkan masalah pada penggunanya.

Ada pula yang beranggapan bahwa pemanfaatan fitur versi seluler Blogger hanya akan mempersulit penataan iklan yang terpasang untuk ditayangkan pada tampilan mobile. Padahal ini juga merupakan sebuah anggapan yang keliru karena sebenarnya ketika ingin menampilkan iklan yang terpasang pada salah satu widget versi desktop untuk ditampilkan pada halaman versi seluler, maka yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkan setelan khusus untuk widget yang dimaksud agar juga ditayangkan pada tampilan versi seluler.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kinerja laman kurang optimal apabila tidak mengaktifkan fitur tampilan versi seluler yang disediakan oleh Blogger. Beberapa diantaranya yaitu beban loading yang cukup berat karena perangkat seluler yang dipakai seakan dipaksa untuk menayangkan seluruh halaman dengan segala widget yang terpasang. Belum lagi jika dalam laman yang ditayangkan memuat cukup banyak obyek dalam bentuk grafis, maka semakin berat pula lah proses penayangannya. Padahal seperti yang kita tahu bahwasanya kemampuan perangkat mobile untuk saat ini rata-rata masih jauh dibawah kemampuan komputer yang banyak digunakan oleh pengguna.

Bukankah dengan menerapkan desain responsif pada template maka laman dapat menyesuaikan secara otomatis dengan dimensi layar perangkat mobile yang digunakan? Desain responsif yang diterapkan pada template memang secara otomatis akan menjadikan tayangan laman menyesuaikan dengan dimensi perangkat mobile yang dipakai. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa konten yang harus dimuat masih sama dengan konten yang termuat ketika laman tersebut dibuka dengan menggunakan komputer. Dan hal ini tentu saja sangat berbeda apabila fitur tampilan seluler diaktifkan, karena dengan adanya prosedur khusus dalam template yang dipakai untuk menayangkan tampilan halaman pada perangkat mobile maka kinerja laman menjadi lebih optimal jika dibandingkan dengan kinerja laman saat menayangkan tampilan versi dekstop pada perangkat seluler.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkan Anda mengaktifkan penggunaan fitur tampilan versi seluler yang disediakan oleh Blogger pada blog yang Anda kelola? Apabila belum, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menerapkannya. Dan tidak ada salahnya pula bagi Anda untuk mencoba menerapkan setelan khusus tampilan versi seluler, sehingga Anda bisa memiliki desain laman blog versi seluler dan desktop sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 6 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Meningkatkan Kinerja Laman Dengan Cara Manfaatkan Fitur Mobile Pada Blog .

Keren nie tutorialnya gan,, tapi syangnya aku mau coba di blog aku, tapi templatenya loading. mau selesaikan dlu mslah loadingnya. Kalau bisa bantuannya gan.

sampai sekarang sayah telah mengaktifkan mobile mode, disamping untuk penggunaan bagi mobile user, fitur mobile mode juga berfungsi bagi user internet yang memiliki konektifitas internet yang lamban agar mereka dapat mengaksesnya dalam mobile mode :)

18/02/14 21.18 O

@Muhammad sawaluddin Wahhh, saya kurang paham dengan yang Sobat maksud dengan masalah "templatenya loading" itu yang bagaimana ya Sob?

18/02/14 21.25 O

@Galih Tresna Permana Iya Sob, sebab menurut saya memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan versi halaman.

Apalagi sekarang ini perkembangan perangkat mobile yang sangat pesat memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses blog dengan menggunakan perangkat seluler yang mereka miliki.

18/02/14 22.03 O

selamat malam Mas, Fitur Mobile dalam Template Blog saya dulu pernah saya Aktifkan Mas, tapi saya lihat kalau Fitur Mobile ini di aktifkan maka sangat banya Duplikat pada webmaster Tools...

18/02/14 23.56 O

@Hayardin Putra Selamat malam Sobat Hayardin Putra.

Kalau menurut sepengetahuan dan pengalaman saya, secara prinsip sebenarnya pemakaian fitur tersebut tidak akan mengakibatkan terjadinya duplikat konten sama sekali Sob. Terutama apabila template yang dipakai adalah template standar yang disediakan oleh Blogger.

Akan tetapi jika template yang dipakai merupakan template dari pihak ketiga (custom template), maka hal tersebut memang bisa saja terjadi. Namun demikian bukan berarti pemakaian fitur mobile tidak cocok bila diterapkan pada custom template, karena pada kenyataannya selama saya menggunakan template ini (yang notabene juga dapat disebut sebagai custom template) tidak pernah mengalami duplikat konten sama sekali.

Sementara itu munculnya duplikat konten pada alat webmaster itu sendiri kan bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor. Sehingga tidak ada salahnya bila ditelusuri penyebabnya dan kemudian dilakukan tidakan yang tepat sesuai dengan permasalahan yang ada. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah dengan cara mengaktifkan setelan robots.txt khusus (preferensi penelusuran - perayap dan pengindeksan) untuk menentukan preferensi khusus agar halaman versi seluler tidak ikut dirayapi oleh mesin telusur dan juga tidak ikut dilakukan pengindeksan pada tiap-tiap halaman versi seluler.

CMIIW.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog