Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 19 Juli 2014

Pengaruh Tukar Link a.k.a. Link Exchange Terhadap Peningkatan Traffic Pengunjung

Apakah Anda menyediakan dan mengelola fasilitas link exchange pada blog yang Anda kelola? Jika ya, maka seberapa banyak kah URL yang terta...

Ilustrasi Link Exchange

Apakah Anda menyediakan dan mengelola fasilitas link exchange pada blog yang Anda kelola? Jika ya, maka seberapa banyak kah URL yang tertaut pada fasilitas itu dan kemudian seberapa besar pula pengaruhnya terhadap peningkatan traffic atau kunjungan yang mengarah pada blog yang Anda kelola?

Link Exchange; Berbicara tentang istilah tersebut, bila Anda adalah seorang blogger maka besar kemungkinan Anda sudah tahu dan tidak asing lagi dengan pengertiannya. Hal ini disebabkan karena biasanya ketika seseorang mulai terjun pada dunia blogging dengan membuat sebuah blog untuk dikelolanya, maka salah satu hal yang biasanya akan dilakukan adalah bertukar link dengan sesama blogger yang lainnya.

Bertukar link sendiri dipercaya dapat memberikan berbagai keuntungan pada blog yang dibangun. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu dipercaya dapat meningkatkan jumlah backlink sebuah blog yang kemudian dapat berimbas pada meningkatnya peringkat blog tersebut. Oleh sebab itulah ada yang berpendapat bahwa tukar link merupakan suatu hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Namun begitu ada pula yang berpendapat bahwa tukar link tidaklah penting untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena adanya anggapan bahwa backlink yang baik bukanlah backlink yang bersifat dua arah dan tercipta dari kegiatan bertukar link, akan tetapi backlink yang baik adalah backlink yang lebih bersifat satu arah. Artinya bersifat satu arah di sini yaitu backlink yang tercipta dari tautan yang dibuat oleh orang lain untuk salah satu URL blog kita tanpa harus diikuti dengan tautan balik yang mengarah pada blog orang tersebut.

Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa tukar link merupakan suatu hal yang sangat tidak penting untuk dilakukan dan kalau bisa sedapat mungkin menghindarinya, dengan alasan karena kegiatan tersebut dianggap berpotensi dapat melanggar pedoman kualitas webmaster.

Terlepas dari penting atau tidaknya link exchange terhadap peningkatan jumlah backlink yang diperoleh oleh sebuah blog, yang menjadi permasalahan dan pertanyaan utama terkait dengan hal ini adalah “Seberapa besarkah pengaruh link exchange terhadap peningkatan traffic sebuah blog?”.

Awalnya saya berasumsi bahwa dengan melakukan tukar link dapat memberikan sumbangan traffic yang signifikan terhadap blog yang saya kelola. Saya berasumsi demikian karena dengan semakin banyaknya URL yang tertaut dengan blog lain maka secara tidak langsung dapat mengarahkan pengunjung dari blog-blog tersebut menuju ke blog saya. Namun ternyata asumsi saya tentang meningkatnya traffic dari kegiatan tukar link sangatlah keliru. Setelah sebelumnya saya melakukan tukar link sana-sini dengan blog yang berbeda, kunjungan yang berasal dari sumber tersebut ternyata dapat dikata tidaklah seberapa walaupun sudah berlangsung cukup lama.

Berdasarkan hal tersebut maka saya dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa sebenarnya kegiatan tukar link tidaklah begitu berpengaruh terhadap meningkatnya traffic, karena pada kenyataannya tidaklah memberikan sumbangan kunjungan yang berarti. Dengan demikian dapat diartikan pula bahwa tidak ada signifikasi antara tukar link dengan peningkatan traffic pengunjung untuk sebuah blog.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki pengalaman dan atau pendapat yang berbeda tentang pengaruh tukar link terhadap peningkatan traffic pengunjung? Jika ya, maka tidak ada salahnya bila  mengeposkan pengalaman dan atau pendapat Anda terkait dengan hal tersebut dalam artikel ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog