Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

4
Tgl. 31 Juli 2014

Seperti Inilah Blog Yang Dianggap Paling Keren Oleh Para Pengguna Internet

“ Menurut pendapat kamu, blog manakah yang paling keren di dunia ini? ” Apabila ditanya seperti itu, maka secara otomatis saya akan memberi...

Keren!?

Menurut pendapat kamu, blog manakah yang paling keren di dunia ini?” Apabila ditanya seperti itu, maka secara otomatis saya akan memberikan jawaban bahwa blog inilah yang paling keren di dunia. Bukannya tanpa alasan, jawaban seperti itu saya berikan karena selaku pemilik dan pengelola blog tersebut maka sudah tentu akan menyatakan bahwa blog ini merupakan blog yang paling keren di dunia.

Akan tetapi jika yang ditanya seperti itu adalah Anda, maka saya yakin Anda akan memberikan jawaban yang berbeda. Apabila Anda juga seorang blogger yang memiliki dan mengelola sebuah blog, maka tentu saja akan menyatakan bahwa blog Anda lah yang paling keren di dunia ini.

Berdasarkan gambaran yang terdapat pada 2 (dua) paragraf di atas dapat disimpulkan bahwa apabila kita berbicara tentang blog yang paling keren, maka hal tersebut merupakan sesuatu yang bersifat sangat relatif tergantung  sesuai dengan blog mana yang dinilai dan siapa yang memberikan penilaian. Dengan demikian dapat diartikan bahwa blog yang menurut saya sangat keren, belum tentu keren menurut Anda. Dan begitu pula sebaliknya blog yang menurut Anda sangat keren pun belum tentu keren menurut saya.

Kalau begitu yang dapat dianggap sebagai blog yang paling keren itu bagaimana? Terlepas dari predikat kita sebagai seorang blogger dan terlepas pula dari masing-masing blog yang kita kelola, berikut ini merupakan beberapa kriteria yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam menentukan blog yang dapat dianggap sebagai sebuah blog yang keren.

Pertama, unik. Dalam hal ini karena sifat unik memiliki cakupan yang cukup luas, maka unik yang dimaksud di sini dapat diartikan bahwa blog yang dimaksud memiliki ciri khas tertentu dan dapat dikatakan sebagai blog yang berbeda dari blog yang lainnya. Atau dalam pengertian yang lebih mudah dipahami dapat dikatakan bahwa blog yang dimaksud lain daripada yang lain.

Kedua, akurat dan bermanfaat. Sebuah blog dapat dianggap keren apabila menyajikan informasi yang akurat. Dalam hal ini akurat yang dimaksud dapat diartikan bahwa informasi yang disajikan merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Dimana informasi yang dapat dipertanggungjawabkan di sini dapat diartikan sebagai informasi yang disajikan dengan berdasar pada fakta dan bukan merupakan informasi yang dibuat untuk kepentingan sepihak semata.

Selain menyajikan informasi yang akurat, sebuah blog juga dapat dianggap keren apabila menyajikan informasi yang bermanfaat. Dimana informasi yang bermanfaat sendiri hanya bisa didapat dari informasi yang akurat. Oleh sebab itu maka keakuratan informasi merupakan satu bagian yang tak terpisahkan dari kemanfaatan informasi yang disajikan, karena informasi yang akurat secara otomatis akan memberikan manfaat lebih bagi pembacanya.

Menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan karena apabila sebuah blog menyajikan informasi yang kurang akurat dan atau bahkan tidak akurat sama sekali, maka bukan tidak mungkin dapat menimbulkan kekecewaan bagi pembacanya. Sehingga karena merasa kecewa dengan informasi yang disajikan, maka bisa saja yang bersangkutan akan berpikir ulang untuk membaca informasi lain yang terdapat pada blog itu dan atau bahkan bisa saja yang bersangkutan akan berpikir ulang untuk menjadi pembaca setia atau pelanggannya.

Ketiga, original. Original di sini maksudnya yaitu menyajikan informasi yang murni ditujukan untuk berbagi ilmu, pengetahuan, serta pengalaman kepada orang lain dengan berdasar pada hasil pemikiran sendiri. Artinya blog yang dimaksud tidak memuat konten hasil copy-paste dalam informasi yang disajikan. Kalaupun misalnya dalam informasi yang disajikan itu memuat konten hasil copy-paste, maka setidaknya konten tersebut ditulis ulang dengan menggunakan struktur bahasa serta kalimat sendiri dan atau sekaligus menyertakan sumber dari konten yang dipakai sebagai referensi atau bahan rujukan.

Keempat, menginspirasi. Berbicara tentang hal ini, ada banyak hal dari sebuah blog yang dapat memberikan inspirasi bagi orang lain. Sebagai contoh misalnya yaitu bisa dari tulisan yang disajikan, bisa dari user interface atau tampilannya, bisa dari gaya bahasa yang dipakai dalam penyajian informasi, dan atau bisa juga dari hal-hal yang lainnya.

Kelima, cepat dan responsif. Seiring meningkatnya perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi saat ini, secara tidak langsung berimbas terhadap meningkatnya kebutuhan informasi yang dapat diperoleh secara cepat, mudah, dan nyaman. Pengguna internet tidak lagi hanya menggunakan komputer personal untuk mencari dan menemukan informasi sesuai dengan yang diinginkan, akan tetapi tidak sedikit lagi diantara mereka yang kemudian beralih pada penggunaan perangkat mobile untuk melakukannya.

Oleh sebab itulah desain responsif dan penayangan laman yang cepat juga dianggap sebagai salah satu tolok ukur dalam menentukan keren tidaknya sebuah blog, karena apabila sebuah blog memiliki desain responsif dan penayangan laman yang cepat maka blog itu pun dapat diakses secara mudah, cepat, dan nyaman dengan memakai perangkat mobile yang berbeda sekalipun. 

Namun demikian perlu diingat bahwa beberapa kriteria di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak kriteria yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam menentukan keren tidaknya sebuah blog. Karena menurut hasil survei kecil-kecilan yang saya lakukan beberapa waktu lalu dalam sebuah group diskusi Facebook, selain menyebutkan beberapa kriteria di atas, responden juga menyatakan bahwa sebuah blog dapat dianggap keren apabila tidak mengandung banyak widget, dicari banyak orang, selalu muncul di Page One SERP, memuat doa bagi pembaca, dan lain sebagainya.

Kalau menurut pendapat Anda bagaimana? Apabila Anda juga memiliki pendapat lain terkait dengan kriteria blog yang dapat dianggap keren, maka besar harapan saya agar Anda berkenan mengeposkannya dalam bentuk komentar untuk artikel ini.

Semoga saja uraian dalam artikel ini dapat berguna serta bermanfaat. Dan karena penerbitan artikel ini bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, maka tidak lupa saya sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi Anda yang merayakannya.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 4 komentar pada artikel ini ▶
Anonim
31/07/14, 09.10 O

Dan blog yang dianggap paling keren adalah Eltelu :)

03/08/14, 23.44 O

@masterbama.blogspot.com Ha ha ha, nggak juga Sob. Sebab selain ini (menurut sepengetahuan saya) masih ada banyak blog yang lebih keren lagi kok.

25/09/14, 00.38 O

pokoknya setiap blog yang lebih keren dari blog saya, itulah yang menurut saya termasuk blogg yg keren.. hehe maklum saya masih pemula bro..

26/09/14, 23.02 O

@Firos Salam Terimakasih atas pendapatnya Sob. (y)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog