Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 30 Oktober 2014

Contoh Cara Melakukan Modifikasi Benda Karya Kerajinan Dari Bahan Alam

Kerajinan merupakan proses pembuatan karya melalui keterampilan tangan, baik secara langsung maupun dengan alat bantu teknologi yang masih t...

Ilustrasi Contoh Hasil Modifikasi Produk Kerajinan Dari Bahan AlamKerajinan merupakan proses pembuatan karya melalui keterampilan tangan, baik secara langsung maupun dengan alat bantu teknologi yang masih terbilang sederhana. Sementara itu kerajinan sendiri dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu kerajinan dari bahan alam dan kerajinan dari bahan buatan.

Produk kerajinan dari bahan alam merupakan segala bentuk kerajinan yang menggunakan bahan alam langsung dari lingkungan atau daerah setempat yang dapat dipakai untuk membuat karya. Bahan alam yang digunakan masih asli, belum mengalami olahan yang menggunakan bahan kimia, dan kebanyakan bahan alam diolah secara alamiah. Dalam hal ini sebagai contoh dari bahan alam yang dapat dibuat sebagai produk kerajinan misalnya adalah tanah liat, serat, kayu, bambu, kulit, logam, batu, rotan, dan lain sebagainya. [selengkapnya lihat artikel tentang mengenal produk kerajinan dari bahan alam dan buatan]

Bermacam jenis benda kerajinan dapat diciptakan dari  penggunaan dan pemanfaatan bahan alam. Sebagai contoh misalnya yaitu pemanfaatan tanah liat untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan berupa gerabah, vas bunga, keramik, dan lain sebagainya. Contoh lain dari pemanfaatan bahan alam dalam pembuatan benda kerajinan misalnya adalah pemanfaatan bambu untuk membuat sangkar burung, pemanfaatan serat alam seperti daun mendhong dan pandan untuk membuat tikar, pemanfaatan rotan untuk membuat kursi rotan dan sebagainya.

Namun demikian dengan adanya kreatifitas untuk menciptakan karya baru dan terbarukan, tidak jarang bila kemudian dilakukan modifikasi terhadap berbagai jenis karya kerajinan tersebut. Disamping itu alasan lain yang biasanya mendasari dilakukannya modifikasi terhadap suatu produk kerajinan adalah karena para pengrajin yang biasa berkarya dengan satu jenis model karya pada saatnya akan menemukan rasa jenuh, apalagi jika peminat dari karya kerajinan yang dihasilkan semakin berkurang.

Apabila pengrajin sudah berada pada titik jenuh dan peminat dari produk kerajinan yang dihasilkan pun semakin berkurang, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengkreasikan karya tersebut dengan modifikasi baik dengan cara menyederhanakan atau menggayakan bentuk, teknik, atau dekorasinya agar terlihat sedikit berbeda.

Modifikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara mengubah, menggayakan, menambah atau menyederhanakan bentuk, memadukan dengan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna atau motif, serta menciptakan hal baru yang sangat berbeda dari asalnya. Sebagai contoh dari modifikasi yang dapat dilakukan terhadap benda karya kerajinan dari bahan alam, misalnya yaitu seperti yang dapat Anda tonton pada beberapa video di bawah ini.

---

---

Dapat Anda lihat pada beberapa video di atas bahwasanya dalam mengkreasikan karya tersebut peserta didik melakukannya dengan cara menggayakan serta mengatur ulang komposisi warna atau motif, sehingga akhirnya tercipta suatu karya kerajinan baru yang terlihat beda dan lebih menarik bila dibandingkan dengan aslinya. Akan tetapi perlu diingat bahwa cara modifikasi benda kerajinan seperti yang tampak pada beberapa video tersebut hanyalah sekadar contoh,  sehingga tidak tertutup kemungkinan apabila dilakukan cara yang berbeda dalam mengerjakannya, yang tentu saja tidak terlepas dari Anda masing-masing. Dalam hal ini bisa saja Anda lakukan dengan cara menyederhanakan bentuk, memadukan dengan aneka bahan, dan sebagainya.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog