Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 21 November 2014

Contoh Bentuk Modifikasi Pada Karya Kerajinan Keramik Atau Gerabah

Keramik merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Artinya segala macam benda pecah belah yang terbentuk dari tanah liat dan telah me...

Contoh Karya Kerajinan Keramik Berupa Gerabah Yang DimodifikasiKeramik merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Artinya segala macam benda pecah belah yang terbentuk dari tanah liat dan telah mengalami proses pembakaran dalam tingkat suhu 600o C sampai dengan 1.300o C sesuai dengan jenis tanah liatnya sehingga menjadi keras, padat, dan kedap air dapat disebut sebagai keramik.

Pembuatan kerajinan keramik dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik. Dalam hal ini teknik yang dimaksud antara lain yaitu: 1) teknik pijit tekan, 2) teknik pilin, 3) teknik lempengan, 4) teknik cetak, dan 5) teknik putar.

Sebagai salah satu produk kerajinan, keramik merupakan jenis kerajinan yang termasuk dalam katagori kerajinan dari bahan alam disamping kerajinan lain yang terbuat dari serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, dan sebagainya. [selengkapnya lihat artikel tentang mengenal produk kerajinan dari bahan alam dan buatan] Namun demikian atas dasar beberapa alasan seperti adanya kekurangan bahan baku, menghindari bentuk yang monoton, serta agar terlihat lebih modern, maka berbagai bentuk modifikasi pun dilakukan pada benda kerajinan jenis ini.

---

Oleh sebab itulah apabila seorang pengrajin mengalami kesulitan ide atau gagasan, maka sebagai salah satu alternatifnya yaitu melakukan modifikasi terhadap benda kerajinan yang telah ada.

Modifikasi adalah mengubah, menggayakan, menambah atau menyederhanakan bentuk, memadukan dengan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna atau motif, serta menciptakan hal baru yang sangat berbeda dari asalnya. [selengkapnya lihat artikel tentang contoh cara melakukan modifikasi benda karya kerajinan dari bahan alam]

Dalam berkarya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti halnya yang dapat Anda lihat pada video tersebut bahwasanya untuk mengkreasikan kerajinan keramik berupa gerabah agar tampak lebih modern dan tidak terkesan monoton bisa saja dilakukan modifikasi dengan cara menggayakan dan atau memadukan aneka bahan, sehingga akhirnya akan tercipta sebuah karya kreatif dengan desain baru yang lebih menarik.

Namun demikian perlu diketahui dan diingat bahwa karya kerajinan di Indonesia merupakan karya yang sangat kreatif. Sehingga selain contoh bentuk modifikasi seperti pada video tersebut, pada prinsipnya masih ada banyak teknik yang dapat dilakukan untuk mengerjakannya, misalnya yaitu dengan cara menyederhanakan bentuk, mengatur ulang komposisi warna, dan lain sebagainya.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog