Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 14 November 2014

Contoh Karya Kerajinan Berupa Bunga Dari Bahan Limbah Kulit Jagung Atau Klobot

Sebagai bahan baku pangan, produk jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan karena jagung memiliki cukup banyak kandungan gizi didalamnya. Se...

Bunga Yang Dibuat Dari Bahan Limbah Kulit Jagung Atau Klobot

Sebagai bahan baku pangan, produk jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan karena jagung memiliki cukup banyak kandungan gizi didalamnya. Sebagai contoh misalnya jagung dapat dipakai sebagai sumber protein, serat, mineral, dan berbagai macam jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman pangan yang saat ini cukup banyak ditanam dan dibudidayakan di wilayah pedesaan, terutama di daerah pertanian yang dodominasi dengan area persawahan. Oleh sebab itu tidaklah terlalu sulit apabila ingin mencari dan menemukan tanaman jenis ini, apalagi di Indonesia yang notabene merupakan salah satu negara produsen jagung terbesar di dunia selain Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Brasil, Meksiko, Argentina, India, dan Ukraina.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku pangan, bagian lain yang dihasilkan oleh tanaman jagung ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat produk kerajinan. Bagian lain dari jagung yang dimaksud di sini misalnya yaitu limbah basah berupa klobot, yang diantaranya dapat diolah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu karya kerajinan berupa bunga hias atau miniatur rumah seperti yang dapat Anda lihat dan tonton pada video di bawah ini.

Dapat Anda lihat pada video di atas bahwa dengan cara memadukan kulit jagung atau klobot dengan berbagai macam limbah organik lain seperti kertas bekas, stick es krim, biji-bijian, serta ampas parutan kelapa yang diolah dan didesain sedemikian rupa sehingga akhirnya terciptalah suatu karya kerajinan yang terbilang unik dan menarik.

Sebagai jenis limbah yang termasuk dalam katagori limbah organik basah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, maka dalam pengolahan kulit jagung atau klobot bisa dilakukan dengan cara pengeringan terlebih dulu dengan menggunakan sinar matahari langsung sehingga kadar air yang terkandung didalamnya habis. Setelah kulit jagung menjadi kering, maka kulit jagung dapat diwarnai dan kemudian dikeringkan kembali. Selanjutnya agar lembaran kulit jagung yang telah diwarnai tersebut bisa lebih halus dan rata, maka kulit jagung diseterika sehingga lebih mudah dibentuk.

Mengolah kulit jagung menjadi bunga hias seperti yang tampak pada video di atas tidaklah sulit. Pengolahannya dapat dilakukan dengan cara yang relatif mudah dan sederhana, yaitu seperti yang dapat Anda lihat pada artikel tentang contoh cara membuat karya kerajinan berupa bunga hias dari bahan limbah organik kulit jagung.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog