Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 01 Desember 2014

Inilah Perbedaan Antara Klarap Alias Celeret Gombel Jantan Dan Betina

Klarap atau Celeret Gombel alias Cekibar ; Jika di daerah sekitar tempat Anda tinggal terdapat banyak pepohonan, maka tidak tertutup kem...

Gambar Klarap Alias Celeret GombelKlarap atau Celeret Gombel alias Cekibar; Jika di daerah sekitar tempat Anda tinggal terdapat banyak pepohonan, maka tidak tertutup kemungkinan Anda dapat dengan mudah menemukan dan melihat hewan ini. Hal tersebut disebabkan karena klarap atau yang juga dikenal sebagai cecak terbang ini biasa didapati di kebun, pekarangan, atau hutan yang memiliki banyak pepohonan, terutama saat awal musim penghujan. Disamping itu untuk menemukan klarap akan lebih mudah lagi bila dilakukan di tempat yang terdapat banyak pohon mangga, karena hewan ini kerap kali teramati berburu serangga di pepagan hingga cabang pohon yang terdapat banyak serangganya.

Klarap sendiri sebenarnya merupakan hewan sejenis reptil yang termasuk dalam kategori kadal. Sehingga walaupun disebut sebagai cecak terbang, klarap sebenarnya tidaklah termasuk kerabat dekat cecak seperti halnya tokek.

Apabila dilihat secara sepintas, bentuk tubuh klarap memang seperti cicak. Akan tetapi bila dilihat secara lebih cermat dan teliti maka sebenarnya klarap sangatlah berbeda dengan cicak karena klarap memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang hingga total bisa mencapai 20 cm. Disamping itu bila cicak memiliki kulit tubuh yang halus, maka tidaklah demikian dengan klarap. Sebagian kulit tubuh klarap (terutama di bagian kepala) berbingkul-bingkul, bersegi-segi, dan berkerinyut sehingga terkesan agak kasar.

Disebut juga sebagai cecak terbang bukan berarti klarap berpindah tempat dengan cara terbang seperti halnya burung yang terbang dengan cara mengepakkan sayap, akan tetapi klarap ‘terbang’ dengan cara meloncat dan kemudian melayang dari satu pohon ke pohon yang lain. Sayap yang digunakan klarap untuk terbang melayang pun bukanlah sayap berbulu seperti burung, akan tetapi sayap klarap merupakan sayap yang terbentuk dari perpanjangan tulang rusuk yang diliputi oleh kulit yang terdapat pada sisi kanan dan kiri tubuhnya.

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin klarap? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, ada baiknya bila Anda tonton terlebih dulu beberapa video yang menayangkan klarap alias cecak terbang di bawah ini, dan kemudian perhatikan secara cermat bagian dagunya.
---
Jika Anda melihat bahwa beberapa klarap yang terdapat pada video tersebut memiliki kantung dagu yang berwarna kuning, maka dapat diartikan bahwa beberapa klarap tersebut merupakan klarap yang berjenis kelamin jantan. Sementara itu untuk klarap dengan jenis kelamin betina tidak memiliki kantung dagu yang berwarna kuning, akan tetapi warna dagunya yaitu biru cerah. Untuk lebih jelasnya silakan Anda tonton pula video di bawah ini.
---
Nah, tidak sulit bukan cara untuk mengetahui perbedaan antara klarap jantan dan betina? Jika Anda tertarik, maka silakan klik di sini untuk melihat dan menonton video yang lainnya
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog