Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 15 Februari 2015

Tawon Kunir - Seekor Serangga Pemangsa Yang Sangat Kejam Dan Brutal

Tahukah Anda, apa makanan dari seekor tawon? Apabila ditanya demikian, maka bisa jadi Anda akan menjawab bahwa makanan dari seekor tawon a...

Foto Tawon Kunir Yang Sedang Memangsa Seekor Ulat Bulu

Tahukah Anda, apa makanan dari seekor tawon? Apabila ditanya demikian, maka bisa jadi Anda akan menjawab bahwa makanan dari seekor tawon adalah nektar. Dan kemudian apabila Anda menjawab seperti itu, maka jawaban Anda pun tidak dapat disalahkan. Hal ini disebabkan karena serupa dengan lebah, sebagian besar tawon merupakan serangga herbivora yang memakan material tumbuhan seperti buah dan nektar.

Namun tahukah Anda bila tawon tidaklah sama dengan lebah? Perlu diketahui bahwa antara tawon dan lebah merupakan dua jenis serangga yang berbeda dan memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda pula. Hanya saja karena kemiripan fisiknya, maka dalam kehidupan sehari-hari tawon kerap kali disamakan dengan lebah.

Perbedaan antara tawon dan lebah antara lain yaitu: 1) tawon memiliki tubuh yang relatif ramping, sedangkan lebah bertubuh gemuk, 2) tawon memiliki mulut dengan rahang untuk menggigit, sedangkan lebah tidak, 3) tawon berambut tipis atau nyaris tidak berambut, sedangkan lebah berambut tebal, 4) larva tawon umumnya memakan daging, sedangkan larva lebah memakan madu, dan 5) semua kaki tawon berukuran sama, sedangkan lebah memiliki kaki belakang yang lebih besar dan lebih pipih. [Wikipedia] 

Perlu diketahui pula bahwa walaupun sebagian besar tawon merupakan serangga herbivora yang memakan material tumbuhan seperti buah dan nektar, namun sebagian yang lainnya termasuk dalam kategori omnivora yang hidupnya juga memakan daging dan serangga lain. Akan tetapi karena tawon tidak memiliki enzim pencerna untuk mencerna mangsanya secara langsung, maka untuk mengatasinya tawon memberikan potongan daging kepada larvanya untuk dikunyah baru kemudian dimuntahkan kembali kepada tawon dewasa.

Awalnya saya tak menyangka tentang hal tersebut, dan Anda pun mungkin tidak begitu saja langsung percaya dengan uraian di atas. Akan tetapi setelah melihatnya secara langsung dan kemudian mencari referensi tentang lebah dan tawon, maka saya pun akhirnya mengerti bahwa antara lebah dan tawon merupakan dua jenis serangga yang benar-benar berbeda karena memiliki ciri-ciri serta makanan yang berbeda pula.

Sebagai salah satu bukti yang dapat menguatkan tentang adanya perbedaan antara lebah dan tawon misalnya yaitu seperti yang bisa Anda lihat dan tonton pada video di bawah ini.

Seperti yang bisa Anda lihat dan saksikan, bahwasanya dalam rekaman video di atas menayangkan seekor tawon kunir atau tawon kunyit yang mencengkeram serta melumpuhkan ulat bulu dan kemudian menguliti serta memangsa ulat yang ditangkapnya. Apa yang dilakukan oleh tawon kunir tersebut sebenarnya tampak sangat kejam, sadis, dan brutal. Akan tetapi karena itu merupakan salah satu ‘hukum alam’, maka tawon kunir pun tidak dapat disalahkan dengan apa yang dilakukannya.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog