Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 14 Februari 2015

Bukan Sebuah Tanaman Langka Yang Pernah Ngetren Dan Populer Di Indonesia

Bagi Anda pecinta bunga dan tanaman hias, bisa jadi sudah tidak asing lagi apabila melihat gambar seperti yang tampak pada foto bukan tanam...

Foto Bukan Tanaman Langka Di Indonesia

Bagi Anda pecinta bunga dan tanaman hias, bisa jadi sudah tidak asing lagi apabila melihat gambar seperti yang tampak pada foto bukan tanaman langka di Indonesia ini. Sehingga setelah melihat gambar tersebut besar kemungkinan Anda akan menyatakan bahwa  itu merupakan foto dari daun anthurium.

Anthurium sendiri merupakan sebuah tanaman yang memiliki daya tarik dan daya pikat, terutama dari bentuk daun dan bunganya yang terkesan sangat istimewa. Sehingga tidak mengherankan bila anthurium memiliki kesan yang mewah dan ekslusif, serta tidak mengherankan pula bila tanaman hias jenis ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Anthurium merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Araceae atau suku talas-talasan yang mencakup berbagai macam tumbuhan dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol yang bersuladang atau memiliki daun pelindung berukuran besar yang menyelubungi seluruh bunga majemuk waktu sebelum mekar. Sementara itu jenisnya pun cukup banyak, karena sebagian diantaranya dapat dimakan umbinya. [Wikipedia]

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah, benarkah gambar itu merupakan foto daun anthurium? Dan kemudian kenapa pula tanaman itu saya sebut sebagai sebuah tanaman yang tidak langka namun pernah ngetren dan populer di Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, maka silakan Anda putar dan tonton terlebih dulu video di bawah ini.

Bagaimana, sudahkah Anda tahu jawabannya? Apabila Anda belum juga mengetahui jawabannya, maka berikut di bawah ini merupakan uraian yang dapat menjelaskan tentang tanaman yang ditayangkan pada video di tersebut.

Perlu diketahui bahwasanya tanaman seperti yang telah Anda lihat dan tonton pada gambar serta video di atas sebenarnya bukanlah anthurium. Akan tetapi tanaman tersebut sebenarnya merupakan talas hitam atau yang dalam bahasa Jawa biasanya disebut dengan nama “Senthe Ireng / Lumbu Ireng”.

Senthe ireng memiliki ciri-ciri umum yang serupa dengan anthurium. Hal ini disebabkan karena antara senthe ireng dan anthurium memang masih termasuk dalam satu famili atau keluarga, yaitu tergolong dalam famili Araceae. Oleh sebab itulah apabila dilihat sepintas maka tidak tampak adanya perbedaan yang cukup menonjol diantara keduanya.

Lalu kenapa tanaman ini saya sebut sebagai sebuah tanaman yang tidak langka namun pernah ngetren dan populer di Indonesia? Talas hitam atau senthe ireng saya sebut sebagai sebuah tanaman yang pernah ngetren dan populer di Indonesia karena beberapa tahun lalu tanaman ini memang cukup banyak dicari serta sangat diminati oleh para pecinta bunga dan tanaman hias. Bahkan karena saking populernya kemudian senthe ireng pun akhirnya memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Namun begitu perlu diketahui bahwa senthe ireng atau talas hitam sebenarnya bukanlah tumbuhan yang tergolong langka. Hal ini disebabkan karena pada kenyataannya talas hitam merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah ditemukan, terutama di daerah pedesaan saat musim penghujan. Di daerah pedesaan tumbuhan ini terkadang malah seperti tanaman yang tak bernilai sama sekali,  karena dapat tumbuh secara bebas di kebun, ladang, dan atau bahkan di pematang sawah sekalipun. Akan tetapi walaupun begitu satu hal yang perlu diingat adalah, bahwasanya Tuhan tidak menciptakan sesuatu jika sesuatu itu tidak ada guna dan manfaatnya bagi manusia.

Berminat untuk menonton video yang lainnya? Jika ya, maka silakan klik di sini untuk membuka dan menonton berbagai video yang saya rekam dan kemudian saya unggah ke YouTube.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog