Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 02 Maret 2016

Aplikasi Video Editor dan Converter untuk Membuat YouTube Movie

Berbagai macam aplikasi video editor dapat digunakan untuk membuat dan menjadikan suatu rekaman agar menjadi lebih menarik saat ditonton. ...

Berbagai macam aplikasi video editor dapat digunakan untuk membuat dan menjadikan suatu rekaman agar menjadi lebih menarik saat ditonton. Mulai dari aplikasi berbayar, gratis alias free, hingga video editor yang berbasis web. Termasuk diantaranya juga mulai dari aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet hingga aplikasi yang biasa digunakan pada komputer dengan spesifikasi tinggi maupun rendah sekalipun.

Ketika seorang YouTuber ingin memperoleh hasil yang maksimal pada rekaman video yang diedit, maka tidak jarang ia menggunakan beberapa aplikasi berbeda dalam melakukan proses editing. Hal ini disebabkan karena fitur yang disediakan oleh masing-masing aplikasi tidak sama, sehingga dengan cara mengombinasikan berbagai macam fitur yang tersedia maka bisa diperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Pilihan kombinasi yang digunakan dalam melakukan proses editing video pun sangat bervariasi. Artinya relatif atau tergantung sesuai dengan yang disukai oleh YouTuber itu sendiri.  Sebagai contoh misalnya bisa saja dengan cara mengombinasikan penggunaan beberapa aplikasi komputer dan mobile atau bahkan juga dikombinakasikan dengan video editor online yang berbasis web.

Contoh lain misalnya berikut ini merupakan beberapa aplikasi komputer yang saya gunakan dalam melakukan proses editng vidio dengan hasil yang saya upload ke YouTube.

1. Any Video Converter Ultimate

Any Video Converter UltimateAny Video Converter Ultimate merupakan sebuah aplikasi multi fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang ada hubungannya dengan video. Dalam hal ini antara lain yaitu bisa digunakan untuk mengonversi video dari format yang satu ke format lain, merekam dan mengunduh video online, serta mengedit video dengan hanya menjalankan beberapa langkah saja.

Ratusan format file video untuk berbagai macam device atau perangkat,  kompatibel dengan aplikasi ini. Bermacam fitur serta efek juga tersedia dan dapat diterapkan pada video yang diedit, misalnya yaitu rotasi, tanda air (watermark), saturation, brightness, contrast, dan masih banyak lagi.

Namun demikian dalam hal penggunaan aplikasi tersebut biasanya saya hanya memakainya untuk menggabungkan beberapa klip video dan kemudian mengonversinya kedalam format baru, yaitu MP4 untuk selanjutnya video tersebut saya edit lagi dengan menggunakan aplikasi VSDC Free Video Editor.

2. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor
Seperti halnya aplikasi Any Video Converter, VSDC Free Video Editor juga merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fitur sangat lengkap. Selain dapat digunakan untuk melakukan editing video, aplikasi ini juga menyediakan fitur video converter yang bisa dipakai untuk mengonversi video kedalam format tertentu, fitur video capture yang bisa dipakai untuk melakukan perekaman dari kamera komputer, fitur screen capture yang bisa dipakai untuk merekam aktivitas pada tampilan layar monitor, fitur disc burner yang bisa dipakai untuk melakukan burning data pada CD/DVD, serta fitur video downloader yang bisa dipakai untuk mengunduh video streaming  dari berbagai URL web.

Diantara sekian banyak fitur atau fasilitas yang tersedia pada aplikasi ini, fitur video effects lah yang paling sering saya gunakan. Dalam hal ini misalnya yaitu efek adjustments, filters, transforms, transparency, special FX, dan transitions.

3. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Siapa coba yang belum tahu editor video ini? Movie Maker merupakan sebuah aplikasi yang terbilang cukup sederhana namun memiliki fitur yang luar biasa.  Bagaimana tidak, selain menyediakan antarmuka yang sangat mudah digunakan, Movie Maker juga menyediakan berbagai macam tema automovie, animasi, serta efek visual yang dapat diterapkan pada video yang diedit sehingga hasilnya menjadi tampak lebih memuaskan.

Movie Maker dapat pula digunakan untuk menambahkan musik, rekaman video webcam, narasi, judul, keterangan, maupun daftar nama pada video yang diedit dan bisa juga digunakan untuk mengimpor video dari perangkat tertentu sekaligus mempublikasikan video tersebut ke berbagai situs web terkenal seperti OneDrive, Facebook, YouTube, Vimeo, serta Flickr.

Tidak hanya itu, Movie Maker juga bisa digunakan untuk merangkai bermacam foto sehingga dapat menjadi sebuah slideshow yang tampak menarik.

4. Ashampoo Movie Shrink & Burn

Ashampoo Movie Shrink & Burn
Jika Anda gemar mengunggah video ke YouTube namun terkendala oleh kuota paket data internet yang pas-pasan misalnya, maka aplikasi ini rasanya sangat cocok untuk digunakan. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan karena Ashampoo Movie Shrink & Burn dapat digunakan untuk mengompresi ukuran file video sehingga menjadi lebih kecil dari yang sebelumnya. Dengan demikian maka waktu yang diperlukan ketika mengunggah video menjadi lebih cepat dan kuota paket data internet yang digunakan pun menjadi lebih hemat.

Jika dalam uraian artikel terdahulu yang mengulas tentang cara mempercepat upload video ke YouTube  dengan teknik mengompresi terlebih dulu file video yang akan diunggah, maka aplikasi inilah yang sebenarnya saya gunakan. Namun demikian karena aplikasi ini memiliki kinerja yang lebih lambat dan agak berat bila dibandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya, maka dalam pemakaiannya tentu saja harus lebih telaten, terutama saat dipakai untuk meng-compress video yang akan di-upload ke YouTube.
Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog