Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 21 Maret 2016

Structured Data - Cara Praktis Promosi Gratis di Google Search Engine

Entah sudah berapa banyak artikel yang mengulas tentang hal ini. Mulai dari ulasan A sampai dengan Z dan bahkan mulai dari artikel yang di...

Entah sudah berapa banyak artikel yang mengulas tentang hal ini. Mulai dari ulasan A sampai dengan Z dan bahkan mulai dari artikel yang dibuat oleh seorang master senior sampai dengan master pemula sekalipun. Namun demikian dari sekian banyak ulasan tentang SEO, sepertinya tidak cukup banyak yang membahas tentang masalah data terstruktur sebuah situs. Penyebabnya pun kurang jelas akan tetapi ketika para blogger berlomba-lomba agar artikelnya bisa tampil di halaman 1 (page one) hasil penelusuran Google, ternyata tidak sedikit dari mereka yang lupa dan tidak begitu memperhatikan data terstruktur yang terdapat pada blognya.

Sedikit cerita, pernah saya mendapati seorang blogger yang dianggap sebagai master oleh para pengikutnya menyatakan bahwa data terstruktur sebuah blog merupakan suatu hal yang tidak penting sama sekali. Sehingga jika ada banyak peringatan error pada data terstruktur, maka itu dianggap sebagai hal yang wajar dan tidak perlu dipermasalahkan.

Namun demikian jika Anda menginginkan agar artikel bisa muncul di page one hasil penelusuran misalnya, maka pernahkah Anda memperhatikan dan mencermati bagaimana cara artikel tersebut tampil di SERP?
Deretan Sitelink Gambar dalam Hasil Penelusuran Web Google
Salah satu cara agar artikel bisa tampil di halaman satu hasil penelusuran/search engine result page (SERP) sebenarnya sangatlah praktis dan sederhana. Dalam hal ini cara yang dimaksud adalah dengan melakukan promosi terhadap artikel tersebut.

Bagaimana promosinya? Apakah promosi ini harus dilakukan dengan cara membayar sejumlah uang kepada pihak tertentu?

Promosi yang dimaksud di sini adalah dengan memanfaatkan dan menerapkan data terstruktur yang tepat pada blog, sehingga Anda dapat melakukannya secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk dibayarkan kepada pihak-pihak tertentu karena semuanya dapat dikerjakan secara mandiri.

Perhatikan contoh hasil penelusuran yang tampak pada gambar di atas! Dapat Anda lihat bahwa selain menampilkan hasil penelusuran web, pada contoh tersebut juga ditampilkan hasil berupa gambar-gambar dalam artikel tertentu  yang cocok dengan kata kunci atau keyword yang dipakai oleh pengguna dan biasanya ini akan ditampilkan di bagian atas halaman satu hasil penelusuran atau SERP. Nah, inilah salah satu contoh manfaat penting dari pemakaian data terstruktur yang tepat pada sebuah situs/blog. Contoh lain dari manfaat penggunaan data terstruktur yang tepat misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.
Kumpulan Gambar yang Tampil di Sebelah Kanan Hasil Penelusuran Google
Apabila kita melakukan penelusuran, maka tidak jarang pula Google menampilkan hasil yang relevan di bagian sebelah kanan SERP seperti yang tampak pada gambar tersebut. Biasanya tampilan hasil penelusuran yang seperti ini bersumber dari situs-situs terkenal yang kontennya memang sangat relevan, misalnya saja yaitu Wikipedia.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, “apakah tampilan hasil penelusuran seperti ini hanya berlaku pada situs-situs yang sudah terkenal saja?” Jawabannya adalah, “Tidak”, karena situs/blog yang belum terkenal sekalipun bisa mendapatkan hasil penelusuran seperti itu bila konten artikelnya memang relevan dan didukung pula dengan penggunaan markup data terstruktur yang tepat.

Pertanyaan berikutnya adalah, “bagaimana cara menerapkan data terstruktur yang tepat pada sebuah situs/blog?” Terkait dengan hal tersebut, selengkapnya dapat Anda lihat dan pelajari secara lebih terperinci dengan cara membuka uraian tentang data terstruktur yang telah disediakan oleh Google berikut ini:  Structured Data.

Oh ya, bila pada situs/blog yang Anda kelola terdapat adanya kesalahan pada item data terstruktur, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel yang menguraikan tentang contoh cara memperbaiki item dengan kesalahan yang terjadi pada ekstrak data terstruktur ini.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog