Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

3
Tgl. 10 Februari 2017

Sticky Ads atau Iklan Memikat serta Aturan Pemasangan dan Penerapannya

Sticky Ads atau Iklan Memikat adalah iklan yang pemasangannya dilakukan dengan tujuan untuk menayangkan iklan pada posisi yang tetap, meleka...

Sticky Ads atau Iklan Memikat adalah iklan yang pemasangannya dilakukan dengan tujuan untuk menayangkan iklan pada posisi yang tetap, melekat, atau melayang pada bagian tertentu. Artinya iklan yang ditayangkan tetap berada di sisi kiri, kanan, atau bagian tertentu saat laman situs digulir ke atas maupun ke bawah. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Terkait dengan AdSense, pemasangan iklan dengan model sticky, melekat, atau melayang  seperti ini awalnya menjadi polemik bagi para publisher atau penayangnya. Bahkan bisa jadi sampai sekarang pun juga masih tetap menjadi polemik. Hal ini disebabkan karena banyak ditemukan situs yang memasang iklan AdSense dengan menggunakan teknik seperti itu, sementara pihak Google AdSense sendiri membatasi penayang dalam mengimplementasikannya sehingga para penayang pun beranggapan bahwa pemasangan iklan AdSense dengan model sticky adalah dilarang dan melanggar kebijakan.

Merujuk dari kebijakan penempatan iklan AdSense disebutkan bahwa, “Untuk memastikan pengalaman pengguna yang aman dan positif, kami membatasi penggunaan implementasi iklan pada desktop yang menyebabkan iklan muncul di posisi yang “melekat” atau “melayang” di laman selagi pengguna menggulir atau menavigasi di laman. Meski kami mengizinkan iklan tetap Google di web seluler, perhatikan bahwa implementasi seluler yang dibuat penayang tidak diizinkan karena kami tidak bisa memastikan bahwa hal tersebut memiliki perlindungan mutu yang sama seperti yang kami kembangkan di dalam produk kami.”

Disebutkan pula pada FAQ kebijakan AdSense bahwa, “Iklan yang tetap berada di sisi kiri atau kanan saat menggulir laman disebut sebagai ‘iklan memikat’ dan pemasangannya terbatas bagi penayang yang telah disetujui. ”

Ilustrasi Sticky Ads atau Iklan Memikat

Kalau begitu apakah benar anggapan bahwa memasang iklan AdSense dengan posisi yang melayang atau melekat itu dilarang dan melanggar kebijakan AdSense? Jawabnya adalah tidak.

Masih belum yakin? Jika ya, maka coba perhatikan secara cermat kalimat yang tercetak dengan huruf tebal pada 2 (dua) buah kebijakan di atas.

Pada kebijakan pertama disebutkan bahwa, “…kami membatasi penggunaan implementasi iklan pada desktop yang menyebabkan iklan muncul di posisi yang melekat atau melayang…” yang dapat diartikan bahwa pihak AdSense sebenarnya tidaklah melarang namun hanya membatasinya. Sekali lagi ingat bahwa AdSense tidak melarang namun hanya membatasi.

Sementara itu pada kebijakan yang kedua disebutkan bahwa, “…pemasangannya terbatas bagi penayang yang telah disetujui.” yang dapat diartikan bahwa jika penayang telah mendapat persetujuan dari AdSense, maka penayang itu pun diperbolehkan untuk mengimplementasikan iklan AdSense di posisi yang melekat atau melayang pada laman desktop.

Nah, berdasarkan uraian di atas maka dapat diartikan pula bahwa pemasangan iklan AdSense dengan model sticky yang kemudian menyebabkan iklan muncul pada posisi yang melayang atau melekat pada desktop sebenarnya diperbolehkan, namun dalam penerapannya hanya diperuntukkan bagi penayang AdSense yang telah disetujui.

Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 3 komentar pada artikel ini ▶

Kalau pasang iklan kayak blog ini yang waktu di scrool ngikutin kayak di blog ini apakah boleh?

btw, caranya bikin ngikutin scrool kayak gitu gimana ya?

23/08/17 19.28 O

@Hanung Bayu Adji Hallo Bang Hanung Bayu Aji;

Sepertinya Abang perlu membaca ulang ulasan yang telah saya uraikan di atas secara lebih cermat dan teliti lagi. Sebab pada paragraf terakhir telah saya sebutkan bahwa, "pemasangan iklan AdSense dengan model sticky yang kemudian menyebabkan iklan muncul pada posisi yang melayang atau melekat pada desktop sebenarnya diperbolehkan, namun dalam penerapannya hanya diperuntukkan bagi penayang AdSense yang telah disetujui".

Bagaimana cara pembuatannya? Caranya adalah dengan membuat sebuah sticky widget pada bagian tertentu, misalnya yaitu pada bagian sidebar seperti yang dapat Sobat lihat di blog ini.

Sekian dan semoga dapat menjadi jawaban yang tepat bagi pertanyaan Sobat di atas.

27/12/17 13.54 O

Cara mengetahui jika kita disetujui oleh Google Adsense untuk memasang iklan melayang / sticky bagaimana ya mas??

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog