Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 23 Maret 2017

Kenapa Air Telaga Warna Tampak Berwarna Warni seperti Pelangi? Ini Penyebabnya!

Apakah Anda pernah berwisata ke Telaga Warna seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini? Jika pernah, maka ...

Apakah Anda pernah berwisata ke Telaga Warna seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini? Jika pernah, maka bagaimana kesan Anda tentang tempat destinasi wisata yang satu ini?

Pertama kali berkunjung ke tempat destinasi wisata yang satu ini, bisa jadi Anda akan langsung takjub dan terkesima dibuatnya. Bagaimana tidak, selain berada di daerah dataran tinggi yang sejuk dan asri, pemandangan alam yang tersaji di tempat ini juga tebilang sangat indah dan menyejukkan hati. Selain itu destinasi wisata ini juga menyimpan fenomena alam luar biasa yang hanya dapat dijumpai di beberapa tempat saja.

Telaga Warna Dieng; Merupakan sebuah obyek / destinasi wista yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keunikan berupa warna airnya yang sering berubah-ubah. Oleh sebab itulah telaga ini kemudian disebut sebagai Telaga Warna.

Nah, terkait dengan hal itu, satu hal yang mungkin menjadi pertanyaan Anda adalah, “Kenapa air telaga tersebut bisa berwarna warni?”.

Perlu diketahui bahwa air telaga ini kadang-kadang memang tampak berwarna hijau dan kuning atau bahkan berwarna warni. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena air telaga warna mengandung sulfur atau belerang yang cukup tinggi, sehingga apabila terkena sinar matahari maka airnya pun akan tampak berwarna warni.

Sulfur atau belerang itu sendiri dalam bahasa Jawa disebut sebagai Welirang. Dalam bentuk aslinya belerang merupakan zat padat kristalin berwarna kuning yang umumnya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pupuk, insektisida, fungisida, dan juga korek api. Oleh sebab itulah ketika unsur belerang tercampur dengan air telaga dan kemudian terkena cahaya matahari, maka air telaga pun warnanya akan tampak seperti warna asli belerang (sulfur).

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Kenapa Air Telaga Warna Tampak Berwarna Warni seperti Pelangi? Ini Penyebabnya! .
Anonim
16/04/17 08.08 O

wuaah cantik ee, karena blerang dan cahaya matahari rupanya berubah,, kira2 ada ikannya nggak ya gan? haa,, ngebahas perairan kami masuk dah

18/04/17 08.52 O

@dunia-perairan.com T: Apakah telaga warna ada ikannya?
J: Secara pasti saya kurang tahu. Namun begitu dengan adanya kandungan belerang (sulfur) dengan kadar yang cukup tinggi dalam air telaga tersebut, saya berasumsi bahwa tidak ada satupun jenis ikan yang bisa hidup dan berkembangbiak didalamnya.

----------
*) Koreksi jawaban saya bila ternyata salah.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog