Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 28 September 2017

Contoh Cara Membuat Benda Kerajinan Vas Bunga dari Bahan Limbah Anorganik

Vas Bunga dari Bahan Limbah Anorganik Botol dan Sedotan Plastik Bekas

Botol plastik bekas kini seakan telah menjadi suatu benda yang dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah semakin marak dan populernya minuman instan dalam kemasan botol plastik, yang kemudian mengakibatkan terjadinya peningkatan kuantitas limbah anorganik.

Limbah anorganik berupa botol bekas dari bahan plastik misalnya, merupakan jenis limbah yang tidak dapat membusuk. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya limbah jenis ini tidak mengandung unsur karbon sepeti yang terdapat pada jenis limbah organik. Oleh sebab itu akan menjadi sangat berbahaya bagi kelestarian lungkungan bila limbah-limbah semacam ini dibuang dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengelolaan lebih lanjut. Bahkan bukan tidak mungkin secara tidak langsung juga akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena limbah anorganik berupa botol plastik seperti itu bisa saja menampung air hujan yang kemudian digunakan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. Sementara itu nyamuk sendiri merupakan salah satu jenis hewan yang dapat menyebabkan timbulnya beragam penyakit pada manusia.

Daur ulang sampah dari bahan plastik merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi terjadinya hal tersebut di atas. Bahkan dengan melakukan daur ulang kita bisa saja menciptakan suatu benda atau produk bernilai tinggi dari bahan yang sebelumnya (mungkin) telah dianggap tidak ada nilainya sama sekali.

Beragam benda produk kerajinan bernilai tinggi dapat dibuat dan diciptakan dari bahan limbah plastik. Sebagai contoh misalnya yaitu tempat sampah, tas, tempat pensil, wadah tisu, atau bahkan vas bunga seperti yang tampak pada gambar di atas.

Proses pembuatan benda produk kerajinan dari bahan limbah anorganik tersebut umunya sangat sederhana. Sebagai contoh misalnya ketika Anda ingin membuat vas bunga dari bahan limbah anorganik berupa botol dan sedotan plastik bekas seperti yang tampak pada gambar di atas, maka bisa saja dilakukan dengan cara seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Perhatikan bahwa sebelum Anda melakukan proses pembuatan benda kerajinan seperti di atas, lakukan perencanaan secara matang. Bahkan setelah Anda selesai mengerjakan pun jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Hal ini dimaksudkan agar benda kerajinan yang dihasilkan nantinya bernar-benar menjadi suatu karya yang baik dan berkualitas.

Katagori: , ,