Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 08 Mei 2020

Contoh dan Jenis-jenis Reproduksi atau Pembiakan secara Vegetatif pada Tumbuhan dan Tanaman

Hai, tahukah Anda yang dimaksud dengan reproduksi atau perkembangbiakan vegetatif? Ya, reproduksi vegetatif adalah cara makhluk hidup dalam ...

Hai, tahukah Anda yang dimaksud dengan reproduksi atau perkembangbiakan vegetatif? Ya, reproduksi vegetatif adalah cara makhluk hidup dalam berkembangbiak dengan tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Dimana, reproduksi vegetatif pada tumbuhan dan tanaman bisa saja terjadi secara alami maupun buatan.

Reproduksi vegetatif alami merupakan sebuah cara berkembangbiak yang terjadi tanpa adanya campur tangan pihak lain. Dalam hal ini misalnya yaitu campur tangan dari manusia. Sedangkan reproduksi vegetatif buatan merupakan sekumpulan cara atau teknik untuk menghasilkan individu baru tanpa melalui perkawinan.

Terdapat banyak tumbuhan atau tanaman yang melakukan perkembangbiakan secara vegetatif alami. Sebagai contoh misalnya yaitu perkembangbiakan vegetatif yang terjadi pada umbi batang seperti bengkuang dan kentang, pada umbi lapis seperti bakung dan bawang, pada umbi akar seperti wortel dan lobak, pada bonggol seperti suweg dan talas, melalui rimpang atau akar tinggal seperti lengkuas, jahe, dan kunyit, melalui tunas seperti pisang, bambu, tebu, dan nanas, melalui tunas adventif seperti cocor bebek seperti ini, dan masih banyak lagi.

Sementara itu pada reproduksi vegetatif buatan, beragam teknik acap kali khas untuk jenis tumbuhan yang berbeda. Dimana beberapa teknik yang sering dilakukan dalam perbanyakan secara vegetatif buatan pada tumbuhan seperti ini antara lain adalah pemisahan anakan atau tillering, penyetekan, perundukan, pencangkokan, penyambungan, dan okulasi.

Dan berikut di bawah ini adalah sebuah rekaman video yang menayangkan contoh cara reproduksi atau pembiakan secara vegetatif alami yang terjadi pada tanaman cocor bebek.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog