Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 15 Mei 2020

Jenis-jenis dan Manfaat Penting Lumut (Bryophyta) yang Merupakan Sub Divisi Bryophytina

Hai, Anda tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan Lumut bukan? Ya, lumut atau Bryophyta merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk da...

Hai, Anda tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan Lumut bukan? Ya, lumut atau Bryophyta merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam sub divisi Bryophytina.


Lumut adalah tumbuhan pelopor yang dapat tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Hal ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil, akan tetapi membentuk koloni dan dapat menjangkau area yang luas.

Istilah "lumut" dapat merujuk pada beberapa divisio. Klasifikasi lama menggabungkan lumut hati dan lumut tanduk ke dalam Bryophyta, sehingga di dalam Bryophyta terangkum lumut tanduk, lumut hati, dan lumut sejati. Akan tetapi perkembangan dalam taksonomi tumbuhan menunjukkan bahwa penggabungan ini parafiletik, sehingga diputuskan untuk memisahkan lumut hati dan lumut tanduk ke luar dari Bryophyta.


Lumut memiliki peran dan manfaat yang sangat penting dalam ekosistem serta lingkungan hidup. Hal ini disebabkan karena lumut merupakan tumbuhan perintis yang mampu hidup di lingkungan yang kurang disukai tumbuhan pada umumnya.

Lumut juga merupakan tumbuhan penyedia oksigen, penyerap polutan, dan dapat pula membantu menahan erosi, mengurangi bahaya banjir, serta mampu menyerap air pada musim kemarau.

Beberapa tumbuhan lumut bisa dimanfaatkan sebagai ornamen tata ruang, dan bahkan beberapa spesies diantaranya dapat digunakan sebagai obat kulit dan mata.

Oke, demikian yang dapat saya uraikan tentang jenis-jenis dan manfaat tumbuhan lumut sebagai tumbuhan pelopor. Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda. Saya Ayahe Mela. Salam.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog