Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Facebook Twitter YouTube

Terbaru

10
Tgl: 07 Januari 2012

Mengembalikan Tampilan Facebook Kronologi (Timeline) Bagaimana cara mengembalikan Facebook Kronologi ( Timeline ) ke tampilan profil lama atau tampil... http://4.bp.blogspot.com/-yH6CB3UWHxE/T3MkBBB4ylI/AAAAAAAAAT4/BWSNcYP2PE8/s72-c/Ilustrasi+Facebook.jpg

Ilustrasi Facebook
Bagaimana cara mengembalikan Facebook Kronologi (Timeline) ke tampilan profil lama atau tampilan Facebook Classic? Pertanyaan inilah yang akhir-akhir ini mencuat dan sering ditanyakan oleh pengguna Facebook, baik di jejaring sosial maupun di forum diskusi online. Sebagian dari mereka merasa tidak nyaman dengan tampilan halaman profil baru yang disediakan oleh Facebook, sehingga ingin mengembalikan tampilan halaman profil ke tampilan lama. Bisa jadi hal tersebut lebih disebabkan karena mereka belum dapat beradaptasi dengan penggunaan Facebook Kronologi (Timeline).

Dengan mengaktifkan fitur dan menggunakan Facebook Kronologi (Timeline), maka halaman profil pengguna Facebook ditampilkan layaknya tampilan sebuah blog. Dimana fitur tersebut akan menampilkan kiriman pada halaman profil pengguna Facebook sesuai dengan garis waktu, seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Ilustrasi Tampilan Sampul Facebook Kronologi (Timeline)
Screenshot: facebook.com/semarbingung

Lantas bagaimana cara untuk mengembalikan tampilan Facebook Kronologi (Timeline) ke tampilan profil yang lama atau tampilan Facebook Classic? Ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa tampilan Facebook Kronologi (Timeline) dapat dikembalikan ke tampilan profil lama atau tampilan Facebook Classic dengan memanfaatkan ‘Add-On’ tertentu atau dengan mengubah ‘User Agent’ pada browser yang digunakan oleh pengguna. Namun ternyata dengan menggunakan cara tersebut tampilan Facebook Kronologi tidak sepenuhnya kembali ke tampilan profil lama atau Facebook Classic, karena perubahan tampilan hanya terjadi pada browser yang digunakan oleh pemilik akun saja, sedangkan pada browser yang digunakan oleh orang lain (dalam hal ini adalah teman si pemilik akun yang tentunya menggunakan komputer dan browser berbeda), halaman profil pemilik akun tersebut tetap ditampilkan dalam tampilan Facebook Kronologi (Timeline).

Sehingga berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan mengaktifkan fitur Facebook Kronologi (Timeline), maka tampilan halaman profil pengguna Facebook tidak dapat dikembalikan lagi ke tampilan profil yang lama atau tampilan Facebook Classic. Hal tersebut diperkuat oleh penjelasan yang dimuat pada Pusat Bantuan Facebook (http://www.facebook.com/help/?faq=168122463270371#Apa-yang-terjadi-ketika-saya-menggunakan-garis-waktu?) yang menyatakan bahwa, “Setelah menggunakan garis waktu, Anda memiliki waktu 7 hari untuk melihat tampilan garis waktu Anda sebelum orang lain dapat melihatnya. Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk menambahkan sampul, mengisi peristiwa penting, dan memberi tanda bintang pada berita penting. Setelah 7 hari, garis waktu Anda akan otomatis diterbitkan. Atau, Anda juga dapat memilih untuk menerbitkan garis waktu Anda kapan saja dengan mengklik tombol Terbitkan Sekarang di bagian atas garis waktu. Dengan catatan: Sampai garis waktu Anda aktif, orang masih melihat profil yang lama. Demikian pula, Anda tidak akan dapat melihat garis waktu teman sampai mereka meningkatkan dan menerbitkannya.”

Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan fitur Facebook Kronologi (Timeline), ada baiknya bila terlebih dulu mempelajari kelebihan dan kekurangan serta segala fasilitas yang disediakan oleh fitur tersebut. Dan bila sudah terlanjur menggunakan fitur tersebut, maka yang dapat dilakukan adalah menunggu sampai ada fasilitas yang diberikan oleh Facebook untuk mengembalikan tampilan Facebook Kronologi (Timeline) ke tampilan profil lama atau Facebook Classic.


UPDATE pada Jumat, 27 Januari 2012: 
Dikutip dari Blog Facebook:
Tahun lalu kami memperkenalkan waktu, jenis baru dari profil yang memungkinkan Anda menyorot foto-foto, posting dan peristiwa kehidupan yang membantu Anda menceritakan kisah Anda. Selama beberapa minggu berikutnya, setiap orang akan mendapatkan timeline. Ketika Anda mendapatkan waktu, Anda akan memiliki 7 hari untuk melihat apa yang ada sekarang. Ini memberi Anda kesempatan untuk menambahkan atau menyembunyikan apa pun yang Anda inginkan sebelum orang lain melihatnya. 
Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur baru ini dengan mengambil tur cepat yang tersedia di bagian atas timeline Anda. Jika Anda ingin mendapatkan waktu sekarang, pergi ke  halaman Memperkenalkan Timeline dan klik "Get Timeline." Atau Anda dapat menunggu sampai Anda melihat pengumuman di bagian atas halaman rumah Anda. (https://blog.facebook.com/blog.php?post=10150408488962131)

Berdasarkan kutipan di atas maka dapat disimpulkan bahwa tampilan timeline atau garis waktu tidak dapat dikembalikan ke tampilan lama, karena tampilan tersebut merupakan sebuah upgrade yang diberikan oleh Facebook.


Diterbitkan Oleh: Pada Pukul 10.55
Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Harap menyertakan http://eltelu.blogspot.com/2012/01/mengembalikan-tampilan-facebook.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.
Terdapat 10 komentar untuk artikel ELTELU - SEMAR BINGUNG'S WEBLOG yang berjudul Mengembalikan Tampilan Facebook Kronologi (Timeline) .
08/01/12 14.15 O

jadi pada intinya kalau sudah menggunakan timeline tidak bisa balik lagi ke semula ya gan?

08/01/12 18.36 O

mana solusi nya bro,.??? kirain bahas bagaimana mengembalikan ke tampilan profil lama...! -_-"

09/01/12 04.07 O

@momodBegitulah, karena fitur tersebut dapat dikatakan sebagai update yang diberikan oleh Facebook.

09/01/12 04.26 O

@zona remajaSepertinya memang tidak ada solusi untuk mengatasi hal ini. Kalaupun ada solusi, itu hanya bersifat sementara karena pada akhirnya Facebook akan menerapkan update tersebut untuk seluruh pengguna Facebook.

Seperti yang dijelaskan pada artikel berikut ini, memang tidak ada cara untuk menghapus Timeline dan kembali ke profil lama.

>>> http://howto.cnet.com/8301-11310_39-57333231-285/how-to-disable-facebook-timeline-and-get-the-old-profile-back/

09/01/12 15.18 O

waduh kena perangkap dong

09/01/12 19.32 O

w dpt kabar ,, kmngkinan dr pihak fb akan mmbuat button ( tombol )di fb kita utk mngubah tmpilan lama atau tampilan baru ,,, moga aja bner,,,

09/01/12 23.05 O

@Suratman AdiMenurut saya ini bukanlah jebakan, karena sebelumnya Facebook telah mengumumkan dalam blog resminya tentang update tersebut untuk pengguna Facebook. Berikut ini adalah Blog Facebook yang menjelaskan tentang fitur timeline >>> https://blog.facebook.com/blog.php?post=10150408488962131

artikel yang bagus... terima kasih ... :)

31/01/12 19.45 O

@Valentinus Fernando SembiringSama-sama, terimakasih pula karena Agan telah berkenan berkunjung dan menuliskan komentar di blog ini.

12/03/12 09.31 O

haduh padahal aku pengin banget untuk ganti ke posisi klasik untuk fanspage blog aku @modifmotors.com tapi sayang sekali sudah tidak bisa ya?