Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

1
Tgl. 24 November 2011

Simulasi Traffic Light

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya ( state of affairs ). Aksi melakukan simulas...

Ilustrasi Aplikasi Simulasi Pengontrolan Lampu Lalu-Lintas
Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. (http://id.wikipedia.org/wiki/Simulasi) Simulasi adalah tiruan dari beberapa hal yang nyata yang tersedia, keadaan, atau proses. Tindakan simulasi umumnya mensyaratkan sesuatu yang mewakili karakteristik kunci tertentu atau perilaku dari suatu sistem fisik atau abstrak yang dipilih. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)

Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimasi kinerja, rekayasa keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game. Simulator pelatihan meliputi simulator penerbangan untuk pilot pesawat pelatihan dalam rangka untuk menyediakan mereka dengan pengalaman manusia hidup. Simulasi ini juga digunakan untuk pemodelan ilmiah sistem alam atau sistem manusia dalam rangka untuk mendapatkan wawasan ke dalam fungsi mereka. Simulasi dapat digunakan untuk menunjukkan efek nyata akhirnya kondisi alternatif dan program tindakan. Simulasi juga digunakan ketika sistem nyata tidak dapat bergerak, karena tidak dapat diakses, atau mungkin berbahaya atau tidak dapat diterima untuk terlibat, atau sedang dirancang tetapi belum dibangun, atau hanya mungkin tidak ada. Masalah-masalah utama dalam simulasi meliputi perolehan informasi sumber yang valid tentang pemilihan karakteristik kunci yang relevan dan perilaku, penggunaan perkiraan dan asumsi menyederhanakan dalam simulasi, dan kesetiaan dan validitas hasil simulasi. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)
Dalam ilmu komputer, simulasi memiliki beberapa arti khusus: Alan Turing menggunakan "simulation" istilah untuk mengacu pada apa yang terjadi ketika mesin universal mengeksekusi sebuah tabel keadaan transisi (dalam terminologi modern, komputer menjalankan program) yang menggambarkan transisi negara, input dan output dari mesin diskrit-negara subjek. Komputer mensimulasikan mesin subjek. Karena itu, dalam ilmu komputer teoritis istilah simulasi adalah hubungan antara sistem transisi negara, yang berguna dalam studi semantik operasional. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)

Sebuah simulasi komputer (atau "sim") merupakan upaya untuk model situasi kehidupan nyata atau hipotetis pada komputer sehingga dapat dipelajari untuk melihat bagaimana sistem bekerja. Dengan mengubah variabel dalam simulasi, prediksi dapat dibuat tentang perilaku sistem. Ini adalah alat untuk hampir menyelidiki perilaku dari sistem yang diteliti. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)

Simulasi komputer telah menjadi bagian penting dari pemodelan sistem alam banyak fisika, kimia dan biologi, dan sistem manusia di bidang ekonomi dan ilmu sosial serta dalam rekayasa untuk mendapatkan wawasan tentang pengoperasian sistem tersebut. Sebuah contoh yang baik tentang kegunaan menggunakan komputer untuk mensimulasikan dapat ditemukan di bidang lalu lintas jaringan simulasi. Dalam simulasi tersebut, model yang perilaku akan berubah setiap simulasi sesuai dengan set parameter awal diasumsikan bagi lingkungan. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)

Secara tradisional, pemodelan formal sistem telah melalui model matematika, yang mencoba untuk menemukan solusi analitis memungkinkan prediksi perilaku sistem dari satu set parameter dan kondisi awal. Simulasi komputer sering digunakan sebagai tambahan untuk, atau substitusi untuk, pemodelan sistem yang sederhana solusi analitik bentuk tertutup yang tidak mungkin. Ada berbagai jenis simulasi komputer, fitur umum mereka semua berbagi adalah usaha untuk menghasilkan sampel yang representatif skenario untuk sebuah model di mana pencacahan lengkap dari semua keadaan yang mungkin akan menjadi penghalang atau tidak mungkin. (http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation)

Dan berikut ini adalah contoh aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2008, dimana aplikasi ini digunakan untuk mensimulasikan pengontrolan traffic light, yang mana tampilan aplikasi tersebut adalah seperti pada gambar di bawah ini.
Simulasi Pengontrolan Traffic Light

Untuk mengunduh aplikasi tersebut silakan buka: tautan ini.

Sedangkan untuk mengunduh kode sumber dari aplikasi tersebut silakan buka: tautan ini.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 1 komentar pada artikel ini ▶
01/01/12 15.03 O

nice share info gan, terima kasih atas share ilmunya... sukses selalu buat agan

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog