Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 04 Maret 2012

Apa Yang Terjadi Pada Salah Satu Gadget Blog Ini?

Sudah beberapa hari terhitung sejak tanggal 1 Maret 2012, salah satu gadget pada blog ini tidak ditampilkan seperti biasanya. Dimana gad...

Ilustrasi Gadget Untuk Blog

Sudah beberapa hari terhitung sejak tanggal 1 Maret 2012, salah satu gadget pada blog ini tidak ditampilkan seperti biasanya. Dimana gadget yang saya maksud di sini adalah gadget Google Friend Connect yang memungkinkan webmaster untuk menambahkan fitur sosial ke dalam sebuah situs atau blog yang dikelola. Gadget yang sebelumnya selalu tampil dengan memunculkan daftar sobat blogger yang telah mem-follow blog ini, tiba-tiba menjadi ‘blank’ dan tidak menampilkan apapun.

Semula saya sempat bingung karena setelah mencoba membuka blog ini dengan menggunakan beberapa browser yang berbeda dan dengan mengunakan komputer yang berbeda pula, gadget tersebut tetap saja tidak ditampilkan seperti biasanya. Apalagi setelah mencoba membuka blog lain ternyata tidak ada masalah dengan gadget Google Friend Connect pada blog dimaksud. Sehingga saya pun heran dan bertanya-tanya dalam hati, “Apa sebenarnya yang terjadi dengan gadget pada blog saya? Kenapa tiba-tiba gadget Google Friend Connect pada blog saya hilang begitu saja?”.

Namun setelah melakukan penelusuran menggunakan mesin pencari tentang hal yang berkaitan dengan gadget Google Friend Connect, akhirnya saya menemukan jawaban atas masalah tersebut. Ternyata hal tersebut disebabkan karena Google telah menutup sejumlah produk atau layanannya, yang salah satunya adalah penutupan layanan Google Friend Connect. Seperti dijelaskan pada blog resmi Google, “Ini adalah ketiga kami blog posting di luar musim seri pembersihan kami musim semi. Untuk rekap, kami dalam proses menutup sejumlah produk yang belum memiliki dampak yang telah kami harapkan, mengintegrasikan orang lain sebagai fitur ke dalam upaya yang lebih luas produk kami, dan berakhir beberapa yang telah menunjukkan kita jalan yang berbeda ke depan. Secara keseluruhan, tujuan kami adalah untuk membangun, sederhana pengalaman yang lebih intuitif, benar-benar indah pengguna Google.” (http://googleblog.blogspot.com/2011/11/more-spring-cleaning-out-of-season.html)

Dengan demikian jelaslah sudah bahwa penyebab tidak berfungsinya gadget tersebut disebabkan karena Google telah menutup dan menghentikan layanan untuk produk Google Friend Connect. Namun demikian hal ini hanya berlaku untuk situs non-Blogger, seperti yang juga dijelaskan pada blog resmi Google, “ Kami pensiun layanan untuk semua non-situs Blogger pada tanggal 1 Maret 2012. Kami mendorong situs terpengaruh untuk membuat Google + halaman dan tempat Google lencana + di situs mereka sehingga mereka dapat membawa komunitas mereka pengikut ke Google + dan menggunakan fitur baru seperti Lingkaran dan Hangouts untuk tetap berhubungan.” (http://googleblog.blogspot.com/2011/11/more-spring-cleaning-out-of-season.html)

Sehingga berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penghentian layanan untuk produk tersebut hanya berlaku pada situs non-Blogger, sedangkan untuk situs atau blog yang menggunakan layanan Blogger masih dapat terus menggunakannya. Hal ini terbukti setelah saya mencoba menambahkan kembali gadget Google Friend Connect secara langsung dari ‘Dasbor Blogger’, ternyata gadget tersebut dapat berfungsi dengan normal. Lantas kenapa pada gadget sebelumnya tidak dapat berfungsi? Pada gadget sebelumnya, saya memang menambahkannya secara manual dengan memasukkan script di bawah ini pada template blog.
<!-- Include the Google Friend Connect javascript library. -->
<script type="text/javascript" src="http://www.google.com/friendconnect/script/friendconnect.js"></script>
<!-- Define the div tag where the gadget will be inserted. -->
<div id="div-5875795123996370458" style="width:240px;border:1px solid #cccccc;"></div>
<!-- Render the gadget into a div. -->
<script type="text/javascript">
var skin = {};
skin['BORDER_COLOR'] = '#cccccc';
skin['ENDCAP_BG_COLOR'] = '#e0ecff';
skin['ENDCAP_TEXT_COLOR'] = '#333333';
skin['ENDCAP_LINK_COLOR'] = '#0000cc';
skin['ALTERNATE_BG_COLOR'] = '#ffffff';
skin['CONTENT_BG_COLOR'] = '#ffffff';
skin['CONTENT_LINK_COLOR'] = '#0000cc';
skin['CONTENT_TEXT_COLOR'] = '#333333';
skin['CONTENT_SECONDARY_LINK_COLOR'] = '#7777cc';
skin['CONTENT_SECONDARY_TEXT_COLOR'] = '#666666';
skin['CONTENT_HEADLINE_COLOR'] = '#333333';
skin['NUMBER_ROWS'] = '3';
google.friendconnect.container.setParentUrl('/' /* location of rpc_relay.html and canvas.html */);
google.friendconnect.container.renderMembersGadget(
 { id: 'div-5875795123996370458',
   site: '09697095924869862007' },
  skin);
</script>

Dan hal ini juga terbukti setelah saya mencoba membuka kembali situs yang dulu digunakan untuk mendapatkan script tersebut, dalam hal ini adalah http://www.google.com/friendconnect/ akhirnya selalu dialihkan ke alamat http://support.google.com/friendconnect/bin/answer.py?hl=en&answer=2440229 yang juga menjelaskan bahwa layanan Google Friend Connect untuk semua situs non-Blogger dihentikan terhitung mulai tanggal 1 Maret 2012, seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Screenshot Penghentian Layanan Google Friend Connect

Sehingga saya mohon maaf pada sobat blogger yang dulu sudah mem-follow blog ini, bila daftar sobat blogger tidak lagi tampil pada halaman blog ini. Namun demikian, bila sobat blogger berkenan, maka sobat blogger dapat mem-follow kembali blog ini dengan menggunakan gadget Google Friend Connect baru yang sudah terpasang pada blog ini, dan dapat pula mengikuti melalui halaman Google+ maupun halaman penggemar atau facebook fans page blog ini.


Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog